PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Abstrak
Kemampuan dalam menyelesaikan masalah merupakan aspek penting dalam proses belajar matematika, terutama pada topik sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel menurut prosedur Polya. Metode yang diterapkan merupakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan 32 siswa dari kelas VIII-B SMP Negeri 1 Rengel sebagai subjek penelitian, kemudian dipilih enam siswa secara purposive sampling sebagai subjek utama, rinciannya meliputi dua siswa dari kelompok kemampuan tinggi, dua dari kelompok kemampuan sedang, dan dua dari kelompok kemampuan rendah. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara semi terstruktur, selanjutnya data dianalisis melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwasannya siswa kelompok kemampuan tinggi telah memenuhi seluruh tahap pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel menurut prosedur Polya, siswa kelompok kemampuan sedang telah memenuhi tahap memahami masalah dan menyusun rencana, namun belum memenuhi tahap melaksanakan rencana secara penuh dan memeriksa kembali, sedangkan siswa kelompok kemampuan rendah hanya memenuhi tahap memahami masalah.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Prosedur Polya, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Abstract
The ability to solve problems is an important aspect in the process of learning mathematics, especially on the topic of the system of linear equations in two variables. This study aims to describe the profile of junior high school students' problem solving ability in solving system of linear equations in two variables problems according to Polya's procedure. The method applied is a descriptive qualitative approach involving 32 students from class VIII-B SMP Negeri 1 Rengel as research subjects, then six students were selected by purposive sampling as the main subject, the details include two students from the high ability group, two from the medium ability group, and two from the low ability group. Data were collected through problem solving ability tests and semi-structured interviews, then the data were analyzed through data reduction, data presentation, and conclusion drawing steps. The results showed that the high ability group students had fulfilled all stages of solving the two-variable linear equation system problem according to Polya's procedure, the medium ability group students had fulfilled the stages of understanding the problem and developing a plan, but had not fulfilled the stages of fully implementing the plan and checking back, while the low ability group students only fulfilled the stage of understanding the problem.
Keyword: Problem Solving Ability, Polya's Procedure, System of Linear Equations in Two Variables
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
Achir, Y. S., Usodo, B., & Setiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Paedagogia, 20(1), 78–87. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16600
Arifin, S., & Aprisal. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 89–98. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). Bumi Aksara.
Aspiandi, H., Zubaidah, R., & Nursangaji, A. (2020). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(11), 1–8. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i11.43350
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition). SAGE Publications. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.
Indirawati, D., Muslimahayati, & Sunarto. (2024). Analysis of Students’ Mathematical Problem Solving Ability Based on Polya’s Procedure on the System of Linear Equations With Two Variables. Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS), 3(2), 70–76. https://doi.org/10.1063/5.0194577
Maghfiroh, Z. D., Sukamto, & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Berdasarkan Langkah Polya. Dwijaloka, II(1), 72–80.
Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54.
Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mea (Means Ends Analysis). Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9566
Novianti, D. E. (2019). How the Student’s Error in Solution of Mathematics Problems? JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(1), 19–29. https://doi.org/10.25273/jipm.v8i1.4163
Novianti, D. E. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 117–124. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1302
Pane, R. (2023). Model-Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Pada Kurikulum Merdeka. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(6), 21–30.
Pardosi, R. P., Budiarto, M. T., & Rahaju, E. B. (2022). Literasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Adversity Quotient Dalam Memecahkan Masalah SPLDV. Jurnal Unitomo, 10(2), 91–108.
Permata, L. D., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2018). Mathematical problem solving skills analysis about word problems of linear program using IDEAL problem solver. Journal of Physics: Conference Series, 1108(012025), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012025
Polya, G. (2004). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.
Rezky, R., & Jais, E. (2020). Hyphotetical Learning Trajectory: Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Mandalika Mathematics and Education Journal, 2(2), 92–101. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1780
Robbani, I. A., & Sumartini, T. S. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 185–192. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3049
Sari, P. P., & Lestari, D. A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 286–293. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13126
Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06
Soares, M. I. M., Uskono, I. V., Jagom, Y. O., Gawa, M. G. M., Dosinaeng, W. B. N., & Kaluge, A. H. (2023). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik SMP. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 5(1), 31–41.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi ke-3). Alfabeta.
Sundary, S. R., Maya, R., & Zanthy, L. S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Metode Eliminasi di SMP Negeri 4 Pangalengan. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1071–1078. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1071-1078
Suriyah, P. (2018). Skema Solusi yang Dipilih Mahasiswa dalam Menyelesaikan Teori Graf Sub Isomorfik Ditinjau dari Teori Operator Konstruktif. Journal of Mathematics Education and Science, 1(2), 91–97.
Suriyah, P., Waluya, B., Dwijanto, & Rosyida, I. (2022). Construction Of Mathematics Problem-Based On APOS Theory To Encourage Reflective Abstraction Viewed From Students’ Creative Thinking Profile. Journal of Positive School Psychology, 6(9), 1290–1309. https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/12419/8046
Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 4(2), 16–35.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.