STRATEGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN TEOREMA PYTHAGORAS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh siswa dalam menyelesaikan permasalahan Teorema Pythagoras. Teorema Pythagoras merupakan konsep dasar dalam geometri yang sering digunakan dalam berbagai aplikasi matematika dan kehidupan sehari-hari. Meskipun rumus dasar Teorema Pythagoras tampak sederhana, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikannya, terutama dalam hal visualisasi geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat menyelesaikan soal matematika dengan benar secara matematis, tetapi kesulitan dalam menggambarkan diagram segitiga dan menghubungkan konsep-konsep geometris dalam bentuk visual. Kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya keterampilan visualisasi ruang dan pemahaman terhadap representasi geometris. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan keterampilan visualisasi dalam pembelajaran matematika agar siswa dapat lebih memahami dan menyelesaikan permasalahan Pythagoras secara menyeluruh.
Kata kunci: Teorema Pythagoras, strategi pemecahan masalah, visualisasi geometri, keterampilan visualisasi, pembelajaran matematika, siswa kelas X
Abstract
This study aims to explore the strategies used by students in solving Pythagoras Theorem problems. The Pythagorean Theorem is a fundamental concept in geometry that is frequently applied in various mathematical and everyday life contexts. Although the basic formula of the Pythagorean Theorem appears simple, many students experience difficulties in applying it, especially in terms of geometric visualization. This research uses a descriptive qualitative approach with seventh-grade students as the research subjects. Data were collected through written tests, interviews, and observations. The results showed that students could solve mathematical problems correctly in terms of calculations, but struggled to draw triangle diagrams and connect geometric concepts in visual forms. This difficulty was attributed to a lack of spatial visualization skills and understanding of geometric representations. Therefore, it is important to develop visualization skills in mathematics education so that students can better understand and solve Pythagorean Theorem problems comprehensively.
Keyword: Pythagorean Theorem, problem-solving strategies, geometric visualization, visualization skills, mathematics education, seventh-grade students.
Full Text:
PDFReferences
Andriawan, A., Setiawati, A. S., Sari, I. P., & Chotimah, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 559. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p559-568
Khoerunnisa, D., & Puspita Sari, I. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Teorema Phytagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1731–1742. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1731-1742
Lala Intan Komalasari. (2022). Integrasi Sejarah Matematika dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Aljabar Siswa SMP. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.51518/lentera.v4i1.68
Malihatus, R., Ramadhani, Z., Jember, U., Jember, U., Jember, U., Wihardjo, E., & Jember, U. (2024). Penerapan Teori Vygotsky dalam Pembelajaran Trigonometri ( Phytagoras ) di Jenjang SMP Penerapan Teori Vygotsky dalam Pembelajaran Trigonometri ( Phytagoras ) di Jenjang SMP Abstrak. December.
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. Ar. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 385–392. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.385-384
Muhammad Naufal Faris, Saida Ulfa, H. P. U. (2019). Pembuktian Teorema Pythagoras Berbasis Visual. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 6(1), 8–14.
Rahayu, A., Laswadi, & Putra, A. (2024). Alur belajar perbandingan trigonometri dengan konteks bianglala. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 11–22. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21628
Ramdan, M. G. A. R., & Lessa Roesdiana. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 386–395. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1996
Rina, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2836–2845. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.870
Ritonga, E. D. S., & Hasibuan, L. R. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1341
Rohmani, D., Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90. https://doi.org/10.26737/var.v3i2.2401
Sihombing, K. M., Harefa, I., Situmorang, S. A., & Halomoan, B. (2025). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Alat Peraga Papan Triple Pythagoras. 09(December 2024), 223–236.
Siswiandini, V. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.31571/jipp.v2i2.6130
Vol, J., & Oktober, N. (2019). Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran PEMBUKTIAN TEOREMA PYTHAGORAS BERBASIS VISUAL. 6(1), 8–14.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.