PENURUNAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII KARENA PENGGUNAAN HANDPHONE
Abstract
Abstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menganalisis dampak penggunaan handphone terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII SMP. Subjek penelitian adalah seorang siswa yang dipilih melalui teknik purposive sapling. Pemilihan siswa didasarkan pada kriteria kebiasaan penggunaan handphone yang tinggi serta adanya indikasi penurunan minat belajar matematika. Data dikumpulkan wawancara mendalam dengan siswa dan orang tua serta angket untuk mengukur tingkat minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan handphone yang berlebihan mengakibatkan penurunan minat belajar siswa terhadap matematika. Faktor-faktor seperti gangguan notifikasi, kurangnya pengaturan waktu, dan motivasi belajar yang rendah menjadi penyebab utama. Penelitian ini memberikan rekomendasi berupa peningkatan kesadaran siswa dalam manajemen waktu. Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, serta metode pengajaran yang lebih menarik dari guru. Langkah-langkah ini diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan minat belajarnya dalam mata pelajaran matematika.
Kata kunci: Penelitian kuantitatif_1, Studi kasus_2, Handphone_3, Minat belajar_4, Siswa_5, Matematika_6.
Abstract
This study employs a qualitative approach with a case study method to analyze the impact of mobile phone use on the interest in learning mathematics among seventh-grade junior high school students. The research subject is a student selected through purposive sampling. The selection was based on criteria such as high mobile phone usage habits and indications of a decline in interest in learning mathematics. Data were collected through in-depth interviews with the student and parents, as well as questionnaires to measure the student's interest in learning. The results of the study indicate that excessive mobile phone use leads to a decreased interest in learning mathematics. Factors such as notification distractions, poor time management, and low learning motivation are the main causes. This study offers recommendations including increasing students' awareness of time management, fostering good communication between parents and children, and employing more engaging teaching methods by teachers. These steps are expected to help students improve their interest in learning mathematics.
Keyword: Qualitative research_1, Case study_2, Handphone_3, Learning interest_4, Student_5, Mathematics_6.
Full Text:
PDFReferences
Amanda Vivi Sefianti, Hawa, A., & Alexei Blagov. (2023). Strategi Menjaga Kesehatan Mata Anak SD Di Era Digital. Janacitta, 6(2), 134–144. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2609
Andriyana, A. (2023). Dampak dan Tantangan Penggunaan Telepon Genggam di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal of Society and Development. https://doi.org/10.57032/jsd.v3i2.212
Anes Rizki1, Faras Sita Adilla2 , Rakmah3, D. H. (2016). KEMAMPUAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV MI AT-TAHZIB (Vol. 4, Issue 6).
Anis, H. (2022). Angket Minat Belajar. Hermananis.Com, 42–92. https://hermananis.com/angket-minat-belajar/
Ariandi, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model Pembelajaran PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 579–585. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21561
Fitriani, R., & Marlena, L. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Negeri di Kabupaten Pemalang. Universitas Swadaya Gunung Jati, 10(3), 536–547. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Euclid/article/view/8768
Kurnia, A., Kusuma, S. A., Rizka, A., Arimanda, Y., Lestari, N. D., Matematika, P. S., & Mataram, U. (2024). Penumbuhan Motivasi Belajar Serta Pengenalan Dampak Gadget pada Anak Sekolah Dasar. PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 198–208. https://doi.org/10.54259/pakmas.v4i1.2760
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
Maula, I., Pambudi, A. S., & Rohmah, Z. (2018). Perkembangan Matematika dalam Sejarah Peradaban Islam. 1(September), 115–119.
Narda, T., Efendy, R., & Herawaty, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Minat Siswa Dalam Belajar Matematika Di UPTD SMP Negeri 1 Barru. Jurnall Edumath, 13(2), 7–15.
Novia, N. A., Widyaningrum, N. endah, & ... (2024). Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Sikap Peserta Didik Kelas 5 Sd. Innovative: Journal Of …, 4, 8669–8678. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/11246%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/11246/7834
Putri novita, Y. (2017). p-ISSN 2406-8012 e-ISSN: 2503-3530 DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar, 4(1), 54–61.
Rifa’i, Y. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i1.155
Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1–10. https://osf.io/zd8n7/download
Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa Sd Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p41
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.