SLR: ANALISIS PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan bimbingan dan konseling karir terhadap kesiapan kerja siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui pendekatan studi literatur. Dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin ketat, kesiapan kerja siswa tidak hanya ditentukan oleh keterampilan teknis, tetapi juga oleh aspek non-teknis seperti efikasi diri, motivasi, dan kejelasan tujuan karir. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber ilmiah yang relevan dari baik jurnal nasional maupun internasional publikasi dari 5 tahun terakhir, penelitian ini juga memanfaatkan teknik content analys untuk menelaan isi literatur secara lebih sistematis. Hasil kajian menunjukkan bahwa layanan bimbingan karir yang terstruktur, berkelanjutan, dan kontekstual mampu meningkatkan kesiapan kerja siswa secara signifikan. Faktor-faktor yang mendukung efektivitas layanan ini mencakup kompetensi guru BK, program yang sistematis, dukungan manajemen sekolah, integrasi kurikulum, serta kolaborasi aktif dengan dunia industri. Namun, pelaksanaannya masih menghadapi berbagai kendala seperti minimnya pelatihan guru, keterbatasan sarana, dan kurangnya kolaborasi sekolah dengan dunia usaha. Studi ini menyarankan perlunya penguatan strategi implementasi layanan bimbingan karir untuk menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.
Kata kunci: Bimbingan Karir, Konseling karir, Kesiapan kerja, Siswa SMK
Abstract
This study aims to analyze the influence of career guidance and counseling services on the work readiness of Vocational High School (SMK) students through a literature study approach. In facing increasingly tight competition in the world of work, students' work readiness is not only determined by technical skills, but also by non-technical aspects such as self-efficacy, motivation, and clarity of career goals. This study uses a literature study approach by reviewing various relevant scientific sources from both national and international journals published in the last 5 years, this study also utilizes content analysis techniques to examine the contents of the literature more systematically. The results of the study indicate that structured, sustainable, and contextual career guidance services can significantly improve students' work readiness. Factors that support the effectiveness of this service include the competence of BK teachers, systematic programs, school management support, curriculum integration, and active collaboration with the industrial world. However, its implementation still faces various obstacles such as minimal teacher training, limited facilities, and lack of school collaboration with the business world. This study suggests the need to strengthen the implementation strategy of career guidance services to bridge the gap between the world of education and the world of work.
Keyword: Career Guidance, Career Counseling, Job Readiness, Vocational High School Students
Full Text:
PDFReferences
Amalia, P. I., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, efikasi diri dan minat kerja terhadap kesiapan kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 907-922.
Arifin, B., & Mu'id, A. (2024). Pengembangan kurikulum berbasis keterampilan dalam menghadapi tuntutan kompetensi abad 21. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118-128. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i2.23.
Astuti, B., & Purwanta, M. S. P. D. E. (2020). Bimbingan Karier untuk meningkatkan Kesiapan karier. UNY Press.
Cahyaningrum, D., & Martono, S. (2018). Pengaruh praktik kerja industri, bimbingan karir, penguasaan soft skill, dan kompetensi kejuruan terhadap kesiapan kerja siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1193-1206.
Dewanto, P. A., & Hadi, M. S. (2022). Problematika SMK dalam menghadapi industrialisasi: Degradasi keterampilan dan dilema posisionalitas.
FEBI, A. W. (2025). IMPELEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENGEMBANGKAN MINAT KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK PERSADA BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Hidayat, D. R., Cahyawulan, W., & Alfan, R. (2019). Karier: Teori dan aplikasi dalam bimbingan dan konseling komprehensif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Hidayatulloh, M. K. Y., & Rahmadyanti, S. M. E. (2019). Pengaruh Kreativitas, Motivasi Kerja, dan Prakerin terhadap Mapel Produktif dan Kesiapan Kerja. JVTO Jurnal Vokasi dan Teknik Otomotif Volume I Nomor 02 Juli 2019.
Holiah, I. (2022). Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Eduvis, 7(1), 84-96.
Huda, M. (2021). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Agama Islam di SMA Islam. Turatsuna: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 3(1), 139-160.
Juwitaningrum, Ita. "Program bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK." PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling 2.2 (2013): 132-147.
Kemdikbud. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Vokasi Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kusnaeni, Y., & Martono, S. (2016). Pengaruh persepsi tentang praktik kerja lapangan, informasi dunia kerja dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Economic Education Analysis Journal, 5(1).
Madisa, D., Supriatna, M., & Saripah, I. (2022). Program Bimbingan Karir dalam Mengembangkan Perencanaan Karir Siswa. Psychocentrum Review, 4(3), 320-332. https://doi.org/10.26539/pcr.431192
Nasution, H. S., & Abdillah, A. (2019). Bimbingan Konseling: Konsep, Teori Dan Aplikasinya.
Permatasari, D. A., Irhamni, G., & Susanto, D. (2018). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik SMP Negeri 1 Padang Batung. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1), 8-12.
Pratama, Y. (2018). Hubungan praktik kerja industri dengan kesiapan kerja siswa SMK Negeri 1 Cibinong Kelas XII kompetensi keahlian teknik gambar bangunan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Rahmawati, W. K., & Ahmad, A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Minat Kerja dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 46-52.
Rojaki, M., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Manajemen kerja sama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6337-6349.
Sari, P. P., & Sontani, U. T. (2021). Kontribusi prestasi belajar mata pelajaran produktif dan bimbingan karier terhadap kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 6(1), 32-46.
Sulaeman, Z. M., Nurlaeli, A., & Ma'shum, S. (2024). Implemetasi Kurikulum Pusat Keunggulan Melalui Program Magang Industri di SMK 1 Cikarang Selatan. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 29-35.
Wulandari, A. K., & Prajanti, S. D. W. (2017). Pengaruh praktik kerja lapangan, bimbingan karir, dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Karanganyar di Kabupaten Kebumen. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 131-139.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.