ANALISIS KESALAHAN DAN KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT (PEMFAKTORAN)

Fatikhatun Nikmah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi persamaan kuadrat dengan metode pemfaktoran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas X dari salah satu SMK yang ada di Yogyakarta. Dari keseluruhan subjek tersebut, dipilih 3 siswa berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi menguasai konsep dengan baik, teliti, dan terbiasa berlatih sehingga dapat menyelesaikan soal dengan benar. Siswa dengan kemampuan sedang cenderung mengikuti langkah tanpa mengecek ulang dan masih menggunakan cara coba-coba, sehingga sering terjadi kesalahan awal. Siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan memahami konsep faktorisasi, menggunakan cara coba-coba, dan sering melakukan kesalahan konsep. Penelitian ini menunjukkan pentingnya pembelajaran yang menekankan pemahaman konsep, latihan terstruktur, serta pembiasaan verifikasi hasil untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada penguatan pemahaman konsep, pelatihan strategi penyelesaian soal, dan pembiasaan pemeriksaan hasil untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

 

Kata kunci : Kesulitan, Kesalahan, Persamaan Kuadrat Metode Pemfaktoran

Abstract

This study aims to analyze students' errors and difficulties in solving mathematics problems on the subject of quadratic equations using the factoring method. This research method uses descriptive research with a qualitative approach. This research was conducted in the even semester of the 2024/2025 academic year. The subjects in this study were 8 grade X students from one of the vocational schools in Yogyakarta. From all the subjects, 3 students were selected based on the categories of high, medium, and low abilities. Data were collected through tests, interviews, and documentation. The results of the study showed that students with high abilities mastered the concepts well, were thorough, and were accustomed to practicing so that they could solve problems correctly. Students with medium abilities tended to follow the steps of rechecking without repeating and still used the trial and error method, so that initial errors often occurred. Students with low abilities had difficulty understanding the concept of factorization, used the trial and error method, and often made conceptual errors. This study shows the importance of learning that emphasizes conceptual understanding, structured practice, and the habit of verifying results to improve the quality of mathematics learning in schools. Therefore, a learning approach is needed that focuses on strengthening conceptual understanding, training problem-solving strategies, and the habit of checking results to improve the quality of mathematics learning.

Keywords: Difficulty, Error, Quadratic Equation Factoring Method


Full Text:

PDF

References


Ananda, R. P., Sanapiah, S., & Yulianti, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Smpn 7 Mataram Dalam Menyelesaikan Soal Garis Dan Sudut Tahun Pelajaran 2018/2019. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 79. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1838

Aprilianti, I., Lestariningsih, L., & Lutfianto, M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 9(2), 9–17. https://doi.org/10.51836/je.v9i2.622

Arigiyati, T. A., Yumarsa, W., Novianti, E. W., & Kusumaningrum, B. (2021). Students Error Analysis In Exponential And Logarithmic Equations. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 3(2), 158–170. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v3i2.6312

Bete, H. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Higher Order Thinking (Hot) Pada Materi Aljabar. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.32938/jpm.v1i1.188

Cahyani, S. T., Ayuningtyas, A. D., Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., & Purnami, A. S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Soal Cerita dan Kaitannya dengan Minat Belajar Siswa. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 423–431.

Ellyana, R., Muhtarom, M., & Utami, R. E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 36–42. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8593

Famela, N., Sulistyowati, F., Kusumaningrum, B., Ayuningtyas, A. D., & Kuncoro, K. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan AKM berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 636–648.

Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA pada Pokok Bahasan Persamaan Trigonometri di Kampung Pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325–334. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1876

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639

Rambe, A. Y. F., & Arfi, L. D. (2020). Issn 2087-8249 e-issn 2580-0450. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187.

Sari, A. D., & Noer, S. H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Creative Problem Solving (Cps) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2017, 245–252. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/47

Sihafudin, & Tuhfatul Janan. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 160–169. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.484

Susilowati, D., & Farahsanti, I. (2024). Analisis Kemampuan Bernalar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Kuadrat ditinjau dari Gaya Berpikir. 6(5), 169–178.

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.