STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA: LITERATURE REVIEW
Abstract
Abstrak
Perencanaan karir merupakan aspek penting dalam perkembangan peserta didik, terutama pada jenjang pendidikan menengah. Salah satu pendekatan yang terbukti efektif dalam mendukung proses ini adalah layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi layanan bimbingan kelompok dalam membantu siswa merancang masa depan karir mereka melalui pendekatan studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi bimbingan kelompok yang disusun secara sistematis dan berbasis kebutuhan siswa mampu meningkatkan pemahaman diri, eksplorasi karir, serta pengambilan keputusan karir yang lebih terarah. Kajian ini juga mengungkapkan pentingnya peran guru BK dalam mengimplementasikan metode dan teknik bimbingan kelompok secara tepat guna. Implikasi dari penelitian ini memberikan landasan konseptual bagi praktisi pendidikan untuk mengembangkan layanan bimbingan yang lebih responsif terhadap kebutuhan siswa.
Kata kunci: bimbingan konseling, strategi layanan kelompok, perencanaan karir
Abstract
Career planning is an important aspect of student development, especially at the secondary education level. One approach that has proven effective in supporting this process is group guidance services. This study aims to examine the strategies of group guidance services in assisting students in designing their future careers through a literature study approach. The findings indicate that systematically organized group guidance strategies based on students' needs can enhance self-understanding, career exploration, and more targeted career decision-making. This study also reveals the crucial role of guidance counselors in implementing group guidance methods and techniques effectively. The implications of this research provide a conceptual foundation for education practitioners to develop guidance services that are more responsive to students' needs.
Keyword: guidance and counseling, group service strategies, career planning
Full Text:
PDFReferences
Adityawarman, L. P., Hidayati, A., & Maulana, M. A. (2020). Peran Bimbingan Kelompok dalam Perencanaan Karir Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 165-177. https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.786.
Anggraini, S., Rifai, M., & Muhid, A. (2021). Peran Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif dalam Perencanaan Karier pada Siswa SMA. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 16-23. https://www.academia.edu/download/103036735/pdf.pdf.
Aprilita. (2024). Strategi pengelolaan sumber daya manusia pada generasi Z tantangan dan peluang di era digital untuk meningkatkan kematangan karir. Advances In Social Humanities Research, 2(2), 221-235. https://doi.org/10.46799/adv.v2i2.187.
Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57. https://core.ac.uk/download/pdf/324200484.pdf.
Erlangga, E. (2017). Bimbingan kelompok meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149-156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332
Fadilah, S. N. (2019). Layanan bimbingan kelompok dalam membentuk sikap jujur melalui pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://www.academia.edu/download/82446720/pdf.pdf
Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. Tulungagung: UD Duta Sablon.
Kasan, I. A., & Ibrahim, A. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan karir di kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83-89. https://core.ac.uk/download/pdf/552420103.pdf
Kumara, A. R., & Lutfiyani, V. (2017). Strategi Bimbingan dan Konseling Komprehensif dalam Perencanaan Karir Siswa SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2). https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/46/40.
Malikah, N. (2014). Pragmatisasi pendidikan dalam dunia kerja. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 155-170. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.575.
Muhazir & Syahputri, A. (2020). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Bimbingan dan Konseling, 9(2), 47-53. https://doi.org/10.37755/jsbk.v9i2.322.
Nurhayati, T., Mustika, R. I., & Fatimah, S. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Terhadap Kematangan Karier Pada Siswa SMA. FOKUS: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 4(3), 219-226. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i3.6020.
Pambudi, P. R., Muslihati, M., & Lasan, B. B. (2019). Strategi untuk Membantu Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(1), 28-33. https://doi.org/10.21067/jki.v5i1.4041.
Paramiswari, M. R. (2025). Konseling Kelompok Trait And Factor Menggunakan Media Kantong Karir Untuk Kematangan Karir Pada Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 5(1), 67-77. https://doi.org/10.56185/jubikops.v5i1.795.
Priambodo, A. (2017). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan permainan kartu karir terhadap sikap pilihan karir. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(3), 34-39. https://doi.org/10.15294/ijgc.v6i3.17009
Priyatno, T. (2016). Upaya meningkatkan pemahaman eksplorasi karir melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. Psikopedagogia, 5(1), 49-56.
Putro, H. E., & Japar, M. (2021). Penerapan Layanan Informasi Karir Berbasis Media Interaktif Inovatif (MII) Terhadap Keputusan Perencanaan Karir Siswa. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(2), 58-65. https://www.academia.edu/download/97120226/478237475.pdf.
Riskiyah, R. (2017). Implementasi Permendikbud No. 111 Tahun 2014 dan Implikasinya terhadap Kompetensi dan Uraian Tugas Guru Bimbingan Konseling. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 44-55. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p44-55.
Riyanto, J., Lestari, L. P. S., & Suranata, K. (2023). Pengembangan Panduan Bimbingan Karir Berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dengan Pendekatan Teori Karir Super untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 479-486. http://dx.doi.org/10.29210/1202323065.
Rohma, R. N. (2023). Perencanaan Karir Siswa SMA: Tinjauan Literatur Yang Sistematis. Conseils: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 50-60. https://doi.org/10.55352/bki.v3i1.185.
Rois, F., Hasanah, R. N., Nisa, F., & Puspitasari, N. S. (2024). Pengembangan Karir Siswa Di Era Digital Melalui Pendidikan dan Konseling di SMA Negeri 2 Ngawi. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, 8(11). https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jpim/article/view/5765.
Rokhayati, A., Kambara, R., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Soft Skill dan Perencanaan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kualitas Pelatihan Sebagai Variabel Moderator (Studi Empiris Pada Pt. Krakatau Tirta Industri Cilegon). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 1(2). https://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v1i2.3147.
Sari, M., & Khairuddin, K. (2024). Mekanisme Perencanaan Studi Lanjut Siswa Madrasah Aliyah Swasta Persiapan Medan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 40-55. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/4564.
Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9-17. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.351
Subagyo, I. (2013). Bimbingan kelompok dengan teknik outboun. Jurnal bimbingan konseling, 2(2). https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.786
Widiyanti, T. & Makin. (2019). Layanan bimbingan karir dalam upaya meningkatkan kemampuan perencanaan karir pada siswa kelas XII SMK Kesehatan Insan Mulia Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.323.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.