Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka Tema Kebhinekaan Global Kelas XI DI SMAN 1 Dander

Meydina Ely Krisnawati Pranoko, Ernia Duwi Saputri, Fifi Zuhriah

Abstract


Abstract: Education has a very important role in the development of a nation, so there is a need for further improvement in both the quality and quantity of education. Education is one of the state's duties, or at least it is carried out in the interests of the state. The curriculum also allows students to understand the existing education system so that they can decide what type of education they want to participate in at the next level. The aim of the curriculum is also to equalize education within the country. Guiding and educating students to become individuals who are intelligent, knowledgeable, creative, innovative, responsible, and able to enter social life. Projects are designed to help students conduct research, solve problems, and make decisions.

 

Abstrak :  Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa, sehingga perlu adanya peningkatan lebih lanjut baik kualitas maupun kuantitas pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu tugas negara, dan paling tidak diselenggarakan untuk kepentingan negara. Kurikulum ini juga memungkinkan peserta didik untuk memahami sistem pendidikan yang ada sehingga mereka dapat memutuskan jenis pendidikan apa yang ingin mereka ikuti di jenjang selanjutnya. Kurikulum juga bertujuan untuk pemerataan pendidikan di tanah air. Kami membimbing dan mendidik peserta didik menjadi orang yang cerdas, berpengetahuan, kreatif, inovatif, bertanggung jawab, dan mampu memasuki kehidupan bermasyarakat. Projek  dirancang untuk membantu siswa melakukan penelitian, memecahkan masalah, dan membuat keputusan.


Keywords


pendidikan , kurikulum , projek

Full Text:

PDF

References


Kholidah, N. R. J., Prastiwi, C. H. W. Zuhriah, F., Yulianti, S. I., & Ibrohim, M. (2023). Penguatan Berkebhinekaan Global dalam Profil Pancasila Melalui Bahasa Inggris (Persepsi Mahasiswa) Jurnal Pendidikan Edutama, 10 (2), 245-254. Doi : http;//dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2. 3028.

Swawika, Kenya, 2024. Kupas Tuntas Kurikulum Merdeka, Begini Konsep & Implementasinya.

Dahlan, Ahmad, 2021. Pengertian Pendidikan Menurut Pendapat Ahli diserta Daftar Pustaka dan Judul Bukunya

Mas min, 2023. 26 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli, Serta Komponen dan Fungsi Kurikulum Terlengkap.

Meidy Achmad Harish, 2023. Mengenal Tema Bhinneka Tunggal Ika P5 dan Contoh Proyek, Kenali Keberagaman.

Silabus.web.id, 2024. Pengertian Peserta Didik Menurut Beberapa Ahli

Gamal Thabroni, 2022. Peserta Didik: Pengertian, Kebutuhan, Karakteristik, Hak & Kewajiban, dsb.

Saputri, E., & Ismaya, H. Upaya Guru Ppkn dalam Mencegah Bullying Sebagai Prilaku Menyimpang pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Parengan Seroja : Jurnal Pendidikan, 2 (3), 195-200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.