KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA PADA MATERI ATURAN SINUS

Nur Sahidah

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan teori Polya dalam menyelesaikan persoalan aturan sinus. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 10 siswa kelas X yang berasal dari salah satu sekolah di Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Dari keseluruhan subjek tersebut, dipilih 3 siswa berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi cenderung mengalami kesalahan lebih sedikit dan mampu menerapkan sebagian besar tahapan Polya dengan baik. Sebaliknya, siswa dengan kemampuan sedang dan rendah cenderung mengalami lebih banyak kesalahan dalam penyelesaian soal terutama pada tahap mengerjakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali jawaban. Oleh karena itu, guru dapat merancang strategi pembelajaran yang menumbuhkan kemampuan berpikir sistematis dan reflektif bagi siswa.

 

Kata kunci: Pemecahan Masalah, Teori Polya, Aturan Sinus

 

Abstract

This research aims to analyze students' mathematical problem solving ability based on Polya's theory in solving the sine rule problem. This research method uses descriptive research with a qualitative approach. The subjects of this research consisted of 10 grade X students from one of the schools in Yogyakarta. The research was conducted in the even semester of the 2024/2025 academic year. Of the total subjects, 3 students were selected based on the high, medium and low categories using purposive sampling. Data collection was done through tests, interviews and documentation. Data analysis used in this research includes data reduction, data presentation and verification. The results showed that students with high ability tended to experience fewer errors and were able to apply most of Polya's stages well. In contrast, students with medium and low ability tend to experience more errors in solving problems, especially at the stage of working on problem solving plans and re-examining answers. Therefore, teachers can design learning strategies that foster systematic and reflective thinking skills for students.

 

Keyword: Problem Solving, Polya's Theory, Sine Rule

 


Full Text:

PDF

References


Adilah, N., & Sari, N. H. M. (2025). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Menggunakan Prosedur Newman. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 61–76. https://doi.org/10.28918/circle.v5i1.9182

Ainun, Y., Sridana, N., Kurniati, N., & Sarjana, K. (2024). An Analisis Epistemological Obstacle Berdasarkan Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Segitiga Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.6650

Amallia, N. R. (2022). Penerapan Pendekatan Problem Solving Versi Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTsS Hifal Pekalongan. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 72–79. https://doi.org/10.28918/circle.v2i01.5094

Anugraheni, I. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MAHASISWA. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p1--6

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (R. Damayanti (ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Cahyani, S. T., Ayuningtyas, A. D., Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., & Purnami, A. S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Soal Cerita dan Kaitannya dengan Minat Belajar Siswa. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 423–431.

Ediyanto, A., & Harsasi, M. (2021). Matematika untuk SMK/MAK Kelas X.

Ellissi, W., & Bin Frans Resi, B. (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII. In RIEMANN Research of Mathematics and Mathematics Education (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/10.38114/s8nvrf44

Eriana, S., Harini, E., Kusumaningrum, B., Sulistyowati, F., Kuncoro, K. S., Irfan, M., & Purwoko, R. Y. (2024). Effectiveness of e-worksheet on mathematical problem-solving ability based on student learning motivation. AIP Conference Proceedings, 3046(1). https://doi.org/10.1063/5.0194630

Ernawati, E., & Lestari, P. I. (2020). Efektivitas Metode Problem Solving dengan Model Polya terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 50–62. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.582

Fajri, N., & Nida, I. (2019). ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 ACEH BARAT DAYA PADA MATERI TRIGONOMETRI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 12–22. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1179

Ginting, D. Y. B., & Asmin, A. (2024). ANALISIS KESALAHAN SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR PEMECAHAN MASALAH POLYA. Jurnal MathEducation Nusantara, 7(2), 70–75. https://doi.org/10.32696/jmn.v7i2.385

Kuncoro, K. S., & Juandi, D. (2023). The Effect of Module-Assisted Direct Instruction on Problem-Solving Ability Based on Mathematical Resilience. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 7(1), 8–15. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v7i1.2137

Leonisa, I., & Soebagyo, J. (2022). Strategi Siswa dan Langkah Polya dalam Penyelesaian Masalah Matematis Berbasis HOTS. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 77–86. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1852

Maghfiroh, Z. D., & Sukamto, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Berdasarkan Langkah Polya. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1), 72–80.

Malikah, S. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa pada barisan dan deret aritmetika berdasarkan teori Polya. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 89–98. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2579

Panjaitan, S. C. I., Dewi, I., & Simamora, E. (2023). Implementasi Ideologi Pendidikan Matematika pada Pendidikan Guru Penggerak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 325–332. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.812

Polya, G. (2014). How to solve it: A new aspect of mathematical method. In How to solve it. Princeton university press. https://doi.org/10.1515/9781400828678

Pratiwi, R., & Hidayati, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMK berdasarkan tahapan polya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 256–263. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1978

Pristiyanti, T. (2020). Modul pembelajaran SMA matematika umum Kelas X: aturan sinus, cosinus, dan luas segitiga.

Putri, A. A., Sulistyowati, F., Kuncoro, K. S., Kusumaningrum, B., & Sukiyanto, S. (2023). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1, 466–476.

Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680–9694. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2

Sinambela, M., & Rombe, A. (2021). Analisis Kesulitan Mahasiswa Semester I Pendidikan Matematika STKIP Abdi Wacana Wamena Memahami Materi Trigonometri. Jurnal Eduscience, 8(1), 62–69.

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika: systematic literature review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06

Sulistyowati, F., Agustito, D., Taufiq, I., & Wijayanto, Z. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Extrovert dalam Konteks Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 554–562.

Syahda, U., Yuhana, Y., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3). https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.9838


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.