Persepsi Siswa Dalam Pengembangan Media Sosial Youtube Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran PPKn

Susiana Khusein, Neneng Rika Jazilatul Kholidah, Heru Ismaya

Abstract


Abstract

The lack of interest shown by class X pupils at SMK Negeri 1 Kanor in citizenship education courses served as the driving force for this study. The purpose of this study is to identify the factors that contribute to students' low interest in learning, particularly in PPKn courses, as well as the tactics used by teachers to spark students' interest in these subjects. A qualitative descriptive research approach is employed in this study. Teachers and pupils at SMKN 1 Kanor's class X APHP 1 and 2 are the research subjects. The methods of gathering data that are employed include observation, documentation, questionnaires, and interviews. The data analysis techniques used in this study include data reduction, data presentation, and conclusion drafting. The results of the study show that PPKn learning makes advantage of social media sites like "YouTube".

 

Abstrak

Kurangnya minat siswa kelas X SMK Negeri 1 Kanor terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menjadi hal yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PPKn, serta metode pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk membangkitkan minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Baik guru maupun siswa kelas X APHP 1 dan 2 pada SMKN 1 Kanor dijadikan sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn memanfaatkan platform media sosial seperti “YouTube”..

 

 

 

 

 


Keywords


youtube, minat belajar,PPKn

Full Text:

PDF

References


Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133

Djaali. (2023). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar (Ed. Revisi). Rineka Cipta.

Haryadi, M. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/588

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Marlina, L., & Sumaryoto, S. (2023). Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Sikap Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 5(3), 292. https://doi.org/10.30998/herodotus.v5i3.12617

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Presiden Republik Indonesia. (2021). PP No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (Issue 102501). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.