SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN QUIZLET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Illa Vania Rahma

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Number Heads Together dan media Quizlet sebagai bantuannya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Data diperoleh dengan menganalisis beberapa publikasi ilmiah yang relevan dan terbit pada rentang waktu 2020-2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan model NHT dan media Quizlet memberikan peningkatan yang besar terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa model NHT menunjukkan dampak baik pada kolaborasi, tanggung jawab serta motivasi siswa. Hal ini sejalan dengan tujuan model NHT yang menuntut keterlibatan dan kolaborasi antar siswa, sedangkan Quizlet berperan dalam mengoptimalkan pemahaman konsep siswa melalui fitur-fitur interaktif yang disediakan. Namun, hingga saat ini kajian terkait penggabungan keduanya masih sangat terbatas, sehingga perlu dilakukan kajian lebih dalam terkait kolaborasi antara model pembelajaran Number Heads Together dan media Quizlet. Kombinasi antara keduanya diharapkan mampu menjadi bahan rujukan bagi guru, peneliti, serta pengambil kebijakan dalam mengadaptasi model pembelajaran yang menarik dan interaktif.

 

Kata kunci: Number Heads Together, Quizlet, Hasil Belajar Matematika

 

 

Abstract

This study aims to analyze the effect of the Number Heads Together learning model and Quizlet media as its aid. The approach used in this study is the Systematic Literature Review (SLR). Data was obtained by analyzing several relevant scientific publications published in the 2020-2025 period. The results of the study indicate that the application of the NHT model and Quizlet media provides a significant increase in student learning outcomes. In addition, several studies have stated that the NHT model has a good impact on student collaboration, responsibility, and motivation. This is in line with the objectives of the NHT model which requires involvement and collaboration between students, while Quizlet plays a role in optimizing students' understanding of concepts through the interactive features provided. However, until now, studies related to the combination of the two are still very limited, so a deeper study is needed regarding the collaboration between the Number Heads Together learning model and Quizlet media. The combination of the two is expected to be a reference material for teachers, researchers, and policy makers in adapting interesting and interactive learning models.

 

Keywords: Number Heads Together, Quizlet, Mathematics Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


Akmal, A. N., Maelasari, N., & Lusiana, L. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3229-3236.

Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 2415-2422.

Anggun Pratiwi, N. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBANTUAN MEDIA KERTAS LIPAT SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS UNJA).

Apriani, S., & Tahir, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1839-1847.

Azhari, V., Tanjung, A. R. F., Ginting, R. A. B., & Khoir, M. I. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Quizlet Dalam Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 8-13.

Bulawan, M., Sumarauw, S. J. A., & Salajang, S. M. (2024). Pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media Powtoon terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 519–526. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3032

Dewi, N. P. A. K., Puspadewi, K. R., & Wena, I. M. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika, 1(1).

Diyana, T., & Sari, D. E. (2023). Pengaruh Penerapan Media Quizlet Terhadap Hasil Belajar Mapel Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Andong Boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Dzikri, A., Hadi, N. S. A., Susilawati, S., & Rahmasari, S. M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa: Systematic Literature Review. AB-JME: Al-Bahjah Journal of Mathematics Education, 1(2), 96-107.

Efendi, Z. (2022). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Quizlet Terhadap Penilaian Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas VII Di SMPN 18 Makassar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 81-94.

Habibi, R., & Manurung, A. G. R. (2023). SLR Systematic Literature Review: Metode Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Human Performance Technology. Journal of Applied Computer Science and Technology, 4(2), 100-107.

KHOIRIYAH, S., Mayasari, N., & Khoirotunnisa, A. U. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 4(2), 8-16.

Mayasari, N., & Khoirotunnisa, A. U. (2024). SISTEM LITERATURE REVIEW: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 4(2), 1-7.

Meydiawati, E. A., & Indriani, A. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3, 631-38.

Mimpin, N. W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD. Journal of Education Action Research, 6(3), 376-382.

Mizaniya, M., & Rokhimawan, M. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 7(1), 67-86.

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617-2625.

Nomor, R., Wenas, J. R., & Pangemanan, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Spldv. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(4), 50-58.

Pradiani, Y. I. P., Amalia, Z., Mirnawati, M., & Muzaki, H. (2024). OPTIMALISASI MEDIA DIGITAL QUIZLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIPA UNTUK KETERAMPILAN BERBAHASA. Jurnal Hasta Wiyata, 7(1), 26-41.

Putri, R. A., & Friyatmi, F. (2024). Optimalisasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa melalui Penerapan Model Rotating Trio Exchange (RTE) dan Asesmen Hots Berbasis Quizlet. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 34463–34469. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/18978

Riyadi, I. K., Rohim, D. C., Abshor, D. A., Rahmawati, A., & Prasetiyanto, M. A. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 652-664.

Sari, C. I. P., Ronald, J., & Yasmi, F. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZLET DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X DI SMK N 2 PADANG. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(7).

Silalahi, E. R., Situmorang, M. V., & Silaban, W. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN EDUKASI QUIZLET PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, 5(3), 402-415.

Siregar, T. J. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZLET TERHADAP HASIL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.