IDENTIFIKASI FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Aulia Artha Widya Pradika

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan turunnya minat belajar matematika siswa dengan fokus pada aspek motivasi. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran penting sering dianggap sulit, sehingga menimbulkan sikap negatif siswa yang berdampak pada penurunan minat belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek seorang siswa kelas IX SMP yang dipilih secara purposive berdasarkan kriteria rendahnya motivasi belajar matematika. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan angket, yang dianalisis menggunakan metode analisis tematik untuk mendalami pengalaman dan persepsi siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya minat belajar dipengaruhi oleh faktor internal, seperti kesulitan memahami materi, kurangnya keberanian bertanya, ketergantungan pada contoh, serta strategi belajar yang tidak efektif. Faktor eksternal seperti metode pengajaran yang monoton dan kurangnya dukungan dari orang tua juga berkontribusi. Temuan ini diharapkan memberikan wawasan untuk membantu guru, orang tua, dan sekolah dalam meningkatkan motivasi dan minat siswa terhadap pelajaran matematika.

 

Kata kunci: Matematika, Minat Belajar, Motivasi Siswa, Strategi Belajar, Pendidikan

 

 

Abstract

This study aims to identify the factors contributing to the decline in students' interest in learning mathematics, with a focus on motivational aspects. Mathematics, as one of the essential subjects, is often perceived as difficult, leading to negative student attitudes that impact their interest in learning. The study employs a qualitative approach, with the subject being a ninth-grade junior high school student selected purposively based on low motivation in learning mathematics. Data were collected through semi-structured interviews and questionnaires, and analyzed using thematic analysis to explore the student's experiences and perceptions. The results indicate that the decline in interest is influenced by internal factors such as difficulty in understanding the material, lack of confidence to ask questions, dependence on examples, and ineffective learning strategies. External factors such as monotonous teaching methods and lack of parental support also contribute. These findings are expected to provide insights to help teachers, parents, and schools improve students' motivation and interest in learning mathematics.

 

Keyword: Mathematics, Learning Interest, Student Motivation, Learning Strategies, Education

 


Full Text:

PDF

References


Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 SIRANG SETAMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.408

Hoerudin, C. W. (2022). IMPLEMENTASI MODEL TIPOLOGI INTERAKSI UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS ONLINE. Research and Development Journal of Education, 8(1), 242. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12436

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202.

Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Sulistyowati, F., & Arigiyati, T. A. (2021). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. https://www.researchgate.net/publication/357662573

Mega Putri, F., Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, J., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Mahmud Yunus Batusangkar, U. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Nageri 12 Baruh-Bukit Factors Causing the Low Interest of Students in Learning Mathematics Class VI elementary School Nageri 12 Baruh-Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) Februari, 2023, 3(1), 66–77. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.1346

Moriska Alanise. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN NTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VI SDN SERANG 20. https://repository.upi.edu/117501/2/S_PGSD_1902719_Chapter1.pdf

Nirtha, E., Au Hurit, A., Purwanty, R., Musamus, U., Artikel, H., Numerasi, L., Belajar, M., Belajar, M., & Mahasiswa, N. (2024). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR NUMERASI MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar |, 5(2). https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i2

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 4 GUMIWANG. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Rachmantika Arfika. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Sarani, F. R., Sulistyowati, F., Sukiyanto, S., Ayuningtyas, A. D., & Kuncoro, K. S. (2024). PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA FUNGSI EKSPONEN SISWA KELAS X BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN Corresponding Author *. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(2).

Rosy, B. (2015). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH (Vol. 160). https://www.academia.edu/download/51525259/17_Brillian_Rosy.pdf

Sandri, D., Sjech, U., Djamil, M., Bukittinggi, D., Isnaniah, I., Smpn, T. T., & Lingkung, E. (2023). ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Vol. 2, Issue 1).

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.992

Siagian, F., & Eva, R. (2012). PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERRHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. https://www.academia.edu/download/33817195/Roida-3.pdf

Soviawati, E. (2011). PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR SISWA DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. https://www.academia.edu/download/31506577/9-EviSoviawati-edit.pdf

Wardani, I. K., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). HUBUNGAN ANTARA PERAN GURU DENGAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI (Vol. 9, Issue 4). https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). PERMASALAHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 271–277. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.187

Zuschaiya, D. (2024). Faktor yang Memengaruhi Minat dan Kesulitan Belajar Matematika Siswa Tingkat Sekolah Dasar. 2(01), 41–49. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.