SYTEMTIC LITERATURE REVIEW: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX SMP N 5 BOJONEGORO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Artificial Intelligence (AI) atau platform Liveworksheet menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pengembangan ini ditujukan untuk meningkatkan interaktivitas, efektivitas, dan kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran. Di abad 21 ini, diperlukan pengembangan LKPD yang menunjang atau mempermudah siswa maupun guru dalam pembelajaran berbasis internet atau Artificial Intelligence. Tujuan dari pengkajian artikel ini adalah, untuk menekankan seberapa pentingnya E-LKPD berbasis artificial intelligence atau liveworsheet yang dapat mendukung pembelajaran lebih interaktif, efektif dan inovatif. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), beberapa tahapannya yaitu 1) Research Question; 2) Selection Criteria; 3) Search Strategy; 4) Select Studies; 5) The Quality Of Studies; dan 6) Syntesis Result. Beberapa artikel ini didapat dari Google Scholar dengan menggunakan kata kunci E-LKPD, liveworsheet, dan Matematika. Artikel yang dikaji terdiri dari 10 artikel yang diterbitkan pada tahun 2020 sampai 2025. E-LKPD ini dapat memberikan kontribusi yang sangat penting untuk pembelajaran di era digital ini.
Kata kunci: E-LKPD_1, Artificial intelligence_2, Liveworksheet_3, Model 4D_4.
Abstract
This study aims to develop a Student Worksheet (LKPD) based on Artificial Intelligence (AI) or the Liveworksheet platform using the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate). The purpose of this development is to enhance the interactivity, effectiveness, and student autonomy in the learning process. In the 21st century, it is essential to develop LKPDs that support and facilitate both students and teachers in internet-based or AI-integrated learning. The objective of this article review is to emphasize the importance of AI-based or Liveworksheet-based E-LKPDs in supporting more interactive, effective, and innovative learning. This study uses the Systematic Literature Review (SLR) method, which consists of several stages: (1) Research Question, (2) Selection Criteria, (3) Search Strategy, (4) Select Studies, (5) The Quality of Studies, and (6) Synthesis of Results. The reviewed articles were obtained from Google Scholar using keywords such as E-LKPD, Liveworksheet, and Mathematics. A total of 10 articles published between 2020 and 2025 were analyzed. E-LKPDs are seen to contribute significantly to learning in the digital era.
Keyword: Student worksheet_1, Artificial intelligence_2, Liveworksheet_3, 4D model_4
Full Text:
PDFReferences
Sarman, Afriano Andri, I. Ketut Suastika, and Tatik Retno Murniasih. "Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung." Jurnal Tadris Matematika 6.1 (2023).
Lioba, Teodardus, Nury Yuniasih, and Cicilia Ika Rahayu Nita. "Pengembangan e-lkpd berbasis aplikasi liveworksheets pada materi volume bangun ruang kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas PGRI Kanjuruhan Malang." Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. Vol. 5. No. 1. 2021.
Sarman, Afriano Andri, I. Ketut Suastika, and Tatik Retno Murniasih. "Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung." Jurnal Tadris Matematika 6.1 (2023).
Nofitasari, D. A., Sunismi, S., & Fathani, A. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pemecahan masalah Menggunakan Liveworksheet Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Kelas IX. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 18(26).
Syafruddin, Isma Syaftiani, Etika Khaerunnisa, and Isna Rafianti. "Pengembangan e-LKPD untuk mendukung kemampuan literasi matematis pada materi aritmatika sosial." Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 6.3 (2022): 3214-3227.
Santika, Lia, Dodik Mulyono, and Nur Fitriyana. "Pengembangan E-LKPD Matematika Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar." ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7.2 (2024): 126-138.
Refianti, Rani, and Maria Luthfiana. "Systematic Literature Review: E-LKPD Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik." Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 9.1 (2024): 97-109.
Umaroh, Uum, Novaliyosi Novaliyosi, and Yani Setiani. "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Peserta Didik pada Materi Lingkaran." Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika 3.1 (2022): 61-70.
Amaliah, F., Bulan, D., & Bestari, H. (2024). Pengembangan Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Berbantuan Liveworksheets. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 151-166.
Bombang, V., Fayeldi, T., & Pranyata, Y. I. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik
Menggunakan Aplikasi Live Worksheet Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada
Siswa Kelas VIII SMPN 17 Malang. Rainstek, 4(1), hal 27-41.
Shalahuddin, M.H., & Hayuhantika, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis
Kontekstual Dengan Media Liveworksheets Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII.
Jurnal Tadris Matematika, 5(1), hal 71-86.
Novianti, Dwi Erna, Puput Suriyah, and Zaenuri Zaenuri. "Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Phytagoras Ditinjau Dari Gender." Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. Vol. 6. No. 1. 2023.
Lathifah, M.F., Hidayati, B.N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), hal 26-30.
rayoga, D.A., Kartini., & Solfitri, T. (2022). Rancangan E-LKPD Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Discovery Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTS. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 5(4), 311-320.
ndriani, Sevina., Nuryadi., & Marhaeni, N.H. (2022). Respon Peserta Didik Terhadap E- LKPD Berbantuan Liveworksheet Sebagai Bahan Ajar Segitiga dan Segiempat. Journal on Teacher Education, 3(2), hal 315-323.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.