STUDI KASUS : KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT DENGAN METODE RUMUS ABC
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika persamaan kuadrat dengan metode rumus ABC berdasarkan teori kastolan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 7 orang. Adapun jenisn penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah jawaban lembar tes formatif dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada saat menyelesaikan soal persamaan kuadrat dengan rumus ABC, adapun jenis kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan teknis dan kesalahan konseptual. Siswa paling banyak melakukan kesalahan konseptual seperti kesalahan menuliskan nilai b, kesalahan menentukan variabel x dan kesalahan menentukan konstanta dalam suatu persamaan. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika sehingga guru memiliki peran penting dalam meminimalkan kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa.
Kata kunci: Kesalahan Siswa, Persamaan Kuadrat, Kesalahan Konseptual
Abstract
This study aims to determine the types of errors made by students in solving math problems of quadratic equations using the ABC formula method based on Kastolan's theory. The subjects of this study were 7 class X students. The type of research used is descriptive qualitative. The instruments used are answers to formative test sheets and documentation. Based on the results of this study, it shows that students make mistakes when solving quadratic equation problems with the ABC formula, while the types of errors made are technical errors and conceptual errors. Most students make conceptual errors such as errors in writing the value of b, errors in determining the x variable and errors in determining the constant in an equation. This is due to the lack of understanding of students' concepts in solving mathematical problems so that teachers have an important role in minimizing errors that are often made by students.
Keyword: Student Error, Quadratic Equation, Conceptual Error
Full Text:
PDFReferences
Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah program linear berdasarkan teori kesalahan kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518.
Azizah, D., & Rahmawati, A. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Fungsi Kuadrat Menurut Teori Kastolan. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01), 1–13. https://doi.org/10.28918/circle.v3i01.6546
Fadillah, A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 15. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.752
Famela, N., Sulistyowati, F., Kusumaningrum, B., Ayuningtyas, A. D., & Kuncoro, K. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan AKM berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 636–648.
Hidayah, S. (2020). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1515
Hidayati, R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat siswa SMK Kesehatan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 93–100. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.524
Jana, P. (2018). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan vektor. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8–14.
Kartini, & Alawiyah, T. (2023). Students’ Errors in Solving Matrix Multiplication Problems Based on Kastolan Theory. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 181–190. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.766
Karunia. (2016). ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TEORI APOS PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. 4(June), 2016.
Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 576–580.
Kusumaningrum, B., Irfan, M., & Zainnur Wijayanto. (2020). Errors Analysis of Students in Solving Volume of the Solid of Revolution Problem in Term of Critical Thinking Aspects. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 119–132. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol5no2.2020pp119-132
Muliaman, A., & Mellyzar, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Project Based Learning Pada Materi Laju Reaksi. Chemistry in Education, 9(2), 91–95.
Natsir, N. (2016). Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 03(04).
Nuraini, I., & Afifurrahman, A. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan kuadrat. Journal of Math Tadris, 3(2), 15–31.
Putri, R. D., & Kartini, K. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Kastolan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 360. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.13266
Sari, A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis kemampuan koneksi matematis berdasarkan teori Kastolan pada siswa kelas IX. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 8(1), 55–62. https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4670
Septia, T., & Nazilah, I. (2023). Analysis of Student Errors in Solving SPLDV Problems based on Newman’s theory. Noumerico: Journal of Technology in Mathematics Education, 1(2), 91–97. https://doi.org/10.33367/jtme.v1i2.4117
Septian, A., Sugiarni, R., & Monariska, E. (2020). The Application of Android-based GeoGebra on Quadratic Equations Material toward Mathematical Creative Thinking ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 261–272. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6686
Sihafudin, & Tuhfatul Janan. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 160–169. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.484
Simanjuntak, H. (2013). Kontribusi Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Persamaan Kuadrat pada Siswa SMA Negeri 1 Pangkal Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(1), 94–106. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i1.110
Susilawati, Wardono, & Waluya, B. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Polinomial Berdasarkan Teori Kastolan. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 578–586.
Vhantoria, F. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa Menyelesaikan Soal Ketaksamaan Yang Melibatkan Nilai Mutlak Berdasarkan Teori Kastolan. Eksponen, 12(1). https://doi.org/10.47637/eksponen.v12i1.513
Wahyuni, S., Haryaka, U., & ... (2022). Pengaruh Task Commitment dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 47–51.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.