Pengaruh Literasi Keuangan Dan Shopee Paylater Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro

Ely Rosalia, Ayis Crusma Fradani, Fruri Stevani

Abstract


Abstract

This study is prompted by the presence of impulsive buying behavior among economics education study program students. The purpose of this study is to see how financial literacy and Shopee Paylater affect impulse buying of fashion goods among economic education study program students. The research methodology is descriptive quantitative. This study employs a probability sample strategy with a purposive sampling approach. The population was 237 students, using a sample size of 149 respondents. Questionnaires and paperwork were utilized to collect the data. After that, descriptive analysis, classical assumption testing, and hypothesis testing are employed to analyze the data. According to the data, financial literacy and shopee paylater have both a partial and simultaneous effect on impulsive buying.

 

Abstrak

Penelitian ini didorong oleh adanya perilaku impulse buying di kalangan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana literasi keuangan dan Shopee Paylater mempengaruhi pembelian barang fashion secara impulsif di kalangan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Metodologi penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan strategi probability sample dengan pendekatan purposive sampling. Populasi adalah 237 mahasiswa, menggunakan ukuran sampel 149 mahasiswa. Kuesioner dan dokumen digunakan untuk mengumpulkan data. Kemudian, Analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis digunakan sebagai Teknik analisis data. Dari data yang diperoleh memberikan hasil bahwa adanya pengaruh secara parsial dan simultan pada literasi keuangan dan shopee paylater terhadap impulse buying.

 


Keywords


Literasi Keuangan, Shopee Paylater, Perilaku Impulsif.

Full Text:

PDF

References


Anisa, N.A., et al. 2020. Financial Literacy on Impulsive Buying Behavior in Y Generation. Journal Quantitative Economics and Management, 1(1), 70-75.

Astini, K.P.A., & Gede, W.P. 2022. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 13(2), 991-1002.

Aulia, T. N., et al. 2023. Pengaruh Penggunaan E-Wallet dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Riset & Jurnal Akuntansi, 7(3), 2010-2020.

Julita, E., et al. 2022. Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2953-2957.

Kurniawan, A., Fradani, A. C., & Indriani, A. 2023. Pengaruh Fitur Pay Later dalam Aplikasi Shopee terhadap Perilaku Impulse Buying. Jurnal Seminar Nasional FPMIPA 2023, 489-494.

Maghfiroh, E.L., & Jojok, D. 2023. Pengaruh Literasi Keuangan, Life Style, Financial Attitud dan Self-Control Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Ilmiah Adminiastrasi Bisnis dan Inovasi, 7(1), 99-114.

Pratnyawati, G. D. T & Mardiana. 2023. Pengaruh Shopee Paylater dan Literasi Keuangan Terhadap Pembelian Impulsive Pada Mahasiswa UIN Malang Jurusan Manajemen. Jurnal Ekonomi Unisla, 24(1), 72-83.

Putri, S.E., et al. 2023. Pengaruh Literasi Keuangan dan technology acceptance model Terhadap Minat Menggunakan Paylater Pada Mahasiswa. Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen, 19(1), 64-72.

Ramadany, C., & Sherly, A. 2022. Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Generasi Milenial dan Generasi Z di Indonesia. Journal Of Management, 6(1), 606-614.

Saleh F. T. I. A., et al. 2023. Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa. Journal of Management & Bisnis, 6(1), 347-357

Sari, F.D.E., Stevani, F., & Irhadtanto, B. 2023. Pengaruh Penggunaan Shopeepay sebagai Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Seminar Nasional Daring, 2271-2283.

Sari, I.P., et al. 2023. Pengaruh Fitur Pembayaran Shopee Paylater Dalam Media E-Commerce Shopee Terhadap Kepercayaan Belanja Online Pada Mahasiswa FSIP Universitas Bengkulu. Jurnal Kaganga, 7(1), 105-114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.