Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI-5 SMA Negeri 1 Balen
Abstract
Abstract
The minimal use of learning media in the classroom which resulted in a decline in student learning achievement was the impetus for conducting this research. The aim of this research is to find out how the use of wordwall learning resources affects the economic learning achievement of students at SMA Negeri 1 Balen class XI–5. This research uses a quantitative methodology, using a sample of 97 class XI students who are studying economics among other subjects. A cluster random sampling approach was used to select the research sample. by registering in class XI-5, totaling 32 students who had the lowest test results. Tests are used in this kind of research equipment. Research findings show that the economic learning achievement of class XI–5 students at SMA Negeri 1 Balen is significantly influenced by the use of wordwall learning materials. The Tcount value of 9.050 > Ttable 2.040 and the sig value of 0.000 < 0.05 show this. Thus, it can be said that H0 is rejected and Ha is approved, which shows that the wordwall learning material has a big influence on the financial learning achievement of students at SMA Negeri 1 Balen class XI-5.
Abstrak
Minimnya penggunaan media pembelajaran di dalam kelas yang mengakibatkan menurunnya prestasi belajar siswa menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan sumber belajar wordwall mempengaruhi prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Balen kelas XI–5. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif, dengan menggunakan sampel 97 siswa kelas XI yang sedang mempelajari ilmu ekonomi diantara mata kuliah lainnya. Pendekatan cluster random sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian. dengan mendaftarkan diri pada kelas XI-5 yang berjumlah 32 siswa yang mempunyai hasil tes terendah. Tes digunakan dalam peralatan penelitian semacam ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI–5 SMA Negeri 1 Balen dipengaruhi secara signifikan oleh penggunaan materi pembelajaran wordwall. Diperoleh nilai Thitung 9,050 > Ttabel 2,040 dan nilai sig 0,000 < 0,05 menunjukkan hal tersebut. Dengan demikian dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha disetujui yang menunjukkan bahwa materi pembelajaran wordwall berpengaruh besar terhadap prestasi belajar keuangan siswa SMA Negeri 1 Balen kelas XI-5.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andika, A., Fradani, A. C., &Indriani, A. (2023, July). Pengaruh Penggunaan MediaPembelajaran Animaker terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 4 Bojonegoro. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 3, No. 1, pp. 1-9)
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Wordwall Game Quis Berpadukan Classrom untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal Of Educational Development (IJED), 2(2), 324-332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N.A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal Of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
R. I. S. K. Gresik. S.Arikunto (2010). Metode Penelitian: Pendekatan Praktis. Rineka Cipta (2013): Betawi Jakarta. Gambaran Umum Pelayanan Apotek dan Kepuasan Pelanggan di Kecamatan Adiwerna Kota Tegal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 2, No.2, Universitas Surabaya : Surabaya. Jurnal Penelitian Universitas Seni dan Humaniora Jambi, 17(2), 01-08.
Hasanah, B.A., Firmansyah, A., & Firmansyah, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Belajar Sejarah Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1913-1924. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5294
Islamiyah, N.(2019) Dampak Lingkungan Belajar dan Dorongan Belajar Terhadap Kinerja Akademik Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, Jurusan Pendidikan Ekonomi, 2017. JPEK: Jurnal Keuangan, Ekonomi, dan Manajemen, 3(1), 23–32.
Latifa, R., & Dewi, R. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Pada Mata Pelajaran ekonomi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 8362-8376. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8738
Minata, S. M., & Pamungkas, H.P. (2022). Efektivitas media wordwall untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa Man 1 Lamongan. Oikos: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, 6(2), 189-199. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628
Mukarramah, M., & Riandin, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI SMA Muhammadiyah Kasongan. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 53-61. https://doi.org/10.33084/neraca.v8i1.4365
Nisa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860. https://doi.ogr/10.31004/edukatif.v3i5.880
Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831-7839. https://doi.ogr/10.31004/basicedu.v6i5.3616
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Wordwall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-77. https://doi.org/10.32005/jurnal.v5i6.2362
Rahman, A., & Nyoman, J.I. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32-45. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.