PERAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL (MENTAL HEALTH) TERHADAP KASUS BULLYING SISWA

Puput Suriyah, Titania V Virnanda Salsabila, Kurnia Dwi Sdtyowati, Rhavina Arlica Lutfiyani, Eka Nabila Dian Marsela

Abstract


Abstrak

Bullying di lingkungan sekolah merupakan persoalan serius yang berdampak langsung terhadap kesehatan mental siswa. Korban bullying kerap mengalami tekanan psikologis seperti kecemasan, stres, depresi, bahkan kehilangan motivasi belajar. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kesehatan mental siswa melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) dengan instrumen kuesioner yang disebarkan kepada siswa dari tingkat SD hingga SMA di salah satu sekolah negeri di Kota Bojonegoro. Penelitian ini didasarkan pada analisis berbagai sumber literatur akademik, termasuk buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling di sekolah memiliki peran penting dalam menangani dampak negatif bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa pernah mengalami atau menyaksikan bullying, baik secara verbal, fisik, sosial, maupun digital, yang berdampak pada munculnya kecemasan, stres, penurunan semangat belajar, hingga pikiran untuk menghindari sekolah. Melalui pendekatan konseling individu maupun kelompok, guru BK mampu membantu siswa mengenali, mengelola, dan mengatasi tekanan emosional akibat bullying, serta 170 membangun kembali kepercayaan diri mereka. Selain itu, konselor juga berperan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, suportif, dan inklusif, serta melakukan deteksi dini terhadap potensi perilaku menyimpang. Dengan demikian, keberadaan layanan konseling bukan hanya sebagai solusi kuratif, tetapi juga sebagai bentuk pencegahan yang efektif terhadap kasus bullying di sekolah.

Kata kunci: Peran Bimbingan Konseling_1, Kesehatan Mental_2, Kasus Bullying_3

 

 

Abstract

Bullying in school environments is a serious problem that has a direct impact on students' mental health. Bullying victims often experience psychological pressure such as anxiety, stress, depression, and even loss of motivation to learn. This article aims to examine the strategic role of guidance and counseling services in improving students' mental health through a qualitative approach with a library research method using a questionnaire instrument distributed to students from elementary to high school levels in one of the public schools in Bojonegoro City. This study is based on an analysis of various academic literature sources, including books, journals, and relevant scientific articles.The results of the study indicate that guidance and counseling services in schools have an important role in dealing with the negative impacts of bullying. The results of the study show that most students have experienced or witnessed bullying,either verbally, physically, socially, or digitally, which has an impact on the emergence of anxiety, stress, decreased enthusiasm for learning, and thoughts of avoiding school. Through an individual or group counseling approach, BK teachers are able to help students recognize, manage, and overcome emotional stress due to bullying, and rebuild their self-confidence.In addition, counselors also play a role in creating a safe, supportive, and inclusive school environment, as well as conducting early detection of potential deviant behavior. Thus, the existence of counseling services is not only a curative solution, but also an effective form of prevention against bullying cases in schools.

Keyword: Role of Counseling Guidance_1, Mental Health_2, Bullying cases_3,

 


Full Text:

PDF

References


Candrawati, Riska, and Agung Setyawan. "Analisis perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar." Pandu: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum 1.2 (2023): 64-68. https://jurnal.kalimasadagroup.com/index.php/pandu/article/view/127

Pramudita, T., Kholifah, R., & Sancaya, S. A. (2024). Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Mental Siswa. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 3, 349-355.https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/4459

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan guru bimbingan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa SMP Negeri 3 Onolalu tahun pelajaran 2021/2022. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 40-52. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.375

Alwina, S. (2023). Peran bimbingan konseling dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa di sekolah dasar. Jurnal Sintaksis, 5(1), 18-25. https://doi.org/10.55263/sintaksis.v5i1.423


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.