PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KARTU GEOMETRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 NGRAHO TAHUN AKADEMIK 2024/2025

Endang Setiyowati, Sujiran Sujiran, Fruri Stevani

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan kartu geometri terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ngraho dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX H yang berjumlah 32 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 10 soal. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 65,72 (pretest) menjadi 82,16 (posttest). Hasil analisis uji paired sample t-test menunjukkan nilai thitung= 3,594540212 > ttabel= 2,039513446 pada taraf signifikan 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan Kartu Geometri terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Ngraho tahun akademil 2024/2025.

 

Kata kunci: Problem-Based Learning, kartu geometri, prestasi belajar, matematika, bangun ruang

 

Abstract

This study aims to determine the effect of Problem-Based Learning (PBL) learning model assisted by geometry cards on students' mathematics learning achievement on the material of building space. This study used a quantitative approach with a pre-experimental design of one group pretest-posttest type. The population of this study was all students of class IX SMP Negeri 1 Ngraho and the sample of this study was class IX H students totaling 32 students selected by cluster random sampling technique. The instrument used was a 10 question description test. The results of data analysis showed an increase in the average score from 65.72 (pretest) to 82.16 (posttest). The results of the paired sample t-test analysis show the value of tcount = 3.594540212 > ttable = 2.039513446 at a significant level of 0.05, which means that there is a significant effect of the Problem-Based Learning Model assisted by Geometry Cards on Mathematics Learning Achievement on the Material of Space Buildings of Class IX Students of SMP Negeri 1 Ngraho in the 2024/2025 academic year.

Keyword: Problem-Based Learning, geometry cards, learning achievement, solid geometry

 


Full Text:

PDF

References


Amhar, M., Rohandi, R., & Wahyu, M. C. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Bebantuan Media Pakapati untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 791–808. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1244

Esrawaty Butar Butar, F., Sidabutar, R., & Novatrasio Sauduran, G. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(2), 2809–476. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i2.1796

Lutfiah, W., Anisa, A., & Hambali, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2092–2098. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1090

Rahmat, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(4), 715–747. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i4.204

Rohmatin, L., Sujiran, S., & Puspananda, D. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan kotak kartu misteri (KOKAMI) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(02), 420–426. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1796

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sinaga, D. Y., & Sidabutar, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 1(3), 332–339. https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i2.1993

Stevani, F. (2016). Pengaruh Intelligence Quotient Dan Emosional Quotient Terhadap Prestasi Belajar Mata Matakuliah Pengantar Akuntansi I Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 20–30.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.