Dampak Game Online Mobile Legends Terhadap Karakter dan Prestasi Belajar PPKN Siswa Kelas VIII DI SMPN 1 Padangan

Kurnia Mutiara Kusuma, Ernia Duwi Saputri, Fifi Zuhriah

Abstract


Abstract

 Every year technological developments always develop rapidly and have no limits, with technology that is always developing it will influence and make changes in the lives of all people in this world. The differences between the times are increasingly visible with the existence of online games. In the past, the only games played by children were traditional games in their respective villages, but nowadays children have almost forgotten these traditional games and prefer to play online games with their friends. Online games can cause children to prefer playing rather than studying. The existence of this addiction will make children lazy about studying and then affect the child's learning achievement and character. The purpose of this research is that researchers can determine the impact of the online game Mobile Legends on the character and learning achievement of PPKn class VIII students at SMPN 1 Padangan. This research uses descriptive qualitative methods. The results of research on the impact of the Mobile Legends online game on class VIII students at SMPN 1 Padangan, namely that the Mobile Legends online game has no impact on students' character at school but has an impact on students' PPKn learning achievement.

 

Abstrak

Perkembangan teknologi setiap tahun selalu berkembang dengan pesat dan tidak memiliki batasan, dengan teknologi yang selalu berkembang akan mempengaruhi dan membuat perubahan-perubahan dalam kehidupan seluruh manusia yang ada di dunia ini. Perbedaan zaman semakin terlihat jelas dengan adanya game online. Zaman dulu permainan yang dimainkan oleh anak-anak hanyalah permainan tradisional yang ada di desa mereka masing-masing, namun saat ini anak-anak sudah hampir melupakan permainan tradisional tersebut dan lebih memilih bermain game online dengan teman-temannya. Game online dapat menyebabkan anak maenjadi lebih senang bermain dari pada belajar, Adanya kecanduan tersebut akan membuat anak menjadi malas belajar kemudian berpengaruh pada prestasi belajar dan karakter pada anak. Tujuan adanya penelitian ini adalah peneliti dapat mengetahui dampak game online mobile legends terhadap karakter dan prestasi belajar PPKn siswa kelas VIII SMPN 1 Padangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian dampak game online mobile legends terhadap siswa kelas VIII di SMPN 1 Padangan yaitu game online mobile legends tidak berdampak pada karakter siswa saat di sekolah namun berdampak pada prestasi belajar PPKn siswa.


Keywords


Game online mobile legends, Karakter, Prestasi belajar PPKn

Full Text:

PDF

References


Hasan, A., Rahmat, A., & Napu, Y. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Sosial Remaja PENDAHULUAN Zaman yang sangat modern ini , game online sudah tidak asing lagi di telinga kaum remaja . Beberapa tahun terakhir ini , banyak kaum remaja gemar bermain game online khususnya g, (1), 1–13.

Kustyamegasari, A., & Setyawan, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 SDN Banyuajuh 6 Kamal. Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 582–589.

Nada, I. Q. (2019). Pengaruh Game online mobile Legend Terhadap Sikap Belajar Siswa Kelas Xi Mipa 2 Sman 1 Taman Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 1–106.

Rahyuni, R., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Bosowa Journal of Education, 1(2), 65–70. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.657

Sarjono, S., Zuhriah, F., & Hidayah, S. H. N. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 151. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.771

Siti Mudmainah, Ernia Duwi Saputri, H. I. (2023). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PPKn Kelas VII SMP Unggulan Al-Falah Pacul Bojonegoro Siti. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2(4), 340–353.

Zendrato, Y., & Harefa, H. O. N. (2020). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 139–148. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.21


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.