SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: KOMPARASI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE STAD DAN STRATEGI TRADISIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengkaji apakah strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dibandingkan dengan metode pengajaran tradisional. Perbandingan dilakukan antara dua kelas yang berbeda: kelas eksperimen yang menggunakan model STAD dan kelas kontrol yang menggunakan instruksi konvensional. Melalui tinjauan sistematis terhadap 20 studi yang diterbitkan dari tahun 2019 hingga 2024, hasil penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa strategi STAD menghasilkan pencapaian belajar matematika yang lebih tinggi secara signifikan. Kelas eksperimen yang menerapkan STAD menunjukkan peningkatan hasil belajar rata-rata antara 10% hingga 25% dibandingkan kelas kontrol. Faktor-faktor utama yang mendukung efektivitas STAD meliputi keterlibatan kolaboratif siswa, kualitas bahan ajar, dan keterampilan guru dalam memfasilitasi pembelajaran. Namun demikian, tantangan seperti keterbatasan pelatihan guru dan kurangnya integrasi media digital juga ditemukan. Temuan ini menunjukkan bahwa STAD merupakan pendekatan yang lebih efektif dibandingkan metode tradisional dalam meningkatkan hasil belajar matematika serta menekankan pentingnya pengembangan guru dan inovasi pembelajaran.
Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD_1, pengajaran tradisional, hasil belajar matematika_2, studi eksperimen_3.
Abstract
This study examines whether the cooperative learning strategy of the Student Teams Achievement Divisions (STAD) is more effective in improving students’ mathematics learning outcomes compared to traditional teaching methods. The comparison was conducted between two different classes: an experimental class using the STAD model and a control class using conventional instruction. Through a systematic review of 20 studies published from 2019 to 2024, the results consistently show that the STAD strategy leads to significantly higher student achievement in mathematics. The experimental classes applying STAD demonstrated an average improvement of 10% to 25% in learning outcomes over the control classes. Key factors supporting STAD’s effectiveness include collaborative student engagement, quality of instructional materials, and teacher facilitation skills. However, challenges such as limited teacher training and lack of digital media integration were noted. These findings suggest that STAD is a more effective approach than traditional methods for enhancing mathematics achievement and highlight the importance of teacher development and instructional innovation.
Keywords: cooperative learning type STAD_1, traditional teaching, mathematics achievement_2, experimental study_3.
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Junarti, J., & Zuhriah, F. (2023). Profil literasi matematis dan gaya belajar matematika di sekolah dasar. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 205–214.
Arifin, M., Nugroho, H., & Sari, P. (2021). Pengaruh penggunaan LKS berbasis model STAD terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 134–145.
Arifin, M., Suryadi, D., & Sutama, I. (2021). Penerapan model pembelajaran STAD berbasis LKS untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 54–60.
Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi pembelajaran matematika berdasarkan karakteristik siswa sekolah dasar. Emasains, 9(1), 1–8.
Boell, S. K., & Cecez-Kecmanovic, D. (2015). A hermeneutic approach for conducting literature reviews and literature searches. Communications of the Association for Information Systems, 37(1), 12.
Boell, S. K., & Cecez-Kecmanovic, D. (2015). On being ‘systematic’ in literature reviews in IS. Journal of Information Technology, 30(2), 161–173. https://doi.org/10.1057/jit.2014.26
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Cuhanazriansyah, M. R., Junarti, J., & Cahyaningrum, Y. (2023). Implementasi Wordwall sebagai upaya peningkatan minat siswa pada era sociality 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 249–266.
Emda, A. (2023). Etnosains strategi pembelajaran berbasis budaya dan kearifan lokal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 106–116.
Hidayah, A., Suriyah, P., & Irhadtanto, B. (2024, July). Analisis kemampuan pemecahan masalah dengan berbagai tingkat kreativitas siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA (Vol. 2, No. 1, pp. 387–395).
Hidayati, R., Nasution, S., & Putri, L. (2022). Efektivitas model STAD dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 85–91.
Hidayati, R., Sari, D., & Santoso, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar matematika materi perbandingan pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 45–54.
Higgins, J. P. T., & Green, S. (2011). Cochrane handbook for systematic reviews of interventions (Version 5.1.0). The Cochrane Collaboration. https://training.cochrane.org/handbook
Kitchenham, B. (2007). Guidelines for performing systematic literature reviews in software engineering (Technical Report EBSE-2007-01). Keele University and University of Durham.
Lestari, D., & Putra, A. M. (2023). Analisis komparatif efektivitas model pembelajaran kooperatif STAD dan TGT terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 45–53.
Lestari, S., & Putra, M. A. (2023). Pengaruh model STAD terhadap hasil belajar matematika dengan moderasi kesiapan siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 66–75.
Lestari, W. (2015). Efektifitas strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).
Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P. A., Clarke, M., Devereaux, P. J., Kleijnen, J., & Moher, D. (2009). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate health care interventions. PLoS Medicine, 6(7), e1000097. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1000097
Masloman, A. A. D., Tilaar, A. L., & Wenas, J. R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 3 Tomohon. Jurnal Sains Riset, 14(1), 10-15.
Petersen, K., Feldt, R., Mujtaba, S., & Mattsson, M. (2015). Systematic mapping studies in software engineering. Information and Software Technology, 52(10), 1051–1061.
Petersen, K., Vakkalanka, S., & Kuzniarz, L. (2015). Guidelines for conducting systematic mapping studies in software engineering: An update. Information and Software Technology, 64, 1–18. https://doi.org/10.1016/j.infsof.2015.03.007
Pope, C., Mays, N., & Popay, J. (2007). Synthesizing qualitative and quantitative health evidence: A guide to methods. McGraw-Hill Education.
Putra, A. D., Septiana, D., Fatmawati, I., & Cuhanazriansyah, M. R. (2025). Pemanfaatan media rangkaian digital untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 6(1), 344–354.
Ramadhani, D., Nurfadilah, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh model STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 72–78.
Ramadhani, F., Yusuf, M., & Dewi, A. (2020). Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pecahan kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 89–98.
Rohmah, S. N. (2021). Strategi pembelajaran matematika. UAD Press.
Saragih, A. A. W. (2020). Analisis Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa Sistem Informasi UIN Sumatera Utara Menggunakan Standar Sconul (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Sari, N. R., Wulandari, T., & Rahmawati, F. (2021). Kesulitan belajar matematika pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(1), 38–44.
Suci, D. W., & Taufina, T. (2020). Peningkatan pembelajaran matematika melalui strategi berbasis masalah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 505–512.
Sudarsana, I. K. G. (2021). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(1), 176-186.
Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan model pembelajaran stad terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344-350.
Tranfield, D., Denyer, D., & Smart, P. (2003). Towards a methodology for developing evidence‐informed management knowledge by means of systematic review. British Journal of Management, 14(3), 207–222. https://doi.org/10.1111/1467-8551.00375
Ulya, H. (2017). Permainan tradisional sebagai media dalam pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 6, No. 11, pp. 371–376).
Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah matematika: Alternatif strategi pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89–110.
Wulandari, T., Hasanah, R. U., & Fadillah, D. T. (2024). Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa: Systematic Literature Review. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 350-359.
Zainudin, M., & Puspananda, D. R. (2015). Efektivitas Direct Instruction dengan involving students in self-and peer evaluation terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Varidika, 27(2), 192–199.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.