PROSES PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA

Afifah Nur Rahmah

Abstract


Abstrak

Penalaran matematis merupakan proses berpikir yang sistematis berdasarkan logika matematis dalam memecahkan permasalhan yang mempengaruhi terciptanya keputusan logis berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penalaran matematis siswa kelas X SMA dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi ukuran pemusatan data, dengan mempertimbangkan perbedaan kemampan matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi (S1), sedang (S2), dan rendah (S3) yang dipilih berdasarkan dari hasil ulangan harian. Data dikumpulkan melalui tes penalaran matematis dan wawancara berdasarkan lima indikator penalaran matematika, yaitu: mengajukan dugaan (P1), melakukan manipulasi matematika (P2), menyusun bukti (P3), menarik kesimpulan (P4), dan memeriksa kesahihan suatu argumen (P5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator, siswa dengan kemampuan matematika sedang hanya memenuhi tiga indikator, dan siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya memenuhi dua indikator. Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan matematika siswa, maka semakin baik proses penalaran matematisnya.

Kata kunci: penalaran matematis, ukuran pemusatan data, kemampuan matematika

Abstract

Mathematical reasoning is a systematic thinking process based on mathematical logic in solving problems that influence the creation of logical decisions based on the knowledge that students already have. This study aims to analyze the mathematical reasoning process of grade X high school students in solving mathematical problems on the material of data centralization measures, by considering differences in students' mathematical abilities. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. The subjects of this study consisted of three students who had high (S1), medium (S2), and low (S3) mathematical abilities selected based on the results of daily tests. Data were collected through mathematical reasoning tests and interviews based on five indicators of mathematical reasoning, namely: submitting conjectures (P1), carrying out mathematical manipulations (P2), compiling evidence (P3), drawing conclusions (P4), and checking the validity of an argument (P5). The results showed that students with high mathematical abilities met all indicators, students with medium mathematical abilities only met three indicators, and students with low mathematical abilities only met two indicators. This study shows that the higher the student's mathematical ability, the better the mathematical reasoning process.

Keywords: mathematical reasoning, data central tendency measure, mathematical ability


Full Text:

PDF

References


Alfi Khairuni Sirai, A. (2018). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.398

Asmana, A. T., Laili, N. H., & Ardiyansah, A. A. (2018). Profil komunikasi matematika tertulis dalam pemecahan masalah matematika di SMP ditinjau dari kemampuan matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 1–12.

Chasanah, N. A., Sisworo, S., & Dwiyana, D. (2019). Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Ukuran Pemusatan Data melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 542. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12362

Diana, P., Ratnasari, R., & Nurvicalesti, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Materi Ukuran Pemusatan Data Menggunakan Pendekatan PMRI. Nabla Dewantara : J.Pendidik.Matematika, 8(2), 95–102. https://doi.org/10.51517/nabla.v8i2.258

Elok Siswanti, R. (2016). Penalaran Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Mathedunesa.

Faisal, F., Srimuliati, S., Ulya, K., & Damayanti, L. (2023). Profil Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 94–109. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i1.6162

Kotto, M. A., Babys, U., & Gella, N. J. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Model PBL (Problem Based Learning). Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 5(1), 24–27. https://doi.org/10.24246/juses.v5i1p24-27

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika [The importance of mathematical reasoning in improving mathematical literacy skills]. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Muhajirin, Risnita, & Asrulla. (2024). PENDEKATAN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA TAHAPAN PENELITIAN. Journal Genta Mulia, 15(1), 82–92.

Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Open–Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881

Salam, M., Hasnawati, H., Andini, I. A. P., Suhar, S., & Lambertus, L. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2351. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7448

Saraswati, P., Kusumaningrum, B., Ayuningtyas, A. D., Kuncoro, K. S., & Sulistyowati, F. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Literasi. In SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, Pp. 363-372).

Sukmawati, S., Amrullah, A., Hikmah, N., & Soepriyanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 106–110.

Wahyuddin. (2020). Berpikir Logis , Kemampuan Verbal , Penalaran dan Komunikasi dalam Matematika BerpikirLogis , Kemampuan Verbal , Penalaran dan Komunikasi dalam Matematika.

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.