KAJIAN ETNOMATEMATIKA ALAT PEMBUATAN GERABAH “PERBOT MIRING” KHAS DESA MELIKAN KLATEN PADA MATERI TABUNG

Al Ainaa Almardhiyyah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan konsep matematika, khususnya dalam materi bangun ruang tabung, melalui alat tradisional pembuatan gerabah perbot miring yang digunakan oleh pengrajin di Desa Melikan, Wedi, Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami penerapan konsep etnomatematika dalam kegiatan pembuatan gerabah. Data dikumpulkan melalui studi literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat perbot miring, yang berbentuk tabung dari kayu, digunakan untuk memutar tanah liat dan membentuk gerabah, yang secara tidak langsung menggambarkan konsep-konsep matematika seperti simetri, keseimbangan, dan distribusi bentuk dalam pembuatan gerabah berbentuk tabung. Hasil kajian menunjukkan bahwa meskipun pengrajin tidak mempelajari matematika secara formal, mereka secara intuitif menerapkan prinsip-prinsip matematika dalam proses pembuatan gerabah. Konsep bangun ruang tabung terlihat jelas dalam bentuk alat perbot miring dan hasil gerabah yang dihasilkan, seperti tembikar dan kendi, yang memiliki karakteristik tabung dengan alas dan tutup berbentuk lingkaran serta permukaan melengkung. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai pentingnya etnomatematika dalam budaya lokal serta aplikasi konsep-konsep matematika dalam keterampilan tradisional.

Kata kunci: Etnomatematika, Gerabah, Perbot Miring, Tabung, Desa Melikan Bayat

 

Abstract

This study aims to explore the application of mathematical concepts—specifically those related to the geometry of cylinders—through the use of a traditional pottery tool known as perbot miring, employed by artisans in Melikan Village, Wedi, Klaten. The research adopts a qualitative method with a descriptive approach to examine and understand how ethnomathematical ideas are embedded in the process of pottery making. Data were collected through literature review, observation, interviews, and documentation. The perbot miring, a slanted wooden cylindrical tool, is used to rotate clay and shape pottery, indirectly demonstrating mathematical principles such as symmetry, balance, and the distribution of form in cylindrical pottery-making. Findings reveal that although the artisans have no formal education in mathematics, they intuitively apply mathematical reasoning throughout their craft. The concept of a cylinder is clearly represented in both the perbot miring tool and the resulting pottery products—such as jars and pitchers—which exhibit cylindrical characteristics with circular bases and curved surfaces. This study seeks to broaden the understanding of the role of ethnomathematics in local cultural practices and highlight the relevance of mathematical concepts in traditional skills.

Keywords: Ethnomathematics, Pottery, Perbot Miring, Cylinder, Melikan Village Bayat


Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Adnan, A. T. W., & Adi, P. (2024). Implementasi Media Quizizz sebagai Sarana Pembelajaran pada Materi Teks Berita untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 7 SMP di Era Society 5.0. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 957–965. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p957-965

Al Ayyubi, I. I., Hayati, A. F., Azizah, E. N., Herdiansyah, R., & Mirayanti, U. (2024). Pendidikan Humanis Paulo Freire dalam Pembelajaran Matematika MI. Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.55656/wjp.v1i1.178

Al Muzakki, N. F., & Astuti, Y. P. (2021). Optimasi Produksi Gerabah dengan Metode Round Off dan Branch and Bound Terhadap UKM Dewi Sri Teracotta. MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika, 9(2), 251–259. https://doi.org/10.26740/mathunesa.v9n2.p251-259

Amalia, N., Riswari, L. A., & Pratiwi, I. A. (2024). Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Gerabah dengan Model PjBL terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 7–15. https://doi.org/10.24176/anargya.v7i1.12386

Andi Asrafiani Arafah, Sukriadi, S., & Auliaul Fitrah Samsuddin. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946

Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

Anggi Brigita Cesaria Saragih, Elvi Mailani, Erika Juliani Purba, Fanny Tio Anderesta Siahaan, Laurencia Stephanie Gregoria Purba, Rika Silalahi, Yosep Lamtama Tampubolon, & Nur Rarastika. (2024). Konsep Matematika dalam Kearifan Lokal Arsitektur Rumah Adat Batak Toba. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(5), 34–40. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i5.264

Aprilia, H., Ponimin, P., & Sidyawati, L. (2022). Seni Keramik Gerabah Sentra Bumijaya Serang: Studi Proses Produksi dan Desain Ragam Hias Gerabah Berciri Khas Banten. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(4), 561–581. https://doi.org/10.17977/um064v2i42022p561-581

Ardiyanti, B., Choirudin, C., & Ningsih, E. F. (2024). Etnomatematika Bangunan Pionering Pramuka terhadap Minat dan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 156–161. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.509

Arif, S., & Mahmudah, U. (2023). Etnomatematika Sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Mengintegrasikan Nilai Kearifan Lokal dan Konsep Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 6(2), 173–183. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v6i2.1036

Arissuta, D. P., & Nurcahyanti, D. (2024). Estetika Keseharian Perajin Gerabah Desa Pagerjurang Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 1641–1454. https://doi.org/10.54082/jupin.611

Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 203. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2016

Asriyani, W. D., & Setyadi, D. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional daerah Kaliwungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 348–360. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2151

Astria, R. T. & Kusno. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Tradisional. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 171–182. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1334

Astuti, L., & Triyanto, E. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laba Umkm Gerabah di Kabupaten Klaten. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 2(1), 231–245. https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i1.1376

Bajuri, M. Z. J., Rahman, F., Mawaidi, M., & Prawira, M. P. (2024). Key References, State of the Art, and Novelty in Carrying Out Language Research. Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa, 2(1), 12–23. https://doi.org/10.30998/ntsr.v2i1.3102

Br. Sitepu, D. C. A., Suartini, L., & Sutrisno, L. B. (2024). Penerapan Ragam Motif Batak Karo pada Gerabah. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 14(1), 37–49. https://doi.org/10.23887/jjpsp.v14i1.78045

Citarsa, I. B. F., Supriono, S., Suksmadana, I. M. B., Wiryajati, I. K., Warindi, W., & Satiawan, I. N. W. (2022). Pemanfaatan Mesin Pemutar Gerabah Untuk Mendukung Peningkatan Produksi Gerabah Di Desa Banyumulek. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 373–380. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.468

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781

Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613

Djara, E., Peni, N., & Wondo, M. T. S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Ngadhu dan Bhaga dalam Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika pada Masyarakat Desa Ubedolumolo Kabupaten Ngada. JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(1), 92–107. https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.846

Dosinaeng, W. B. N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2020). Etnomatematika Pada Lopo Suku Boti dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 117. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3443

Edi Palguna, I. K., Asmara Putra, I. N. B., & Abdhi Yasa, K. (2023). Strategi Komunikasi dalam Tradisi Pembuatan Gerabah Banyuning. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 114–127. https://doi.org/10.37329/ganaya.v6i1.2011

Ellissi, W., & Intan, P. J. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Materi Geometri Ruang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i1.750

Fadilah, N., Mukhtar, & Fauzi, K. M. A. (2025). Studi Literatur: Pembelajaran Konstruktif dengan Menggunakan Konten Vidio Interaktif Berbasis Budaya Tradisional. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 8(2), 44–57. https://doi.org/10.37150/jp.v8i2.3138

Fajria Septiani, P. Y. (2024). Pembelajaran dengan Etnomatematika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Abstrak. Inovasi Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.31869/ip.v11i1.5649

Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301–310. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.663

Farida, S. N., & Wahyudi, K. (2022). Upaya peningkatan pengelolaan tanah liat menjadi gerabah tradisional pada masa pandemi Covid-19 di Desa Pademawu Barat Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 4(1), 29–40. https://doi.org/10.19105/pjce.v4i1.5734

Fitriani, L. D. (2022). Eksplorasi Etnomatematika dalam Tarian Bimbang Gedang pada Masyarakat di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(2), 147–158. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.4696

Fitriyah, A. T., & Syafi’i, M. (2022). Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.682

Fredy, F., Halimah, L., & Hidayah, Y. (2020). Malind-Papua Ethnomathematics: Kandara Musical Instrument as Learning Media for Geometry Concepts in Elementary School. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 43–57. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.872

Gadis Tabina. (2023). Analisis Sistem Pengelolaan Arsip Inaktif di PT Prima Mitra Elektrindo. Student Scientific Creativity Journal, 2(1), 48–62. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i1.2544

Gawen, M. N. H., Taga, G., & Meke, K. D. P. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Anyaman Daun Lontar Kebudayaan Lamaholot. JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(1), 52–61. https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.847

Gultom, P., & Tamara, P. (2022). Analisis Teknologi dalam Industri Kecil Kerajinan Gerabah. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 12(2), 127–133. https://doi.org/10.36040/industri.v12i2.4553

Hadiwijaya, H., Prasetya, D., & Syahrul, Y. (2022). Perbaikan Manajemen Usaha dan Peningkatan Kualitas Porduk Pada Pengrajin Gerabah di Kabupaten Banyuasin. Abdimas Mandalika, 2(1), 58. https://doi.org/10.31764/am.v2i1.10187

Hasan, M. A., & Budiarto, M. T. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Masyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa, 11(2), 562–573. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p562-573

Hasan, M. N., Nuroniyyah, A., & Anis Silwatud Diyana. (2022). Implementasi Etnomatematika Berbasis Alquran Sebagai Rujukan Pembelajaran Teori Bilangan. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 5(1), 143–159. https://doi.org/10.58518/alfurqon.v5i1.1787

Hasyimy, M. A., & Hidajat, R. (2021). Implikasi Tata Kelola Produksi terhadap Kualitas pada Gerabah Desa Pagelaran Kabupaten Malang Jawa Timur. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(3), 396–404. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i3.1391

Herlinasari, N., Hidayatullah, S., Suteja, S., Sutaryono, Y. A., & Catur, A. D. (2025). Pembuatan Gerabah Mangkuk dalam meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Desa Penakak Kecamatan Masbagik Timur. JURNAL KARYA PENGABDIAN, 7(1), 37–45. https://doi.org/10.29303/jkp.v7i1.211

Husnia & Nur Wiji Sholikin. (2025). Etnomatematika pada Batik Manggur Kota Probolinggo. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v5i1.2693

Irawan, A., Lestari, M., & Rahayu, W. (2022). Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 39–45. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p39-45

Iskandar, D. (2021). Etnomatika Pada Permainan Setatak Sebagai Bahan Pembelajaran Bangun Datar (Lingkaran, Persegi dan Persegi Panjang). JURNAL PEKA, 4(2), 52–56. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.847

Jainuddin, J., Dipalaya, T., & Mangampang, E. T. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Pola Geometri pada Rumah Adat Tongkonan di Toraja. Klasikal: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3), 627–640. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.328

Jalal, N. M. (2022). Persepsi Siswa Sekolah Dasar terhadap Mata Pelajaran Matematika saat Pandemi Covid-19. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 27–40. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2591

Kamal, F., & Granicia, T. (2023). A Crafts-based Contemporary Tableware Design Derived from Artisanal Pottery Practice of Penujak Village, Lombok. Jurnal Desain Indonesia, 89–100. https://doi.org/10.52265/jdi.v5i2.275

Kristiamita, A., Maharani, P. A., Astuti, E. P., & Tamur, M. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Kerajinan Anyaman Bambu sebagai Sumber Belajar Matematika pada Materi Geometri di Dusun Malangan, Sumberagung, Moyudan, Sleman. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(3), 265. https://doi.org/10.24014/juring.v6i3.25521

Lail, I. J., Wijayanti, D., & Kusmaryono, I. (2021). Eskplorasi Etnomatematika dan Filosofi Nilai-Nilai Islam Pada Masjid Agung Kauman Semarang. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 1(1), 16. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v1i1.13664

Lestari, S. A. P., Kusumaningrum, D. S., & Nurapriani, F. (2024). Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Bangun Datar Segi Empat Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 161–171. https://doi.org/10.53621/jippmas.v4i2.369

Lumbangaol, S. T. P., Marbun, J., & Sijabat, A. (2024). Kajian Etnofisika Gerabah Langkat. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 277–283. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.277-283

M. Ardiansyah, M. A., & Nugraha, M. L. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Youtube dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5828

Mailani, E., Nur Rarastika, Chaterine Angelia Butar-Butar, Jesica Elsadhay Purba, & Devita Sari Purba. (2024). Pendekatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Geometri Menggunakan Pola Lantai Rumah Adat Nusantara. Journal Educational Research and Development | E-ISSN : 3063-9158, 1(2), 179–184. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2.121

Mailani, E., Saragih, D. I., Lubis, F. P., Siregar, N. B., Sihombing, S. P. R. A., & Simanjuntak, S. (2024). Penerapan Kearifan Lokal Samosir dalam Mengeksplorasi Bentuk-Bentuk Geometri. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(5), 5684–5697. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i5.1902

Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.874

Marlissa, I., Juandi, D., & Turmudi, T. (2024). Persepsi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(1), 148–159. https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.16993

Masyitah, D., Fajriah, N., & Sari, A. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Geometri pada Masjid Keramat Banua Halat Kabupaten Tapin. Jurnal Pendidikan Matematika, 73–82. https://doi.org/10.18592/jpm.v11i2.11722

Mawaddah, S. (2025). Aktivitas Etnomatematika pada Tradisi Puru Timbu Masyarakat Suku Mbojo. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 58–67. https://doi.org/10.53299/diksi.v6i2.1534

Medianti, A. P., & Wahidah, A. N. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Bentuk Alat Musik Kesenian Hadrah di Desa Parit Lengkong Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 2(1), 51–63. https://doi.org/10.24260/add.v2i1.1560

Miftahul Jannah & Miftahul Hayati. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416

Miri Minarni, Yudi Darma, & Nurmaningsih. (2023). Pengembangan Buku Saku Digital Bermuatan Ideal Problem Solving Berbasis Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Edukatif, 9(2), 49–60. https://doi.org/10.37567/jie.v9i2.2470

Muhtadi, D., Rochmad, & Isnarto. (2021). Bahasa Matematis dalam Penentuan Waktu Siang—Malam menurut Tradisi Sunda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 263–274. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.900

Musbaiti, Miftahurrahmah, R., Nabila, Z., & Fahmy, A. F. R. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Masjid Agung Al-Muhtaram Kajen Kabupaten Pekalongan dalam Pembelajaran Matematika. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 53–65. https://doi.org/10.28918/circle.v3i1.355

Musliana, R., Hulpiana, T., Putri, D., Awinda, S., Rahmania, L. A., & Nurmawanti, I. (2024). Etnomatematika Historical Building “Taman Mayura” dan Implementasinya dalam Pengembangan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 199–214. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.1467

Musodiqoh, U. A., & Kusno, K. (2025). Eksplorasi Etnomatematika pada Kain Songket Palembang. Jurnal Wahana Pendidikan, 12(1), 167. https://doi.org/10.25157/jwp.v12i1.16793

Nada, Q., Yusuf, F. I., & Yohanes, B. (2024). Etnomatematika pada Pembuatan Roster di Kabupaten Banyuwangi. Differential: Journal on Mathematics Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.32502/differential.v2i1.125

Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1085

Nugraha, K. S., Zaenuri, Z., & Suyitno, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Model Pembelajaran SAVI Bernuansa Etnomatematika Berdasarkan Gaya Belajar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 210. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8128

Nurazizah, K. (2023). Etnomatematika: Meningkatkan Minat dan Pemahaman Matematika melalui Media Permainan Congklak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 138–147. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i2.6793

Nurmaya, R., Muzdalipah, I., & Heryani, Y. (2022). Analisis Proses Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Model Asesmen Kompetensi Minimum. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6378

Prastica, A. D., Suliantoro, T., & Irawati, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Dilatasi dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Etnomatematika. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 340–347. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p340-347

Rahmadanita, A. (2022). Kompetensi Digital Pustakawan dalam Penyelenggaraan Fungsi Layanan Perpustakaan pada Masa New Normal. Media Informasi, 31(2), 223–236. https://doi.org/10.22146/mi.v31i2.6290

Ramadan, N., & Astuti, H. P. (2023). Etnomatematika Kesenian Rampak Bedug dan Keterkaitanya pada Pembelajaran Matematika. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 98–104. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.482

Rifki, M., & Ambarwati, A. (2023). Narasi Kearifan Lokal Gerabah Pademawu sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bermuatan Seni Madura (Narrative of Local Wisdom of Pademawu Pottery as Teaching Material Indonesian Containing Madurese Art). Indonesian Language Education and Literature, 9(1), 84. https://doi.org/10.24235/ileal.v9i1.11459

Safitri, E., Anwar, Setiawan, A., Darmayanti, R., & Wardana, M. R. F. (2023). Pinokio dalam Pembelajaran Matematika Materi Geometri untuk Siswa SMP. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.179

Salsabila, S. A., & Soebagyo, J. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada masjid Cut Meutia. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 293–307. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2275

Sari, M. A. R., Farida, F., Putra, R. W. Y., & Maulidin, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Bernuansa Islami dan Lingkungan Pada Materi Bangun Datar Tingkat SMP/MTs Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(3), 103–115. https://doi.org/10.51878/teacher.v4i3.4229

Simanjuntak, R. M. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Sulim. Sepren, 4(01), 69–73. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.847

Sitanggang, N. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Alat Musik Tradisional Khas Batak Toba. JURNAL PEKA, 4(2), 57–61. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.851

Solihin, A., & Rahmawati, I. (2024). Kartu Eksplorasi Etnomatematika-QR Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p64-79

Stefvia, J., Risalah, D., Sandie, S., Bahri, S., & Lestari, E. T. (2022). Eksplorasi Etnomatematika dalam Sistem Perladangan pada Budaya Suku Dayak Nanga Mahap. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 393. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7935

Suhartik, E., Fadiana, M., & Apriono, D. (2025). Inovasi Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Etnomatematika pada Tradisi Rebo Wekasan. Journal of Nusantara Education, 4(2), 96–108. https://doi.org/10.57176/jn.v4i2.152

Sujarwo, S., Sukmawati, S., Limbong, S., Rosmayanti, V., Asdar, A., & Chatima, C. (2024). Pendampingan Inovasi Teknologi Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Eksplorasi Kearifan Lokal Pada Siswa SMK. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 1954–1964. https://doi.org/10.53769/jai.v4i4.1243

Sulistyawati, E. (2020). Keefektifan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal ditinjau dari prestasi, minat belajar, dan apresiasi terhadap matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 27–42. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1421

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Titik Purwanti, Agung N Jati, Oki Kuntaryanto, Syarifah Aini, Zuyina Luklukaningsih, Anna Febrianty, Anis Marjukah, Abdul Haris, Kun Ismawati, Endang Wulandari, & Nawang Kalbuana. (2023). Pendampingan dan Pembinaan Analis Pasar Ikm Gerabah/ Keramik di Desa Melikan Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. SURAKARTA ABDIMAS JOURNAL, 2(1). https://doi.org/10.52429/saj.v2i1.168

Tuhfatul Janan, Pratiwi Dwi Warih Sitaresmi, Nuryami, Ratna Damayanti, & Nurhidayati. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Al-Akbar Surabaya. AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 93–101. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.783

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651

Ummi Latifaturrodhita, Rini Damayanti, & Siti Romlah. (2024). Penggunaan Media Papan Diagram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Diagram Batang. Edutama : Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 52–62. https://doi.org/10.69533/ych31398

Utami, N. W., & Eka Putra, I. G. J. (2022). Text Minig Clustering Untuk Pengelompokan Topik Dokumen Penelitian Menggunakan Algoritma K-Means Dengan Cosine Similarity. Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains, 4(3), 255–259. https://doi.org/10.51401/jinteks.v4i3.1907

Utami, R. N. F., Hermanto, R., Muhtadi, D., & Sukirwan, S. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi seni ukir Jepara. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 23–38. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2551

Wahid, A., Handayanto, A., & Purwosetiyono, F. X. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 pada Siswa Kelas VIII. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 58–70. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5765

Wahyudi, W., & Putra, A. (2022). Systematics Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika pada Aktivitas Masyarakat. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 173–185. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.110

Wardani, G. V., & Budiarto, M. T. (2022). Etnomatematika: Konsep Matematika pada Budaya Tulungagung. MATHEdunesa, 11(1), 210–218. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p210-218

Widayat, R., & B. Studyanto, A. (2022). Rekonstruksi Perabot Rumah Tangga Berdasarkan Relief Karmawibhangga Candi Borobudur. Mudra Jurnal Seni Budaya, 37(1), 34–44. https://doi.org/10.31091/mudra.v37i1.1893

Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218

Wirnoto, T., & Ratnaningsih, N. (2022). Problematika Pengembangan Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Persepsi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1), 27–40. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i1.760

Wulandari, I. G. A. A., & Parameswara, A. A. G. A. (2020). Peranan Pelanggan Dalam Produksi Industri Kerajinan Perak Di Kota Denpasar. Warmadewa Economic Development Journal (WEDJ), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.22225/wedj.3.1.1589.1-9

Yatra, I. K. A. D., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2025). Tantangan dalam Penerapan Teori Behavioristik Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 25(1), 538. https://doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.4805

Yuliani, S. B. (2022). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Ludruk sebagai Sumber Belajar Geometri pada Jenjang Sekolah Dasar. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 1–14. https://doi.org/10.28918/circle.v2i01.4216

Zulfah, Z., Astuti, A., Istiqomah, N., & Annisa, S. F. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Busana Tari Pasombahan Kampar. Journal of Education Research, 5(3), 4126–4136. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1530


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.