OPTIMALISASI NILAI KEADILAN SOSIAL DALAM SILA KELIMA PANCASILA SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KESENJANGAN AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA
Abstract
Abstrak
Prinsip keadilan sosial yang terdapat dalam sila kelima Pancasila merupakan hal yang penting dan seharusnya dijadikan dasar dalam pembuatan kebijakan publik, termasuk dalam sektor pendidikan. Tujuan artikel ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan nilai keadilan sosial yang ada dalam sila kelima Pancasila dapat berfungsi sebagai strategi untuk mengurangi kesenjangan dalam akses serta kualitas pendidikan di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui studi literatur yang melibatkan berbagai artikel ilmiah, kebijakan pemerintah, dan dokumen resmi yang terkait. Temuan dari kajian ini menunjukkan bahwa ketidakmerataan pendidikan di Indonesia masih sangat signifikan, terutama antara daerah perkotaan dan pedesaan, serta antara kelompok masyarakat dengan ekonomi tinggi dan rendah. Nilai keadilan sosial dalam Pancasila mengharuskan adanya distribusi sumber daya pendidikan yang adil, serta memerlukan kebijakan afirmatif untuk mendukung kelompok yang rentan, dan peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Penelitian ini merekomendasikan agar kebijakan yang diambil lebih berpihak kepada prinsip keadilan substantif, sebagai bentuk nyata dari penerapan nilai Pancasila dalam sistem pendidikan nasional.
Kata Kunci: Pancasila, keadilan sosial, kesenjangan pendidikan, akses Pendidikan.
Abstract
The principle of social justice contained in the fifth precept of Pancasila is important and should be used as the basis for public policy making, including in the education sector. The purpose of this article is to explore how the application of the value of social justice found in the fifth precept of Pancasila can serve as a strategy to reduce disparities in access to and quality of education in Indonesia. The approach used in this research is through a literature study involving various scholarly articles, government policies, and related official documents. The findings of this study show that inequality in education in Indonesia is still very significant, especially between urban and rural areas, as well as between high and low economic groups. The value of social justice in Pancasila requires a fair distribution of education resources, affirmative policies to support vulnerable groups, and an overall improvement in the quality of education. This study recommends that policies taken should favor the principle of substantive justice, as a real form of applying the values of Pancasila in the national education system.
Keywords: Pancasila, social justice, educational inequality, education acces
Full Text:
PDFReferences
Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode penelitian pendidikan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas. Erhaka Utama.
Agusta, R. M., Muttaqin, A., & Hidayat, S. (2024). PERAN GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN FILSAFAT PENDIDIKAN PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 284-297.
Aqiilah, I. N., & Najicha, F. U. (2023). Peran Keadilan Sosial Dalam Mengatasi Kesenjangan Sosial: Evaluasi Terhadap Realisasi Sila Kelima Pancasila. Researchgate, Surakarta: Desember.
Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter. Gema Keadilan, 9(3), 186-198.
Asrori, M. A. R. (2017). Integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter dan budaya bangsa yang berbasis pada lingkungan sekolah. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1).
Basanda, N. F. P., Zahrok, F., Maharani, A. K., Masruroh, N., & Abdullah, A. H. D. (2024). STRATEGI PENERAPAN SILA KELIMA PANCASILA UNTUK PENDIDIKAN BERKEADILAN: STUDI KASUS ANAK TIDAK SEKOLAH DI PAPUA. Lentera Ilmu, 18-25.
Estiningjati, W., Umayah, U., Budiarti, W. N., Riwanto, M. A., Dwiyanti, A. N., Winandika, G., & Wulandari, M. P. (2024, November). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan untuk Meningkatkan Literasi Numerasi di SD dan Menciptakan Kurikulum Merdeka Yang Berkualitas. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 5, No. 1, pp. 211-225).
Lestari, P., Sunarto, S., & Cahyono, H. (2020). Implementasi nilai-nilai pancasila pada sila kelima dalam pembelajaran. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(2), 130-144.
Makmur, A., Amalia, M., & Mulyana, A. (2024). Tantangan Hukum Dalam Mengatasi Kesenjangan Sosial. Jurnal Kepastian Hukum Dan Keadilan, 6(1), 1-17.
Putri, R. T. U., Kristanto, A., Karwanto, K., Roesminingsih, E., & Hariyati, N. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Journal of Education Research, 5(3), 2523-2529.
Ria, U. A. (2021). Penerapan Sila Kelima Pancasila Dalam Membentuk Sikap Peduli Sosial Bagi Siswa SDN Kaligunting 01 Kabupaten Madiun (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Sui-Ni, N. (2023). Peran Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Menyediakan Pendidikan Dasar Bermutu untuk Mewujudkan Visi Indonesia 2045. arXiv preprint arXiv:2302.12837.
Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma'arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18-22.
Wijayati, I. W., Damanik, F. H. S., & Prawirosastro, C. L. (2025). Kesenjangan Akses Pendidikan di Daerah Terpencil: Analisis Kebijakan dan Alternatif Solusi. Journal Scientific of Mandalika (JSM) e-ISSN 2745-5955| p-ISSN 2809-0543, 6(3), 671-677.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.