Strategi Peningkatan Daya Saing dengan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treath) pada Novita Bakery di Desa Nguken Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro

Windarti Windarti, Ayis Crusma Fradani, Fruri Stevani

Abstract


Abstract

 This study was carried out in light of the number of companies that are comparable to Novita Bakery and the intense rivalry they face. The purpose of this study is to determine the tactics used by Novita Bakery to gain a competitive edge. The research methodology is qualitative and descriptive. Primary and secondary data sources are the sources of information that were used. Three methods are used to acquire data: documentation, observation, and interviews. Techniques for data analysis include data reduction, data visualization, and conclusion drawing. The total weight score in the IFE matrix results is 2.81, while the total weight score in the EFE matrix results is 3.36. .. Novita Bakery is in cell II according to the results of the IFE (internal factors) and EFE (external factors) matrix computations, and an intensive strategy is one that can be used to grow the company.

 

Abstrak

Penelitiani inii dilakukani berdasarkani banyaknyai usaha yangi serupai dengani Novita Bakery sehinggai menyebabkani persaingani yangi cukup iketat. Penelitiani inii memilikii tujuani untuki mengidentifikasii strategii apai yangi diterapkani olehi Novitai Bakeryi agar memiliki keunggulan bersaing. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik penggumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.. Hasil matrik IFE menunjukan total skor  bobot dengan nilai 2,81 dan hasil matrik EFE menunjukan total skor bobot dengan nilai 3,36. Hasil perhitungan matrik IFE (Faktor internal) dan EFE (factor eksternal) menunjukan bahwa Novita Bakery pada sel II dan strategi yang bisa diterapkan adalah Strategi intensif dalam mengembangkan usahanya.

 

 


Keywords


Strategi, Daya saing, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Dani Fajrul Arisyi (2022) Penerapan Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan Budaya Pada Sangar Seni Tuah Sakota Kota Padang, 8. (1). 53-64.

Ika Munawaroh (2021) Analisis Strategi Bisnis Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif Di UMKM Nukida Jati Bojonegoro, 7.(2). 117-126.

Moh Alif Fahmi (2024) Strategi Pengembangan Daya Saing Industri Menggunakan Analisis SWOT Pada Industri Rotan Di Kabupaten Cirebon, 2. (8). 183-191.

Pangaribuan A. F. (2022) Penerapan Analisis SWOT Dalam Mengembangkan Usaha Industri Keripik, 1.(1). 11-22.

Septian Eko Haryansyah. (2024) Strategi Bersaing pada Café Arion Dengan Menggunakan Analisis SWOT , 1. (1)

Siska Almaniar et. al (2023) Analisa Proses Bisnis Usaha Kue Pelangi Bakery Menggunakan Value Chain Dan SWOT Analisis, 3.(2). 165-174.

Wahyuningsih P.L.N. (2020) Strategi Pengembangan Industri Kecil Menengah Produk Herbal Kabupaten Bandung, 4.(1). 279-289


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.