STUDI LITERATUR TENTANG PEMANFAATAN APLIKASI KESEHATAN MENTAL BERBASIS SMARTPHONE UNTUK MENDUKUNG KEMANDIRIAN MAHASISWA DALAM MENGELOLA STRES AKADEMIK

Dina Mariana

Abstract


Abstrak

Aplikasi kesehatan mental berbasis smartphone memiliki peran penting untuk mendukung kemandirian mahasiswa dalam mengelola stres akademik. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengkaji berbagai literatur ilmiah tentang pemanfaatan aplikasi kesehatan mental bagi mahasiswa dalam mengelola stres akademik. Jenis penelitian ini berupa Systematic Literature Review (SLR) yang menggunakan enam data hasil penelitian yang dipublikasi pada Google Scholar. Data dikumpulkan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel yang berkaitan dengan kemandirian siswa yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi kesehatan mental berbasis smartphone terbukti memberikan efek positif terhadap kemandirian mahasiswa dalam mengelola stress.

 

Kata kunci: Aplikasi kesehatan mental, Stres mahasiswa, Intervensi berbasis ponsel pintar, Kemandirian mahasiswa

 

 

Abstract

Smartphone-based mental health applications have an important role to support students' independence in managing academic stress. The purpose of this study is to review various scientific literature on the utilization of mental health applications for students in managing academic stress. This type of research is a Systematic Literature Review (SLR) which uses six research data published on Google Scholar. Data were collected by documenting and reviewing all articles related to student independence published between 2020 and 2025. The results of this study can be concluded that smartphone-based mental health applications are proven to have a positive effect on student independence in managing stress.

 

Keyword: Mental health app, College student stress, Smartphone-based intervention, Student self-reliance


Full Text:

PDF

References


Ardi, L. A., Handayani, P. G., Yendi, F. M., & Putriani, L. (2025). Fenomena stres akademik dalam penyelesaian tugas akhir pada mahasiswa rantau. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 13(1), 49-60. http://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/1393.

Dewi, D. K., Savira, S. I., Satwika, Y. W., & Khoirunnisa, R. N. (2022). Profil perceived academic stress pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 13(3), 395-403. https://doi.org/10.26740/jptt.v13n3.p395-403.

Ernawati, N. (2025). PENGARUH STRES DAN TIM KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA BALAI DIKLAT KEAGAMAAN SURABAYA. MAP (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik), 8(1), 59-67. https://doi.org/10.37504/map.v8i1.699.

Fauzan, M., Sintia, S., & Sukma, D. P. (2025). Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Flutter untuk Monitoring Kesehatan Mental Mahasiswa Universitas Alifah Padang. Journal of Innovative and Creativity, 5(2), 2325-2333. https://doi.org/10.31004/joecy.v5i2.411.

Gustiadi, A., & Lazuardi, L. (2025). GAMBARAN KESEHATAN MENTAL PADA MAHASIWA POLTEKKES TASIKMALAYA: THE DESCRIPTION OF STUDENTS’MENTAL HEALTH IN POLTEKKES TASIKMALAYA. Intan Husada: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 13(01), 76-85. https://doi.org/10.52236/ih.v13i1.685.

Juita, B. D., Susanti, R. H., & Permatasari, D. (2021). Upaya meningkatkan tanggung jawab akademik mahasiswa manggarai universitas pgri kanjuruhan malang melalui konseling kelompok realita. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 6(2), 56-61. https://doi.org/10.21067/jki.v6i2.5614.

Khairan, C., & Habib, M. (2025). CHATBOT AI DALAM IDENTIFIKASI AWAL GANGGUAN KESEHATAN MENTAL DI INDONESIA: TANTANGAN DAN PROSPEK. Jurnal EMPATI, 13(6), 498-508. : https://doi.org/10.14710/empati.2024.47903.

Rahmawati, D. R., Ririn Lestari, D. ., & Rahmayanti, D. . (2025). Gambaran Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Sarjana Keperawatan Dan Kedokteran: Gambaran Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa S1 Keperawatan dan Kedokteran. Jurnal Keperawatan Intan , 4 (1), 1-6. https://doi.org/10.54004/join.v4i1.266

Rahmayanti, N. (2020). EFEKTIVITAS TERAPI MINDFULNESS BERBASIS APLIKASI “BREATHE2RELAX” TERHADAP STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS AWAL BROS (Doctoral dissertation, Universitas Awal Bros). https://repositori.psdku.univawalbros.ac.id/210/.

Siregar, A. O. A., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara gegar budaya dengan penyesuaian diri pada mahasiswa bersuku minang di universitas Diponegoro. Jurnal empati, 7(2), 474-490. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21668.

Suparno, S., Hastin, M., Sumiartini, N. K. S., Lestari, D. P., Vanchapo, A. R., & Mokodenseho, S. (2023). Persepsi Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Tinggi Untuk Kaum Perempuan. Journal on Education, 6(1), 3635-3641.https://www.academia.edu/download/103797798/2886.pdf.

Rachmawati, N. (2020). Penggunaan Aplikasi Mobile Mindfulness GFR Bermanfaat untuk Mengelola Stres Mahasiswa di Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta. Health Information: Jurnal Penelitian, 12(2), 161-172. https://doi.org/10.36990/hijp.v12i2.205.

Fauzan, M., Sintia, S., & Sukma, D. P. (2025). Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Flutter untuk Monitoring Kesehatan Mental Mahasiswa Universitas Alifah Padang. Journal of Innovative and Creativity, 5(2), 2325-2333. https://doi.org/10.31004/joecy.v5i2.411.

Pertiwi, D., Sembiring, M. A., & Latiffani, C. (2023). PENGARUH APLIKASI DIAGNOSA STRES AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE HYBRID BAGI MAHASISWA STMIK ROYAL. JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3(2), 81-88. https://doi.org/10.33330/jutsi.v3i2.2220.

Nigata, Q. A. D., Wati, S. F. A., & Kartika, D. S. Y. (2024). MentalMate: Desain UI/UX Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental untuk Mahasiswa di Surabaya Menggunakan Metode User Centered Design. Jurnal Teknologi Informasi dan Terapan, 11(1), 49-56. https://doi.org/10/25047/jtit.v11i1.372.

Faridah, I., Afiyanti, Y., & Fatonah, S. (2021). PENGARUH APPLICATION MOBILE MINDFULNESS (MM) TERHADAP TINGKAT STRESS PADA MAHASISWA DI TANGERANG RAYA. Nusantara Hasana Journal, 1(8), 91–95. https://www.nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/220.

Wifaqul, M. W. I. (2025). Implementasi Konseling Berbasis Kecerdasan Buatan (AI) dalam Mengatasi Stres Akademik pada Mahasiswa. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 19–31. https://doi.org/10.24905/jcose.v7i1.198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.