GAMBARAN RENDAHNYA KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MEMPELAJARI MATEMATIKA DI KELAS X SMK PENERBANGAN

Sevia Cahyaningrum

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji gambaran kepercayaan diri siswa dalam mempelajari matematika di kelas X SMK Penerbangan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas X-TPU 1 SMK Penerbangan Yogyakart yang dipilih berdasarkan hasil nilai matematika terrendah. Teknik pengumpulan data mencakup tes, angket, observasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kepercayaan diri yang rendah dalam mempelajari matematika. Hal ini tampak pada beberapa indikator kurangnya keyakinan terhadap kemampuan sendiri, ketergantungan pada bantuan guru atau teman, minimnya insiatif untuk mengemukakan pendapat, serta tida adanya konsep diri yang positif terhadap pembelajaran matematika. Faktor-faktor peyebab antara lain pengalaman belajar yang buruk, tekanan akademik, metode pengajaran yang tidak menarik, serta lingkungan belajar yang kurang suportif. Temuan ini menjadi dasar penting bagi para pendidik untuk merancang strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.

 

Kata kunci : Rendahnya Kepercayaan diri, Pembelajaran, Matematika.

 

 

Abstract

This study aims to examine the description of students' self-confidence in learning mathematics in class X of SMK Penerbangan and identify factors that affect students' low self-confidence in learning mathematics. This research was conducted using qualitative method with case study analysis research type. The research subjects consisted of six students of class X-TPU 1 SMK Penerbangan Yogyakart who were selected based on the results of the lowest math scores. Data collection techniques included tests, questionnaires, observations, interviews. The results showed that most students experienced low self-confidence in learning math. This can be seen in several indicators of lack of confidence in their own abilities, dependence on teacher or friend assistance, lack of initiative to express opinions, and no positive self-concept towards learning mathematics. Contributing factors include poor learning experiences, academic pressure, uninteresting teaching methods, and a less supportive learning environment. These findings provide an important basis for educators to design learning strategies that can increase students' self-confidence.

 

Keywords: low self-confidence, learning, mathematics.

 


Full Text:

PDF

References


Amrulloh, A., Aliyah, N. darajaatul, & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTS Darul Hikmah Langkap Burneh Bangkalan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(01), 188–200. https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.5656

Azizah, S. N., Sari, M. P., & Asrori, M. M. (2023). MAXIMA : Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Self Efficacy Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Siswa. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/maxima/

Fadholi, T., & Waluya, B. (2014). Unnes Journal of Mathematics Education Research ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN LITERASI SERTA KARAKTER SISWA SMK Info Artikel. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Fitra Ningsih, W., & Isnaria Rizki Hayati, dan. (2020). Nomor 2 Tahun 2020 Halaman 26-32. In JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education JOURNAL ON TEACHER (Vol. 1).

Fitrah Samsuddin, A., & Retnawati, H. (2022). Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika.

Hakim, R. N., Adirakasiwi, A. G., Karawang, U. S., Ronggo Waluyo, J. H., Timur, T., Karawang, K., & Barat, J. (2021). ANALISIS TINGKAT KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816

Kurnia Sari, R., Chan, F., Kurnia Hayati, D., Syaferi, A., & Sa, H. (2020). ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 80/I RENGAS CONDONG KECAMATAN MUARA BULIAN ANALYSIS OF THE LOW STUDENTS MOTIVATION IN THE SCIENCE LEARNING PROCESS IN SD NEGERI 08/I RENGAS CONDONG KECAMATAN MUARA BULIAN. In Journal of Biology Education Research (Vol. 1, Issue 2). Online. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz

Maulana Akmal, I. (2023). Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri Siswa dalam Mengemukakan Pendapat di Kelas.

Putri, P. D., & Aji Pradana, A. B. (2021). Analisis Peran Guru dan Orang tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Jam’iyyatul Ihsan Pakis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 367–373. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.224

Rahmadhani, L. I. P., & Mariani, S. (2021). Kemampuan Komputasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika SMP Melalui Digital Project Based Learning Ditinjau Dari Self Efficacy. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 289–297. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Rissita Sari, N., & Munawaroh, E. (2021). HUBUNGAN EFIKASI DIRI KREATIF DENGAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA KELAS XII SMK NEGERI se-SEMARANG SELATAN.

Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680–9694.

Sandri, D., Sjech, U., Djamil, M., Bukittinggi, D., Isnaniah, I., Smpn, T. T., & Lingkung, E. (2023). ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Vol. 2, Issue 1).

Sarnoto, A. Z., Romli, S., Dasar, S., Ainul, I., & Tangerang, Y. K. (2019). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 3 TANGERANG SELATAN (Vol. 1, Issue 1).

Sulistyowati, E. (2024). Model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. In Jurnal Teknologi Komunikasi Pendidikan (Vol. 15, Issue 2). https://ejournal.btkp-diy.or.id/

Ultra Gusteti, M. (n.d.). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KURIKULUM MERDEKA. 3(3), 2022. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3

Vandini, I. (2015). PERAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. In Jurnal Formatif (Vol. 5, Issue 3).

Wulandari, A., Nurcahya, A., Kadarisma, G., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2018). HUBUNGAN ANTARA SELF CONFIDENCE DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4).

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.