ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ROTASI TRANSFORMASI GEOMETERI DI SMK KELAS XI KEJURUAN

Patrisiana Intan Godat

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal rotasi pada materi transformasi geometeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif dengan tiga subjek yang dipilih secara purposive berdasarkan tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal rotasi yaitu tinggi, sedang dan rendah dari 15 siswa kelas XI yang berasal dari salah satu sekolah (SMK) di Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan pemahaman tinggi mampu menyelesaikan soal rotasi dengan baik meskipun sempat mengalami keraguan pada awalnya. Siswa dengan pemahaman sedang mengalami kesalahan konsep terkait nilai cos -180°, sementara siswa dengan pemahaman rendah mengalami kesalahan menyeluruh pada setiap langkah penyelesaian. Kesulitan umum yang ditemukan meliputi pemahaman nilai trigonometri sudut istimewa, pengoperasian matriks rotasi, kesalahan prosedural, dan pengungkapan jawaban akhir.

 

Kata Kunci: Rotasi, Transformasi Geometeri, Kesulitan Belajar, Matriks, Trigonometri.

 

 

Abstract

This study aims to analyze students' difficulties in solving rotation problems within the topic of geometric transformation. This research used a descriptive qualitative approach involving three subjects selected purposively based on their ability levels in solving rotation problems: high, medium, and low, from a group of 15 eleventh-grade vocational school students in Yogyakarta. Data were collected through observation, written tests, and in-depth interviews. The results showed that students with high understanding were able to solve the problems well, although they initially experienced confusion. Students with moderate understanding made conceptual errors related to the value of cos -180°, while students with low understanding exhibited overall errors at each step of the solution. Common difficulties included understanding trigonometric values of special angles, operating rotation matrices, procedural errors, and expressing final answers.

 

Keywords: Rotation, Geometric Transformation, Learning Difficulties, Matrix, Trigonometry.

 


Full Text:

PDF

References


Anwar, & Ramdan. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMA Negeri Dua Bau-Bau dalam Menyelesaikan Pokok Bahasan Transformasi Geometri. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika FKIP Unidayana, 5(1).

Arigiyati, T. A., Yumarsa, W., Novianti, E. W., & Kusumaningrum, B. (2021). Students Error Analysis In Exponential And Logarithmic Equations. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 3(2), 158–170. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v3i2.6312

Asmiwati, Nurhayati, & Masrusoh, A. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas XI SMKS Barunawati Pada Materi Transfromasi Geometri. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 4(4), 179–189.

Aulia E, I. R., Azizah, D., & Hoiriyah, D. (2023). Analysis of Student Difficulty in Solving Geometry Transformation Problems at UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 11(02), 271–278. https://doi.org/10.24952/logaritma.v11i02.10292

Bilah, S., Labuhan Batu, H., Noprianilubis, J., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4, 131–137. www.noveltyjournals.com

Famela, N., Sulistyowati, F., Kusumaningrum, B., Ayuningtyas, A. D., & Kuncoro, K. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan AKM berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 636–648.

Febrianti, A. N., Gembong, S., & Handayani, T. (2024). Analisis kesalahan siswa berbakat matematika dalam menyelesaikan soal transformasi geometri berdasarkan kriteria Watson. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13.

Indah Maulani, F., Setiawan, W., Siliwangi, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2021). Analisis Kekeliruan Siswa SMK Negeri di Kota Cimahi Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Transformasi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.729-738

Indah Maulani, F., & Sylviana Zanthy, L. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometeri. Jurnal Gammath, 5(1).

Kasmina, T. (2017). Matematika SMK/MAK Kelas XI (Kasmina| & Toali (eds.)). Penerbit Erlangga.

Kusumaningrum, B., Irfan, M., & Zainnur Wijayanto. (2020). Errors Analysis of Students in Solving Volume of the Solid of Revolution Problem in Term of Critical Thinking Aspects. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 119–132. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol5no2.2020pp119-132

Miranda, P., Prastiwi, L., & Sumartono. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Berdasarkan Teori Newman Dintinjau dari Gaya Belajar Siswa. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v5i2.410

Paulina, S. T., & Adirakasiwi, A. G. (2022). Analisis Kekeliruan dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah, 8.1, 84–94.

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630

Sari Putri, F., & Sumarni. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SMA Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Transformasi Geometri Berdasarkan Teori Newman. Journal in Mathematics Education, 3(1). https://doi.org/10.14421/polynom.2023.301.26-32

Septian, A., Widodo, S. A., Afifah, I. N., Nisa, D. Z., Putri, N. P. K., Tyas, M. D., Nisa, R. H., & Andriani, A. (2022). Mathematical Problem Solving Ability in Indonesia. Journal of Instructional Mathematics, 3(1), 16–25. https://doi.org/10.37640/jim.v3i1.1223

Sulistiowati, D. L., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Student difficulties in solving geometry problem based on Van Hiele thinking level. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042118

Taufiq, I., Nur Aly, B. F., & Sujadi, A. A. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Seyegan. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 135–144. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.4050

Trisna, T. A., Ikhsan, M., & Elizar, E. (2022). Abilities and Difficulties of Eight Grade Students in Solving Geometry Transformation Problems. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(4), 1724–1737. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i2.pp1724-1737

Wahyuni, S. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Pada Mata Pelajaran Transformasi Geometri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 4(1), 55–62. https://doi.org/10.30596/jmes.v4i1.13686

Wasilah, & Iltavia. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Transfromasi di Kelas XI MIPA SMAN 1 Kecamatan Kapur IX. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(1), 177–189.

Widodo, S. A., Hendrayanto, D. N., Wijayanto, Z., & Wahmad, W. (2021). Aplikasi Teori Newman: Bagaimana Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Geometri 3D? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 94. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3613

Widodo, S. A., Pangesti, A. D., Istiqomah, Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2020). Thinking Process of Concrete Student in Solving Two-Dimensional Problems. Mathematics Education Journal, 14(2), 117–128. https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.9460.117-128


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.