EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA APLIKASI GEOGEBRA PADA MATERI BARISAN DAN DERET GEOMETRI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi permasalahan pembelajaran matematika, khususnya dalam memahami materi barisan dan deret geometri, melalui pemanfaatan media berbasis aplikasi GeoGebra. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini berfokus pada pengalaman dan persepsi siswa serta guru terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi GeoGebra mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep barisan dan deret geometri secara signifikan. Siswa menjadi lebih mudah memahami konsep abstrak dalam barisan dan deret geometri melalui fitur visualisasi dan simulasi interaktif yang disediakan aplikasi ini. Selain itu, penggunaan GeoGebra juga membantu mengurangi kesenjangan teknologi dalam proses pembelajaran dengan mendorong siswa untuk lebih aktif menggunakan perangkat teknologi dalam belajar. Guru juga menyatakan bahwa aplikasi ini efektif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa GeoGebra merupakan media pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika, khususnya barisan dan deret geometri. Aplikasi ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa, tetapi juga menjadi alat bantu yang bermanfaat bagi guru dalam menyampaikan materi yang kompleks.
Kata kunci: Geometri, Hasil Belajar, GeoGebra
Abstract
This study aims to explore the issues in mathematics learning, particularly in understanding the topic of geometric sequences and series, through the use of the GeoGebra-based application. Using a qualitative approach, the research focuses on students' and teachers' experiences and perceptions regarding the use of educational applications to improve learning outcomes. Data were collected through interviews and observations. The findings show that the implementation of the GeoGebra application significantly enhances students' understanding of geometric sequence and series concepts. Students find it easier to grasp abstract concepts in geometric sequences and series through the visualization and interactive simulation features provided by the application. Additionally, the use of GeoGebra helps bridge the technological gap in the learning process by encouraging students to engage more actively with technology in their studies. Teachers also stated that the application is effective in creating more engaging, interactive, and student-relevant learning experiences. The study concludes that GeoGebra is an innovative learning medium that can improve the effectiveness of mathematics education, especially in the area of geometric sequences and series. The application not only provides an enjoyable learning experience for students but also serves as a useful tool for teachers in delivering complex material.
Keywords: Geometry, Learning Outcomes, GeoGebra
Full Text:
PDFReferences
Adam, S., & T.S, M. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 78–90. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/05/PrintJurnal Siti (05-09-13-03-29-59).pdf
Amir, M. T. (n.d.). Merancang kuesionera: konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian dan perilaku (2015th ed.). Prenada: Media Group. Social
Arbain, N., & Shukor, N. A. (2015). The effects of geogebra on students achievement. Procedia - and Behavioral Sciences, 172(2007), 208–214. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.356
Arikunto, S. (2008). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (2008th ed.).
Jakarta : Rineka Karya.
Bernard, M., & Sunaryo, A. (2020). Analisis motivasi belajar siswa MTs dalam pembelajaran matematika materi segitiga dengan berbantuan media javascript geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika , 4(1), 134–143. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.173
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis motivasi belajar matematika siswa SMA Bingkai Cendekia Cililin berbantuan aplikasi geogebra pada materi transformasi geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(1), 49–58. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58
Dewi, M., & Wawan, A. (2011). Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap, dan perilaku manusia. Cetakan II. Yogyakarta: Nuha Medika.
Eduardo, S., & Sirait, D. E. (2020). Pemanfaatan aplikasi geogebra dalam pembelajaran kalkulusi pada mahasiswa program studi pendidikan matematika, Universitas Timor. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 40– 47.
Ghozi, S. (2015). Penggunaan aplikasi geogebra dalam pembelajaran dan penyelesaian persoalan statistik. Industrial Research Workshop and National Seminar, 15– 22.
Hohenwarter, M., & Hohenwarter, J. (2011). Introduction to geogebra 4. https://research.shu.ac.uk/geogebra/GIS_Guides/Introduction to GeoGebra.pdf
Jabnabillah, F., & Reza, W. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi geogebra terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 94–100.
Jaya, M. R., & Fitriani, N. (2022). Analisis minat belajar siswa smp di cimahi pada materi bangun ruang sisi datar dengan berbantuan software geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran …, 5(3), 869–876. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.869-876
Liana, D. & Leonard. (2016). Pengembangan media belajar berbasis komputer dalam pembelajaran matematika SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp.122-131). FTMIPA Unindra.
Majerek, D. (2014). Application of geogebra for teaching mathematics. Advances in Science and Technology Research Journal, 8(24), 51–54. https://doi.org/10.12913/22998624/567
Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan program geogebra dalam pembelajaran matematika.
Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Nurseto, T. (2012). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Rudianto, Y., Sasongko, H. W., & Tamimuddin, M. (2017). Modul pengembangan keprofesian berkelanjutan. In Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (2017th ed.). Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sari, F. K., Farida, & Syazali, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran (modul) berbantuan geogebra pokok bahasan turunan. Al-jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135-152.
Slameto. (n.d.). Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya. In Pemikiran Islam di Malaysia: Sejarah dan Aliran (2010th ed.). PT. Rineka Cipta.
Supriyono. (2018). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat pelajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 44.
Susanti, R. D., & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas penggunaan edmodo dalam pelaksanaan ulangan harian matematika. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 9–16.
Wassie, Y. A., & Zergaw, G. A. (2019). Some of the potential affordances, challenges and limitations of using geogebra in mathematics education. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(8), 1-11.
Widyaningrum, Y. T., & Murwanintyas, C. E. (2012). Pengaruh media pembelajaran geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik fungsi kuadrat di kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2012/2013. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 10 November 2012, 103, 978–980.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.