STRATEGI MENGATASI PERBEDAAN PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XI DKV
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi terperinci tentang metode yang digunakan untuk mengatasi kesenjangan pemahaman matematika di antara siswa kelas XI DKV SMK Koperasi Yogyakarta. Siswa kelas XI DKV SMK Koperasi selama tahun ajaran 2024–2025 menjadi subjek penelitian. Teknik triangulasi—metode observasional yang berupaya memeriksa pertukaran pembelajaran dan reaksi siswa selama proses pembelajaran—merupakan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. wawancara dengan tujuan untuk memeriksa perspektif dan pengalaman mereka dengan pendidikan matematika. Menggunakan dokumentasi yang berupaya untuk menyelidiki lebih jauh proses pembelajaran adalah pilihan lain. Penelitian ini menunjukkan bahwa setelah teknik tersebut dipraktikkan, terdapat variasi dalam cara siswa kelas XI DKV memahami matematika. Siswa menunjukkan peningkatan minat terhadap materi pelajaran dan lebih terlibat dalam pendidikan mereka. Selain itu, temuan evaluasi menunjukkan kenaikan 15% dalam nilai rata-rata. Hal ini menunjukkan bahwa ketika diberikan tugas asli dan konteks visual, siswa lebih mampu memahami materi pelajaran.
Kata kunci: Matematika_1, perbedaan pemahaman_2, DKV_3, strategi diferensiasi_4, pembelajaran kontekstual_5, evaluasi autentik_6.
Abstract
This study aims to provide a detailed description of the methods used to address the disparities in mathematical comprehension among students in class XI at DKV SMK Koperasi Yogyakarta. Students in class XI DKV at SMK Koperasi during the 2024–2025 academic year served as the study's subjects. The triangulation technique—an observational method that seeks to examine learning exchanges and student reactions during the learning process—was the data collection method employed in this investigation. interviews with the goal of examining their perspectives and experiences with mathematical education. Using documentation that seeks to delve further into the learning process is another option. This study demonstrates that once the technique was put into practice, there were variations in the way that students in class XI DKV understood mathematics. Pupils exhibit increased interest in the subject matter and are more engaged in their education. Additionally, the evaluation's findings indicate a 15% rise in the average value. This demonstrates that when provided with genuine tasks and a visual context, students are better able to comprehend the subject.
Keyword: Mathematics_1, differences in understanding_2, DKV_3, differentiation strategies_4, contextual learning_5, authentic evaluation_6.
Full Text:
PDFReferences
Dhanesti, S., Wulandari, A. A., & Pardiastuti, Y. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi trigonometri. Absis: Mathematics Education Journal, 6(1), 33–42.
Nasika, D. S., Handayanto, A., & Albab, I. U. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dalam memecahkan masalah matematika pada siswa kelas XI ditinjau dari gaya belajar. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9.
Rachim, S., Hariandi, A., & Noviyanti, S. (2021). Strategi guru dalam mengatasi miskonsepsi muatan pembelajaran matematika materi pecahan pada pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar. Repository Universitas Jambi.
Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain didaktis penalaran matematis untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SMP pada luas dan volume limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135–146.
Fuadiah, N. F. (2021). Optimalisasi desain didaktis materi pemahaman konsep perbandingan nilai melalui identifikasi dan penanganan learning obstacle. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 12(1), 25–34
Setiawan, A., Andani, C., Prawanti, D. A., & Destiana, F. (2022). Analisis assessment dalam strategi pembelajaran diferensiasi kelas XI di SMK Negeri 51 Jakarta. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika.
Zuhriyah, A., & Nurimani, N. (2021). Pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMK. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 1–7.
Widyastuti, S. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika. Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat.
Raisah, A., Al-Farizy, A. M., Dewi, K., Fikri, M., Maulana, M. I., Sriwardani, N., & Saputra, T. W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah menengah kejuruan (SMK). Nozel: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(1), 1–10.
Huda, S., Melindah, V., & Syifa, H. (2023). Perancangan pembelajaran berdiferensiasi di SMK. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 190–210.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.