FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA PIRI 1 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Motivasi belajar merupakan aspek penting dalam keberhasilan siswa, khususnya pada mata pelajaran matematika yang dikenal menuntut kemampuan berpikir logis dan abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar matematika pada siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian berjumlah 15 siswa, terdiri dari 8 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar berasal dari aspek internal, seperti rendahnya minat, kepercayaan diri, dan sikap negatif terhadap matematika, serta aspek eksternal berupa metode pengajaran yang monoton, lingkungan belajar yang tidak kondusif, dan minimnya dukungan dari orang tua. Temuan ini menunjukkan bahwa rendahnya motivasi belajar matematika merupakan hasil dari kombinasi kompleks antara faktor pribadi dan lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antara guru, sekolah, dan orang tua untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, mendukung, dan mampu membangkitkan semangat belajar siswa.
Kata kunci: motivasi belajar, matematika, faktor internal, faktor eksternal.
Abstract
Learning motivation is a crucial aspect of student success, especially in mathematics, a subject known for requiring logical and abstract thinking skills. This study aims to identify the factors that contribute to the low learning motivation in mathematics among 10th-grade students at SMA PIRI 1 Yogyakarta. The research adopts a qualitative descriptive approach, utilizing data collection techniques such as questionnaires, observations, and interviews. The study involved 15 students, consisting of 8 female and 7 male students. The findings indicate that the causes of low learning motivation stem from internal factors, such as low interest, lack of self-confidence, and negative attitudes toward mathematics, as well as external factors, including monotonous teaching methods, an unconducive learning environment, and minimal parental support. These results suggest that low motivation to learn mathematics is the result of a complex combination of personal and environmental factors. Therefore, collaboration among teachers, schools, and parents is necessary to create a more engaging, supportive learning environment that can foster students' enthusiasm for learning.
Keywords: learning motivation, mathematics, internal factors, external factors.
Full Text:
PDFReferences
Agusta, E. S. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN METODE PROBLEM SOLVING. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 49–60. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.44
Arigiyati, T. A., Kusumaningrum, B., & Kuncoro, K. S. (2021, October). MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 183-188).
Dahrani, D., & Sohiron, S. (2024). Penerapan Teori Harapan Victor Vroom dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 1974–1987. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5511
Eriana, S., Harini, E., Kusumaningrum, B., Sulistyowati, F., Kuncoro, K. S., Irfan, M., & Purwoko, R. Y. (2024, February). Effectiveness of e-worksheet on mathematical problem-solving ability based on student learning motivation. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3046, No. 1). AIP Publishing.
Fajar Ichsani, A. (2024). PENYEBAB RENDAHNYA MINAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SEKOLAH DASAR. In JESE Journal of Elementary School Education (Vol. 1, Issue 1).
Hafiyya, N., Sofian Hadi, M., Prajabatan Matematika, P., & Muhammadiyah Jakarta, U. (2023). IMPLEMENTASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCATION GAME TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA. Communnity Development Journal, 4(2), 1646–1652.
Hidayatullah, E. (2024). 55 Jurnal Studi Edukasi Integratif Rekonstruksi Konseptual Pendidikan Holistik: Pendekatan Fenomenologis terhadap Inklusivitas dan Kesadaran Sosial. 1(1). https://doi.org/10.53696/jsei
Kusumawati, A. A. (2024). SELF REGULATION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. In Jurnal Empati (Vol. 13).
Putri, P. D., & Aji Pradana, A. B. (2021). Analisis Peran Guru dan Orang tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Jam’iyyatul Ihsan Pakis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 367–373. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.224
Rohman, A. A., & Karimah, S. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI.
Sarah Safira, & Ibnu Muthi. (2024). Faktor yang Memengaruhi Minat dan Kesulitan Belajar Matematika Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 220–230. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3994
Septi, W., Ermiana, I., Putri, W. R., & Aini, L. (2025). ANALISIS PENERAPAN MODEL FRAGMENTED PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 29 CAKRANEGARA ANALYSIS OF THE APPLICATION OF THE FRAGMENTED MODEL IN MATHEMATICS SUBJECTS CLASS III SDN 29 CAKRANEGARA. Renjana Pendidikan Dasar, 5(1).
Sosial, A.-F. ;, & Budaya ; Al-Furqan, D. (2023). PENELITIAN KORELASIONAL (Metodologi Penelitian Pendidikan). Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(6). https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan
Supyan Sauri, R., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas (Vol. 5, Issue 6). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Sutriani, W., laila Sabila, R., Ade Rizki Abdul Latief, M., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (n.d.). PERAN MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI 5 NGABUL. 2(1). https://doi.org/10.46306/jpee.v2i1
Tohet, M., & Zahrona Alfaini, F. (2023). PEMBELAJARAN HYBRID: INTEGRASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DENGAN KONVENSIONAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TAJWID. 07. https://doi.org/10.24127/att.v6521a2366
Wardana, M. A. W., Indra, D. P., & Ulya, C. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Surakarta. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 95–114. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.286
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.