KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOLABORATIF DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Anisa Putri Damayanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana peran pembelajaran kolaboratif dapat memengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika di SMA PIRI 1 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas XI-FA yang dipilih secara purposive berdasarkan keaktifan dalam pembelajaran serta kesediaan untuk menjadi partisipan dalam wawancara dan observasi. Keenam siswa kelas XI-FA tersebut dikelompokkan ke dalam tiga kategori kemampuan, yaitu rendah, sedang, dan tinggi, yang masing-masing terdiri dari dua siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai teknik, seperti tes pemecahan masalah, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan interaksi antar teman menunjukkan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik. Sebaliknya, siswa yang kurang terlibat dalam kegiatan kolaboratif cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih rendah. Temuan ini menegaskan bahwa pembelajaran kolaboratif memberikan kontribusi penting dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Implikasi dari penelitian ini mendorong penerapan model pembelajaran kolaboratif secara sistematis dan terstruktur dalam kegiatan belajar mengajar matematika di tingkat SMA guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: pembelajaran kolaboratif, pemecahan masalah, matematika, studi kualitatif

 

 

Abstract

This study aimed to examine the role of collaborative learning in influencing students’ mathematical problem-solving abilities at SMA PIRI 1 Yogyakarta. A qualitative approach with a case study method was used. The research subjects consisted of six 11th-grade students from class XI-FA, selected purposively based on their active participation in the learning process and their willingness to be involved in interviews and observations. The students were categorized into three ability levels—low, medium, and high—with two students in each category. Data were collected through problem-solving tests, questionnaires, observations, interviews, and documentation. The results showed that students who actively participated in group discussions and peer interactions demonstrated better problem-solving skills. In contrast, students with low engagement in collaborative activities tended to show weaker problem-solving abilities. These findings confirmed that collaborative learning played a significant role in developing students’ problem-solving skills. The implication of this study encouraged the systematic and structured implementation of collaborative learning models in high school mathematics instruction to improve the quality of teaching and student learning outcomes.

 

Keywords: collaborative learning, problem-solving, mathematics, qualitative study

 


Full Text:

PDF

References


Ananta, A. S., Azis, Z., & Amri, Z. (2023). Pengaruh Free Discovery Learning dan Collaborative Inquiry pada Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 64–73.

Astria, R., Haji, S., & Sumardi, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di SMA Negeri 6 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(1), 56–68.

Dwi Rahma Putri, R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, Husna, E. N., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. SICEDU: Science and Education Journal, 1(2), 449–459.

Indriani, N., Aisyah, A. N., & Elok, F. N. (2021). Pembelajaran Satu Arah Menyebabkan Pembelajaran Matematika Tidak Bermakna. Jurnal Amal Pendidikan, 2(3), 196. https://doi.org/10.36709/japend.v2i3.23011

Isulis Marissa, E., & Agoestanto, A. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pendekatan Matematika Realistik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 219–230. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17399

Izzati, L., & Utami, R. (2024). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 10.

Judijanto, L., Hartati, T., Apriyanto, A., Pamangin, W. W., & Haluti, F. (2025). Pendidikan Abad 21:: Menyambut Transformasi Dunia Pendidikan di Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan kognitif dan implikasinya dalam dunia pendidikan. Madaniyah, 11(1), 1–14.

Mardiah, L. F., Kukuh, K., & Haryaka, U. (2018). Interaksi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas XII SMK Negeri 7 Samarinda. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 97–104.

Mencermati Hasil PISA Indonesia tahun 2022. (2023, December 6). Asa Dewantara. https://asadewantara.org/2023/12/06/mencermati-hasil-pisa-indonesia-tahun-2022/

Rahma, T. T., & Sutami, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Realistik dengan Langkah Polya Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1416–1426.

Rahmawati, S., Aini, L. N., Junaedi, I., & Kurniasih, A. W. (2025). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 338–345.

Septriansyah, A., Imamuddin, M., Apriyanti, D., & Pelitawaty, M. D. (2022). The Students’ Mathematical Problem Solving Skills in Solving HOTS Problems. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 134–144. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v5i2.1604

Siswanto, E. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8.

Syahputra, E. (2024). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Journal of Information System and Education Development, 2(4), 10–13.

Tri Cahyani, S., Deshinta Ayuningtyas, A., Kusumaningrum, B., Singgih Kuncoro, K., & Sri Purnami, A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Soal Cerita dan Kaitannya dengan Minat Belajar Siswa. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 423–4211.

Virliana, A. I. (2025). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Cara Berpikir Kritis. Jurnal Jendela Pendidikan, 5(01), 1–7.

Wawan, W., & Setiawan, A. (2021). Efektifitas Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online Terintegrasi E-Akademik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Terhadap Matematika. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(02).

Widianti, E. D., Pratiwi, H. D., & Patmah, P. (2024). Analisis Indikator Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 4(2), 331–336.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.