Pemanfaatan Aplikasi Wattpad Sebagai Penunjang Pembelajaran Menulis Cerpen di SMA Untuk Mendukung Gerakan Merdeka Belajar

Nabila Ulfaida, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Merdeka belajar merupakan sebuah program yang memberikan kebebasan kepada guru dan peserta didik dalam menyelenggarakan sebuah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah konsep pembelajaran menulis cerpen di tingkat Sekolah Menengah Atas dengan memanfaatkan aplikasi Wattpad untuk mendukung gerakan Merdeka Belajar. Teknik dalam penelitian ini yaitu studi pustaka (library research) yang memiliki arti teknik mengumpulkan data berasal dari buku-buku serta artikel pada jurnal. Data yang diambil merupakan data sekunder yang berhubungan dengan topik pembahasan, diantaranya pembelajaran menulis cerpen, wattpad, siswa SMA dan topik pembelajaran mandiri. Data tersebut diperoleh dari buku-buku yang terbit dan juga artikel-artikel hasil dari penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal nasional dan juga jurnal internasional. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang peran dan implementasi aplikasi Wattpad pada pembelajaran menulis cerpen di Sekolah Menengah Atas. Hal ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran menulis cerpen dengan memanfaatkan aplikasi Wattpad.

Kata kunci— Merdeka belajar, SMA, Menulis cerpen, Wattpad.

 

 

Abstract— Freedom to learn is a program that gives freedom to teachers and students to organize a learning process. This study aims to create a concept of learning to write short stories at the high school level by utilizing the Wattpad application to support the Free Learning movement. The technique in this research is library research, which means the technique of collecting data from books and articles in journals. The data taken is secondary data related to the topic of discussion, including learning to write short stories, wattpad, high school students and independent learning topics. The data is obtained from published books and also articles from research that have been published in national journals as well as international journals. The results of this study explain the role and implementation of the Wattpad application in learning to write short stories in high school. This is expected to help the learning process to write short stories by utilizing the Wattpad application.

Keywords— Freedom to learn, SMA, Writing short stories, Wattpad.


Keywords


Freedom to learn, SMA, Writing short stories, Wattpad.

Full Text:

PDF

References


Aminati, A. Y., & Purwoko, B. (2013). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling resolusi konflik interpersonal. Jurnal BK Unesa, 3(01), 222-235. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3339.

Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Naratif Dalam Lingkup Pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226.

Bakar, M. S. A., & Ayub, N. S. (2019). Peranan, pengaruh dan potensi wattpad terhadap budaya membaca novel di kalangan rakyat Malaysia. e-Academia Journal, 8(1). Doi https://doi.org/10.24191/e-aj.v8i1.6665.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep merdeka belajar pendidikan indonesia dalam perspektif filsafat progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155-164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973.

Hafizah, T., Syahrul, R., & Ratna, E. (2018). Kontribusi keterampilan membaca apresiatif teks cerpen terhadap keterampilan menulis teks cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 394-402. Doi https://doi.org/10.24036/100761-019883.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Saddhono, K. (2019). The use of wondershare filmora version 7.8.9 media apps in flipped classroom teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55. https://doi.org/10.18280/rces.060301.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. E-PROSIDING PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/403.

Ida, R. (2018). Etnografi virtual sebagai teknik pengumpulan data dan metode penelitian. The Journal of Society and Media, 2(2), 130-145. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/85300811/2104-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1652931345&Signature.

Jumaryatun, J. (2014). Penggunaan media lagu sebagai upaya meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis cerpen. BASASTRA, 1(3). Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/4047.

Jumriati, J. (2022). Efektivitas metode problem based learing dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 11-20. Doi https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3012.

Kusmayanti, D. (2021). Penggunaan aplikasi Wattpad untuk meningkatkan berpikir kreatif dalam pembelajaran menulis prosa narasi pada mahasiswa semester 2 PBSI Universitas Mandiri Subang. Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 97-106. Retrieved from http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/aksentuasi/article/view/208.

Lifiani, M., & Krismayani, I. (2020). Pemanfaatan wattpad sebagai aplikasi self-publishing berbasis online dalam distribusi informasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 141-150. Retrieved from file:///C:/Users/TRY%20KURNIAWAN/Downloads/26803-55685-1-SM.pdf.

Lubis, R. A. (2019). Efektivitas media Wattpad dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manduamas Tahun Pembelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan). Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39148.

Maruta, H. (2017). Pengertian, kegunaan, tujuan dan langkah-langkah penyusunan laporan arus Kas. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(2), 239-257. Retrieved from http://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/jas/article/view/115.

Nitami, A., Fadilah, C., Siwi, G. W., Fadhilah, R. N., & Darojah, Z. (2020). Membaca pemahaman dalam media cerpen pada kelas VIII (Studi Analisis Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII SMPN 1 Karawang Barat). PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(2). Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/4080.

Nuroh, E. Z. (2011). Analisis Stilistika dalam Cerpen. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 21-34. Doi https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.30.

Pramidana, I. D. G. A. I. (2021). Unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2). Doi http://dx.doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067.

Priyayi, D. F., Keliat, N. R., & Hastuti, S. P. (2018). Masalah dalam pembelajaran menurut perspektif guru biologi sekolah menengah Atas (SMA) di Salatiga dan Kabupaten Semarang. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 85-92. Doi https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1243.

Putri, R. A. (2019). Pemanfaatan aplikasi Wattpad dalam memotivasi siswa untuk menulis cerita. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 58-65. Doi http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v3i1.2697.

Putri, R. A. (2019). Pemanfaatan aplikasi Wattpad dalam memotivasi siswa untuk menulis cerita. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 58-65. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi/article/view/2697.

Rahmawati, D. L. (2013). Penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran menulis karya sastra (Cerpen). Anterior Jurnal, 13(1), 43-51. Doi https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.290.

Rosana, R., Fitriani, Y., & Effendi, D. (2021). Peningkatan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen melalui model discovery learning pada siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 151-156. Doi http://dx.doi.org/10.29210/3003987000.

Sabarguna & Subirosa, B. 2005. Analisis data pada penelitian kualitatif. Jakarta: UI Press.

Sa'diyah, I., Kristi, R. A., & Tazkiyah, I. (2021, November). Korelasi antara aplikasi komiku dan Wattpad dengan minat baca masyarakat saat pandemik. In Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara (Vol. 2, pp. 17-22). Doi https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.91.

Saleh, M. (2020, May). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56). Retrieved from http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.

Setiarini, Y. (2015). Upaya meningkatkan kemampuan menganalisis unsur instrinsik pada cerpen melalui media audiovisual. Didaktikum, 16(4). Retrieved from http://www.i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/307.

Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190). Retrieved from http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q., & Erihadiana, M. (2021). Konsep dan implementasi kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. Doi https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458.

Sukriyadi, I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Wattpad Dalam Keterampilan Membaca Cerpen Pada Siswa Kelas Xi Smk Prima Unggul Tangerang Tahun Pelajaran 2019/2020 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51727.

Sumaryanti, L., Maryaeni, M., & Hasanah, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran memproduksi teks cerpen bersumber dari majalah remaja untuk siswa Sma/smk. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 717-725. Doi http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6233.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. Doi https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Wardhana, I. P., & Pratiwi, V. U. (2020). Konsep pendidikan taman siswa sebagai dasar kebijakan pendidikan nasional merdeka belajar di Indonesia. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7550.

Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. (2019). Problematika pembelajaran menulis cerpen di sekolah menengah tujuan SM3T. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1-15. https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6898.

Yuniar, R. F. (2019). The effects of using Wattpad on process-genre approach toward writing achievement and motivation in tertiary level (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/id/eprint/59026.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.