PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Abstract
Abstrak
Pendidikan diartikan sebagai hal yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, tanpa pendidikan keinginan manusia tidak akan tercapai. Rendahnya motivasi belajar dan kepercayaan diri sering kali menjadi penghambat utama dalam pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Peningkatan potensi ini dapat diatasi melalui bimbingan dan konseling. Penelitian ini penting untuk dilakukan guna memahami dan mengkaji secara mendalam peran bimbingan dan konseling dapat berkontribusi dalam peningkatan motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur review. Metode pengumpulan data meliputi identifikasi, analisis, kemudian kategorisasi, klasifikasi serta deskripsi. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menerapkan triangulasi sumber, yaitu dengan membandingkan dan mencocokkan ide-ide dari berbagai artikel dan jurnal yang telah ada sebelumnya. Adapun pengertian dari bimbingan dan konseling yakni sebuah layanan yang dilakukan secara terstruktur, objektif, dan berkesinambungan oleh konselor untuk memfasilitasi perkembangan individu, mampu mengatasi masalah pribadi, sosial, belajar, dan karier serta mampu meningkatkan kepercayaan diri sehingga dapat mencapai kesejahteraan hidup dan perkembangan optimal. Melalui layanan yang terarah dan sistematis, konselor sekolah dapat membantu siswa mengenali potensi diri, mengatasi hambatan belajar, serta membangun sikap positif terhadap proses pendidikan. Dengan meningkatnya motivasi dan kepercayaan diri, siswa lebih mampu menghadapi tantangan akademik dan sosial secara efektif, sehingga mendukung pencapaian prestasi belajar yang optimal.
Kata kunci: Bimbingan_1, Konseling_2, Motivasi belajar_3, Kepercayaan diri siswa_4.
Abstract
Education is defined as something that is very useful for human life, without education human desires will not be achieved. Low learning motivation and self-confidence are often the main obstacles in achieving educational goals in schools. Increasing this potential can be overcome through guidance and counseling. This research is important to understand and examine in depth the role of guidance and counseling can contribute to increasing students' learning motivation and self-confidence. This research uses the literature review method. Data collection methods include identification, analysis, then categorization, classification and description. o ensure the validity of the data, this research. The definition of guidance and counseling is a service that is carried out in a structured, objective, and sustainable manner by counselors to facilitate individual development, be able to overcome personal, social, learning, and career problems and be able to increase self-confidence so as to achieve life welfare and optimal development. Through directed and systematic services, school counselors can help students recognize their potential, overcome learning obstacles, and build a positive attitude towards the educational process. With increased motivation and self-confidence, students are better able to face academic and social challenges effectively, thus supporting optimal learning achievement.
Keyword: Guidance_1, Counseling_2, Learning Motivation_3, Student self-confidence_4
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N., & Nasution, F. (2023). Peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mengembangkan kepercayaan diri dan kesejahteraan (well being) siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 368-380.
Anggyanna, R. (2018). Pemberian Layanan Informasi oleh Guru BK untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi, 4(1), 1-9.
APRI, Y. (2024). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI MTS AL-KHARIYAH TALANG PADANG TANGGAMUS (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Aziz, Q., Astuti, I., & Yuline. (2023). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Bimbingan, 5(2), 45-58.
Failasufah, F. (2016). Efektivitas Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Man YOGYAKARTA III). Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(1), 18-40. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.131-02.
Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68.
Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX di Smp Negeri 2 Toma Tahun Pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123-133.
Habsy, B. A. (2017). Filosofi ilmu bimbingan dan konseling Indonesia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 1-11.
Hasibuan, A. D., Dalimunthe, D., Harahap, M. S., Ramadhan, M. F., & Siregar, S. I. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD di Brandan Timur Baru. Jurnal Online Edukasi.
Hikmawati, F. (2016). Bimbingan dan konseling. Rajawali Press.
Ibrahim, M. (2019). Strategi Layanan Konseling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Konseling Indonesia, 3(1), 20-35.
Lesmana, G. (2022). Bimbingan dan Konseling Belajar. Prenada Media.
Listari, D. A., & Rabbani, M. F. (2024). Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Global Futuristik, 2(1), 9-16. https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i1.312.
Listari, D. A., & Rabbani, M. F. (2024). Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Global Futuristik, 2(1), 9-16.
Ningrum, S., & Wiryosutomo, H. W. (2020). Penerapan konseling kelompok realita untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal BK UNESA, 11(2), 158-162.
Novita, L. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 92-96.
Parida, D., AS, E. E., Satriah, L., & Miftahudin, U. (2024). Penerapan Konseling Individu Dengan Komunikasi Terapeutik Islami Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(2), 105-112. http://dx.doi.org/10.24014/ittizaan.v7i2.32301.
Radenintan. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Riyanti, R. (2019). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII MTS Masyariqul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
SURIATI, S., MULKIYAN, M., & NUR, M. J. (2020). Teori & Teknik Bimbingan dan Konseling.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.