Implementasi Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi-7 Di SMAN 1 Kedungadem
Abstract
Abstract
Canva is one of the applications that support and change learning media to be interesting. based on the findings of researchers at SMAN 1 Kedungadem in class XI-7 economic subjects, students show a lack of interest, lack of willingness and lack of response to the material presented by the economics teacher. economics teachers have utilized media such as PPT in the learning process. but students are still less interested and pay attention to what the teacher says. because PPT media usually only contains written text in it which makes students feel less interested in paying attention. According to this background, the research "Implementation of Canva Application-Based Animated Video Learning Media in Fostering Student Learning Interest in Economics Class XI-7 at SMAN 1 Kedungadem" will be carried out by researchers. The purpose of this research is to find out how "Implementation of Canva Application-Based Animated Video Learning Media in Fostering Student Learning Interest in Economics Class XI-7 at SMAN 1 Kedungadem". Field research techniques with a qualitative approach and descriptive methodology were used in this study. The research findings show that the use of animated video content created with Canva can help students become more involved in learning class XI-7 at SMAN 1 Kedungadem.
Abstrak
Canva adalah salah satu aplikasi yang mendukung serta mengubah media pembelajaran menjadi menarik. berdasarkan temuan peneliti di SMAN 1 Kedungadem pada kelas XI-7 mata pelajaran ekonomi, siswa menunjukkan sikap kurangnya minat, kurangnya kemauan dan minimnya respon terhadap materi yang disampaikan guru mata pelajaran ekonomi. guru mata pelajaran ekonomi sudah memanfaatkan media seperti PPT pada proses pembelajaran. namun siswa masih kurang berminat dan memperhatikan apa yang guru sampaikan. karena media PPT biasanya hanya berisikan tulisan tulisanm di dalamnya yang membuat siswa merasa kurang tertarik memperhatikan. Menurut latar belakang tersebut maka penelitian “Implementasi Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI-7 Di SMAN 1 Kedungadem” akan dilaksanakan oleh peneliti.. Tujuan di lakukanya penelitian ini adalah mengetahui bagaimana “Implementasi Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI-7 di SMAN 1 Kedungadem”. Teknik penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan metodologi deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konten video animasi yang dibuat dengan Canva dapat membantu siswa menjadi lebih terlibat dalam pembelajaran kelas XI-7 di SMAN 1 Kedungadem
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Tugiah, T., dan Jamilus, J (2022), Pendidikan sebagai pengembangan sumber daya manusia untuk mempersiapkan generasi milenial menghadapi era digital. Jurnal Teknologi Sosial, 2(6), 498–505.
Rohani, R. (2020). Media pembelajaran.
Indra, I., Hasan, M., Anwari, A.M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T.K., Tahrim, T., & Indra, I. (2021). Sumber Daya Pendidikan.
Wulandari, A. P., Ulfiah, Z. (2023), Salsabila, A. A., Cahyani, K., dan Nurazizah, T. S. Peran media pendidikan dalam proses belajar mengajar. 3928–3936 dalam Jurnal Pendidikan, 5(2).
BP Abd Rahman, SAMFYKY (2022). Memahami Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Komponen Pendidikan. Kajian Pendidikan Islam, Al Urwatul Wutsqa, 2(1).
Makkawaru, M. (2019) Nilai pendidikan karakter dan pendidikan kehidupan dalam bidang pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116-
Rustini, T., Lailla, S., dan Nurazijah, M. (2023). Pengajaran yang Dibedakan dalam Ilmu Sosial sebagai Sarana Internalisasi Gagasan Kemandirian. 1798–1805 dalam Jurnal Pendidikan, 6(1).
Sundari, S., dan Yudha, J.R.P.A. (2021). keunggulan sumber belajar YouTube untuk pencapaian kompetensi siswa. 3(2), 538–545 dalam Jurnal Telenursing (JOTING).
KW Dyah (2022). Mobile Learning Berbasis Sac (Smart Apps Creator): Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA (Disertasi Doktor, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
A. Mudinillah dan E.P. Handayani (2021). Pembelajaran bahasa Arab di MAN Gunung Padang Panjang dengan penggunaan aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ilmiah, Tarbiyatuna, 6(2), 101-116.
Mega, M.D.C., Wakhyudin, H., dan Reffiane, F. (2023). Analisis Penggunaan Media Interaktif Canvas Pada Kelas Bahasa Indonesia Di SDN Sentangmulyo 02 Semarang Pada Siswa Kelas IV. Didaktik: Jurnal Ilmiah Subang, 9(04), 2030–2042; STKIP PGSD.
Rumbayan, L., Wuisang, J., dan Alting, DA (2023). Penelitian ini menguji pengaruh penggunaan sumber belajar Canvas terhadap motivasi siswa kelas VIII belajar IPS di SMP ISLAM 1 Kota Terrene. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 98-106, tentang literasi.
Roma, N.L., dan Thahir, I. (2023), Seberapa baik aplikasi Canva berfungsi sebagai alat pembelajaran sains untuk memotivasi siswa belajar. 1(2), 181-186 dalam COMPASS: Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Kurnia, I. R., dan Sunaryati, T. (2023), Menggunakan Canva untuk membuat video edukasi, minat belajar siswa tergugah. Jurnal Pendidikan, FKIP UNMA, 9(3), 1357–1363.
Hapsari, G.P.P. dan Zulherman, Z. (2021), membuat konten video animasi menggunakan aplikasi Canva untuk meningkatkan prestasi belajar dan motivasi siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.
T.U.F. Hayati (2022). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva dalam Pembelajaran Angka di Sekolah Dasar. Tata Cara: Universitas PGRI Banyuwangi, Munas MIPA, 2(1), 8–15.
Sutiah, S., dan Asnawati, Y. (2023). pembuatan konten video animasi dengan software Canva untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 64–72.
B.Sutiono (2022). Penggunaan Power Point dan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat siswa pada kelas IPS di MTsN 2 Kota Kediri Kelas VII (Disertasi Doktor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Saputra, R., Salsabila, U.H. (2020), Ilmi, M.U., Aisyah, S., dan Nurfadila, N. Kontribusi teknologi pendidikan dalam meningkatkan standar pendidikan di era disruptif. 104–112. Jurnal Pendidikan, 3(01).
D. E. Triningsih (2021). Penerapan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Respon Kritis Melalui Project Based Learning. Akademik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128-144...
Lestari, P.A., Isnawan, O.A.R., Winati, I., Farhani, F., Nurhikmah, E., Pauziah, H., & Nugroho, O.F. (2022). Guru SDN 9 Nagrikaler Purwakarta Menerima Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik dan Pendidikan di Indonesia (IJOCSEE), 2(1), 47–54.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.