Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Ari Indriani

Abstract


 

abstrak— Untuk mengurangi kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita, pendidik perlu menganalisis jawaban penyelesaian soal cerita peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa perbedaan dan persamaan tipe analisis Watson, Newman dan Polya dalam menyelesaikan soal cerita? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 9 artikel jurnal yang telah terbit dijurnal bereputasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan menggunakan 9 artikel jurnal yang judulnya mengenai analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita. Kesimpulannya bahwa perbedaan dari analisis Watson, Newman, dan Polya yaitu pada langkah dalam menganalisis soal dari pemahaman hingga penyelesaian soal cerita dan waktu yang dibutuhkan dalam menganalisis soal. Sedangkan persamaannya yaitu adanya tahap pemahaman soal, perencanaan dan penyelesaian, soalnya yang digunakan adalah soal cerita. Faktor yang mempengaruhi kesalahan dari siswa dalam menyelesaikan soal cerita antara lain: kesalahan peserta didik dalam mengerjakan soal matematika yang berbentuk soal uraian antara lain peserta didik tidak memahami soal, tidak mengetahui langkah-langkah penyelesaiannya serta kurang berlatih dan terburu-buru dalam mengerjakan soal.

Kata kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita

 

Abstract. To reduce student errors in solving story problems, educators need to analyze the answers to students' story problem solving. The formulation of the problem in this research is what are the differences and similarities in the types of analysis by Watson, Newman and Polya in solving story problems? This research includes qualitative research. The subjects of this research are 9 journal articles that have been published in reputable journals. The data collection technique is using documentation techniques, namely by using 9 journal articles whose titles are about error analysis in solving story problems. The conclusion is that the difference from the analysis of Watson, Newman, and Polya is in the steps in analyzing the problem from understanding to solving story problems and the time needed to analyze the problem. While the similarities are the stages of problem understanding, planning and completion, the problem used is story questions. Factors that influence students' errors in solving story problems include: students' mistakes in working on math problems in the form of description questions include students not understanding the problem, not knowing the steps to solve it and lacking practice and in a hurry to work on the problem.

Keyword: Error Analysis, Story Problems


Keywords


Error Analysis, Story Problems

Full Text:

PDF

References


Aulia, Jannatul dan Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1), 484-500.

Daswarman. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Prosedur Newman. JEP: Jurnal Eksakta Pendidikan, 4 (1), 73-80.

Fariha dan Ramlah. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6 (1), 43-59.

Fitri, Dian A. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6 (1), 91-99.

Ningsih, Neni, Sri Hariyani dan Trijaya F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Berdasarkan Kategori Watson. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (2), 187-200.

Nur, Ellycia C, dan Alpha Galih A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah tahapan Polya Dalam Menyelesaikan Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika inovatif, 4 (2), 405-424.

Mafruhah, Laely dan Arif M. (2020). Analsis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Phythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 24-35.

Magdalena, Cristine. (2020). Analisis Kesalahan siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Kubus Dan Balok Pada siswa Kelas VIII SMP. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), 71-86.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munawaroh, Nurul, Euis Eti R dan Usman A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson Dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Siswa SMP. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (5), 993-1004.

Pradini, Widi. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Dua Variabel. Phythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14 (1), 33-45.

Rahmawati, Sri F. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4 (1), 53-64.

Rizka, sofri A. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Jurnal Aksioma, 8 (1), 17-30.

Sri, Kaca K dan Tri Astuti A. Analisis Kesalahan siswa Menurut Polya Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding seminar Nasional Etnomatnesia, 576-580.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.