PENGARUH KONSELING KOGNITIF PERILAKU TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA SMA 4 BOJONEGORO

Bima Adi Saputra

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh konseling kognitif perilaku terhadap kecemasan akademik pada siswa SMA 4 Bojonegoro. Kecemasan akademik adalah perasaan tidak nyaman dan khawatir saat menghadapi situasi akademik, yang dapat mempengaruhi prestasi belajar dan kesehatan mental. Konseling kognitif perilaku merupakan pendekatan yang berfokus pada mengubah pikiran dan perilaku negatif menjadi lebih positif dan adaptif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test control group. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengurangan signifikan kecemasan akademik setelah mengikuti konseling. Temuan ini menegaskan bahwa konseling kognitif perilaku efektif dalam mengatasi kecemasan akademik.

Kata kunci: kecemasan akademik_1, konseling kognitif perilaku_2, efek_3, siswa SMA_4, pengurangan kecemasan _5

 

Abstract

This study aims to determine the effect of cognitive behavioral counseling on academic anxiety in students of SMA 4 Bojonegoro. Academic anxiety is a feeling of discomfort and worry when facing academic situations, which can affect academic achievement and mental health. Cognitive behavioral counseling is an approach that focuses on changing negative thoughts and behaviors to be more positive and adaptive. This study used a quantitative method with a pre-test and post-test control group design. The results of the analysis showed that there was a significant reduction in academic anxiety after undergoing counseling. This finding confirms that cognitive behavioral counseling is effective in overcoming academic anxiety.

Keyword: academic anxiety_1, cognitive behavioral counseling_2, effects_3, high school students_4, anxiety reduction_5.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anastasi, A., & Urbina, S. (2010). Psychological Testing. Pearson Education.

Ary, D., Jacob, L., & Sorensen, C. (2010). Introduction to Research in Education. Wadsworth.

Bandura, A. (2016). Self-Efficacy in Changing Societies. Cambridge University Press.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences. Routledge.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Field, A. (2013). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. Sage Publications.

Loftus, G. R., & Loftus, E. F. (2012). Eye-Witness Testimony. Harvard University Press.

Nugraha, R., & Setiawan, A. (2021). Pengaruh Intervensi Kognitif Perilaku terhadap Kecemasan Akademik Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(2), 110-125.

Pujiastuti, S., & Rahardjo, B. (2020). Strategi Coping dan Kecemasan Akademik: Studi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Konseling dan Bimbingan, 8(1), 45-58.

Sari, A. (2020). Pendekatan Kognitif Perilaku dalam Mengatasi Kecemasan Akademik. Jurnal Psikologi Edukasi, 12(3), 210-222.

Spielberger, C. D. (1980). Manual for the State-Trait Anxiety Inventory (Form Y). Consulting Psychologists Press.

Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yulianti, R., & Hidayat, R. (2019). Efektivitas Konseling Kognitif Perilaku dalam Mengurangi Kecemasan Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 99-112.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.