Pengaruh Emosi Positif dan Customer Experience terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee
Abstract
Abstract
Technology has had a significant impact in transforming people's lifestyles and the buying and selling process, especially with the emergence of online shopping platforms. This phenomenon increases an individual's purchasing frequency, which can trigger emotional responses and immersive shopping experiences, which in turn can encourage impulse buying behavior. This study was conducted to explore the influence of positive emotions and customer experiences on impulse buying behavior on the Shopee platform, with a focus on students of the Economic Education Study Program at IKIP PGRI Bojonegoro. This research uses a quantitative approach with a questionnaire using a Likert scale as a measurement instrument. The results of this research confirm that there is a significant influence-between positive emotions and customer experience on-impulse buying-behavior on Shopee. Specifically, positive emotions and customer experience together contribute 12% to impulse buying behavior, with-a strong statistical significance of 0.001 < 0.05. Positive emotions are proven to have a significant effect on impulse buying behavior 0.008 > 0.05, while customer experience also has a significant impact 0.047 < 0.05.
Abstrak
Teknologi telah membawa dampak signifikan dalam transformasi gaya hidup masyarakat serta proses jual beli, khususnya dengan kemunculan platform belanja online. Fenomena ini meningkatkan frekuensi pembelian individu, yang dapat memicu respons emosional dan pengalaman berbelanja yang mendalam, yang pada gilirannya dapat mendorong perilaku pembelian impulsif. Studi ini dilaksanakan untuk mengeksplorasi pengaruh emosi positif dan pengalaman pelanggan terhadap-perilaku-pembelian-impulsif di platform Shopee, dengan fokus pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di IKIP PGRI Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner menggunakan skala likert sebagai instrumen pengukuran. Hasil penelitian ini mengonfirmasi bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara emosi positif dan customer experience terhadap perilaku pembelian impulsif di Shopee. Secara khusus, emosi positif dan customer experience secara bersama sama berkontribusi sebesar 12% terhadap perilaku pembelian impulsif, dengan signifikansi statistik yang-kuat 0,001 < 0,05. Emosi-positif terbukti berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif 0,008 > 0,05, sementara customer experience juga berdampak signifikan 0,047 < 0,05.
Full Text:
PDFReferences
Amanda, S. Y., Alimbeel, F., & Surur, M. (2024). Pengaruh Social Media, Shopping Lifestyle, Dan Customer Experience Terhadap Perilaku Impulse Buying Gen Z Melalui E-Commerce. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 171–180. Https://Doi.Org/10.61722/Jrme.V1i2.1262
Amri, M. (2021). Pengaruh Emosi Positif Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee Di Karesidenan Madiun. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 1–25.
Fausta, M. F., Anderson, P., & Risqiani, R. (2023). Pengaruh Customer Experience, Customer Satisfaction, Terhadap Repurchase Intention Pada Restoran Cepat Saji. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20, 1. Https://Journal.Uniku.Ac.Id/Index.Php/Equilibrium
Hardiana, C. D., & Khalisyah, H. (2021). Pengaruh Emosi Konsumsi Hedonik Dan Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Miniso Di Bekasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis , 1(1).
Mangundap, B. E., & Wijayanti, C. A. (2023). Pengaruh Emosi Positif Sebagai Variabel Lain Pada Pembelian Impulsif Di Toko Offline Produk Fashion Merek Nike. Jurnal Of Digital And Technology Disruption, 6.
Muharsih, L., Simatupang, M., & Mutma’inah, A. (2023). Konformitas Dan Emosi Positif Sebagai Prediktor Dari Kecenderungan Pembelian Impulsif Konsumen Belanja Online. Jurnal Psychopedia, 8(2).
Mujahidin, A. (2020). Pengaruh Fintech E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Millennial. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(2), 143.
Mustika, M. A. C., Suwarni, E., & Anggarini, D. R. (2023). Pengaruh Customer Experience Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mixue Ice Cream And Tea Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Strategy Of Management & Accounting Through Research & Technology , 1 (2), 35–46.
Mustika, W., Kurniawati, M., & Sari, M. P. (2023). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Kategori Produk Fashion Online Pada Marketplace. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis , 21(1). Https://Jurnal.Ubd.Ac.Id/Index.Php/Ds
Putri, Y. A. (2023). Emosi Positif Dan Motivasi Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Aplikasi Online Janji Jiwa. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan , 7(1).
Putro, W. R. A., Suhartadi, K., Nugraha, W., Wulandari, G. A., Endhiarto, T., & Wicaksono, G. (2023). Mampukah Positive Emotion Memediasi Shopping Life Style Dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Generasi Z? . . Jurnal Pros Sem Nas , 1(1), 68–78. Https://Iprice.Co.Id/
Rahmawati, A., Sugandini, D., & Istanto, Y. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Attitude Loyalty Dan Behavioral Loyalty Yang Dimediasi Oleh Emotional Experience Pada Pengguna Mobile Application Shopee (Studi Kasus Di Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi , 8 (3), 879–900.
Safitri, V. N., & Widyastuti, E. (2023). Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Customer Experience, Word Of Mouth Dan Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Loyalitas Nasabah. Journal Islamic Banking And Finance, 3(1). Http://Ojs.Iainbatusangkar.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Albank
Saleh, F. T. I. A., Syam, A., Jufri, M., Rakib, M., Asmayanti, Nurhikmah, A. R., & Sudarmi. (2023). Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Pembelian Impulsf Pada Mahasiswa. Seiko : Journal Of Management & Business, 6(1). Https://Doi.Org/10.37531/Sejaman.V6i1.4165
Sapetu, T. C., Ogi, I. W. J., & Samadi, R. L. (2023). Pengaruh Brand Positioning Dan Product Display Terhadap Pembelian Impulsif Pada Holand Bakery Teling Manado. Jurnal Emba, 11(4), 776–786. Http://Www.Google.Com
Setiawati, A., & Zulfikar, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Kasus Pada Konsumen Merdeka Arcade Factory Outlet). Jurnal Of Economics, Management, Business, And Acounting, 1, 139–146.
Wiyata, M., T., Putri, E. P., & Gunawan, C. (2020). Pengaruh Customer Experience, Ease Of Use, Dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intntion Konsumen Situs Jual Beli Online Shopee Di Kalangan Mahasiswa Kota Sukabumi. Repocitory Imwi , 3 (1). Https://Www.Researchgate.Net/Publication/343878121
Wulandari, N. T., & Prihatini, A. E. (2022). Pengaruh Emosi Positif Dan Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsf Pada Konsumen Shopee. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis , 11 (1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.