Eksperimentasi Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa

Siti Zulfariyanti, Nur Rohman, Taufiq Hidayat

Abstract


This research aims to evaluate the differences in learning outcomes of class The Course Review Horay method was chosen because of its student-centered approach and encouraging group interaction, thus creating a more interesting and enjoyable learning experience. This research was carried out using an experimental approach. The population studied was class X students at SMA Negeri 1 Kalitidu, with samples taken from classes X-1 and X-8. The instrument used to measure learning outcomes is the post-test. Analysis of the results shows a significance value (2-tailed) < 0.05, namely 0.000 < 0.05, so the alternative hypothesis is accepted and the null hypothesis is rejected. These results show that there is a significant difference in learning outcomes between students taught using the Course Review Horay method and conventional methods in banking financial industry material in class X SMA Negeri 1 Kalitidu, based on the results of multiple choice tests.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perbedaan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kalitidu pada materi industri keuangan bank antara penggunaan metode pembelajaran konvensional dan metode pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Metode Course Review Horay dipilih karena pendekatannya yang berpusat pada siswa dan mendorong interaksi kelompok, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan eksperimen. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kalitidu, dengan sampel diambil dari kelas X-1 dan X-8. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah post-test. Analisis hasil menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan metode Course Review Horay dan metode konvensional pada materi industri keuangan bank di kelas X SMA Negeri 1 Kalitidu, berdasarkan hasil tes berbentuk pilihan ganda

Keywords


Model pembelajaran, Course Review Horay, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aisyah. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (Crh) Terhadap Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Ekonomi (Studi Pada Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 3 Purwokerto). Soedirman Economics Education Journal, 01(1):1-17. DOI: https://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/1939

Djamaluddin, A.,Wardana, 2020, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : CV Kaaffah Learning Center.

Gaurifa, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sma Negeri 1 Toma. NDRUMI : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniaora, 6 (2). DOI: https://doi.org/10.57094/ndrumi.v6i2.1148

Heldie Bramantha1, Ristin Meliandani, (2024). Perbedaan Hasil Belajar Antara Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Dengan Metode Ceramah Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MUTIARA PGSD : jurnal.sekawansiji, 1 (1) : 7-8. DOI: https://jurnal.sekawansiji.org/index.php/mutiarapgsd/article/view/5

Muhandaz, R., Trisnawita, O., Risnawati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. Juring: Journal For Research In Mathematics Learning, 1 (2) :137-146. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552

Muslimin, Maryam M, S., Sartika. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeCourse Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Uptd Sdn 195 Barru. Phinisi Integration Review, 6(2):313-322. DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.47738

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sari, Julianto. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (Crh) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sdn Gilang I Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. JPGSD, 6(9):1610-1620. DOI: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24341

Thabroni,gamal,2020, Tujuan Pendidikan Nasional : Bedah Tuntas UU 20 SISDIKNAS.

Wahyuningtyas, C.D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kelas OTKP SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2). DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p340-350

Wulandari, A., Septinar, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Ips Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sma Negeri 10 Palembang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Swarnabhumi, 3 (2). DOI: https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2596

Zulhulaifah, N., Nurhamidah, Elvinawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay(Crh) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Sma N 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(2): 156-160. DOI: https://ejournal.unib.ac.id/alotropjurnal/article/view/7484/3701


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.