Implementasi Model Hybrid pada Proses Pembelajaran di Era Industri
Abstract
Abstrak - Pada masa setelah pandemi ini permasalahan rendahnya kemampuan tingkat Self-Efficacy (keyakinan diri) mahasiswa akan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pembelajaran saat ini. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan bahan ajar pada mata kuliah metode STEAM menggunakan Hybrid Learning sesuai tantangan Industri. Kesiapan menghadapi tantangan pendidikan era revolusi industri adalah segera meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia Indonesia melalu Pendidikan. Beberapa solusi yang bisa dilakukan antara lain, kesesuaian kurikulum dan kebijakan dalam pendidikan, kesiapan SDM dalam memanfaatkan ICT, mengoptimalkan kemampuan peserta didik, dan mengembangkan nilai--nilai (karakter) peserta didik, serta dan kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis digital.
Kata kunci—Hybrid Learning, Pendidikan era Industri, STEAM.
Abstract - In the period after this pandemic, the problem is the low level of Self-Efficacy (self-confidence) students will be able to solve problems related to learning today. To overcome this, research was conducted with teaching materials in steam method courses using Hybrid Learning according to industry challenges. Readiness to face the educational challenges of the industrial revolution era is to immediately improve the ability and skills of Indonesian human resources through education. Some of the solutions that can be done include, the suitability of curriculum and policies in education, the readiness of human resources in utilizing ICT, optimizing the ability of learners, and developing the values (character) of learners, as well as and the readiness of digital-based learning facilities and infrastructure.
Keywords— Hybrid Learning, Industrial era Education, STEAM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.
Hendrayati, H., & Pamungkas, B. (2013). Implementasi model hybrid learning pada proses pembelajaran mata kuliah statistika ii di prodi manajemen Fpeb Upi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2).
Ganovia, P., Sherly, S., & Herman, H. (2022). Efektivitas Hybrid Learning dalam Proses Pembelajaran untuk Siswa Kelas XI SMA Kalam Kudus Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1478-1481.
Triyono, M. G., & Dermawan, D. A. (2021). Analisis Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Hybrid Learning Di Smk Negeri 2 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 646-656.
Nasution, E. S., & Lubis, R. U. (2021). Pengaruh model pembelajaran hybrid menggunakan aplikasi schoology pada perkuliahan fisika dasar untuk meningkatkan keterampilan proses dalam masa industri 4.0. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 1(1), 13-18.
Hidayah, S. N. (2019). Hybrid Model-Based Learning Learning in Welcome Era Industrial Revolution 4.0. The Innovation of Social Studies Journal, 1(1), 46-54.
Bali, M. M. E. I., & Hasanah, F. (2022). Aksentuasi Disiplin Belajar Mahasiswa dalam Moda Hybrid Learning di Era Pandemi Covid-19: Persepsi Pendidik. Jurnal Basicedu, 6(3), 4210-4219.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.