PENGARUH MEDIA KAHOOT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui signifikansi pengaruh media kahoot terhadap prestasi belajar siswa materi statistika (2) untuk mengetahui signifikansi pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa materi statistika (3) untuk mengetahui signifikansi interaksi antara media kahoot dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa materi statistika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan inferensial. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Data ini dianalisis dengan menggunakan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh media kahoot terhadap prestasi belajar siswa P-value= 0.005 < 0,05. (2) terdapat pengaruh signifikan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa P-value= 0.002 < 0.05 (3) interaksi tidak signifikan antara media kahoot dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa P-Value = 0.087 > 0.05.
Kata kunci: 1. Media Kahoot, 2. Motivasi belajar, 3. Prestasi belajar, 4. Materi Statistika
Abstract
his study aimed to (1) determine the significance of the effect of Kahoot media on students’ learning achievement in statistics, (2) determine the significance of the effect of learning motivation on students’ learning achievement in statistics, and (3) determine the significance of the interaction between Kahoot media and learning motivation on students’ learning achievement in statistics. A quantitative method with an inferential approach was used in this research. The sample consisted of two groups selected randomly. The data collection techniques used were questionnaires and tests. The data were analyzed using a two-way ANOVA test. The results of the study showed that:(1) there was a significant effect of Kahoot media on students’ learning achievement (P-value = 0.005 < 0.05),(2) there was a significant effect of learning motivation on students’ learning achievement (P-value = 0.002 < 0.05), and (3) there was no significant interaction between Kahoot media and learning motivation on students’ learning achievement (P-value = 0.087 > 0.05).
Keywords: 1. Kahoot Media, 2. Learning Motivation, 3. Learning Achievement, 4. Statistics Material
Full Text:
PDFReferences
Indriani, A. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa kelas V terhadap prestasi belajar matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 134-139.
Permana, W. N. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran game kahoot terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 25(2).
Rahmawati, L. (2018). Motivasi Instrinsik dan Ekstrinsik dalam keberhasilan akademik siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 30-48.
Santoso, D. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(3), 98-112.
Siburian, J. S. (2023). Pemanfaatan Media pembelajaran kahoot pada mata pelajaran sejarah di SMAN 68 Jakarta. Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan, 10(2), 129-135.
Suriyah, P., Indriani, A., Novianti, E. D., Rohman, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif House Of Multiplication Bagi Siswa SDN Sidorejo Sebagai upaya Hitung cepat perkalian. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 83-89.
Yusuf, R. (2020). Gamifikasi sebagai pendekatan alternatif dalam pembelajaran interaktif. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 22-35.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.