SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR) : PENGEMBANGAN E-LKPD BERBANTUAN FLIPBOOK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan E-LKPD Matematika yang menggunakan model discovery learning dan berbantuan flipbook yang interaktif dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Riview (SLR) yang digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menghasilkan beberapa temuan dari berbagai studi terkait. Kajian dilakukan terhadap sepuluh artikel yang dipublikasikan dalan jurnal nasional maupun internasional. Hasil dari kajian membuktikan E-LKPD berbantuan flipbook berbasis discovery learning dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam proses pembelajaran. E-LKPD yang terdapat dalam flipbook mampu meningkatkan hasil belajar siswa, pemahaman siswa, kemampuan literasi matematis siswa, serta menjadikan pembelajaran mandiri dan interaktif. Temuan ini tidak hanya mampu meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi E-LKPD juga mampu membuat pembelajaran menjadi interaktif dan fleksibel. Oleh karena itu, pentingnya dikembangkan E-LKPD berbantuan flipbook berbasis discovery learning dilakukan untuk mendukung transformasi pembelajaran matematika dengan adanya tuntutan digital. Pengembangan E-LKPD tidak hanya fokus pada isi/materi, tetapi juga pada penggabungan teknologi yang mendukung interaktivitas dan kemandirian belajar siswa. Dengan demikian, E-LKPD berbantuan flipbook dapat menjadi alternatif solusi pembelajaran matematika yang layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: E-LKPD, Flipbook, Discovery Learning
Abstract
This study aims to assess the feasibility of Mathematics E-LKPD using discovery learning model and interactive flipbook assistance in improving learning outcomes. This research uses the Systematic Literature Review (SLR) approach which is used to identify, analyze, and produce several findings from various related studies. The review was conducted on ten articles published in national and international journals. The results of the review prove that the E-LKPD assisted by discovery learning-based flipbook is valid, practical, and effective in the learning process. The E-LKPD contained in the flipbook is able to improve student learning outcomes, student understanding, student mathematical literacy skills, and make learning independent and interactive. This finding is not only able to improve student learning outcomes, but E-LKPD is also able to make learning interactive and flexible. Therefore, the importance of developing flipbook-assisted E-LKPD based on discovery learning is done to support the transformation of mathematics learning with digital demands. E-LKPD development does not only focus on content/material, but also on incorporating technology that supports interactivity and student learning independence. Thus, flipbook-assisted E-LKPD can be an alternative mathematics learning solution that is feasible to use in the learning process.
Keyword: E-LKPD, Flipbook, Discovery Learning
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S., & Sudibyo, H. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ( E - LKPD ) dengan Media Heyzine Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah. Journal of Education Research, 5(4), 6629–6640.
Costadena, M. P., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.45848
Daniyah, R., & Yuni, R. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Heyzine Flipbook Kelas XI IPS SMA Cerdas Murni. 6(3), 224–241.
Fitni, F., Suanto, E., & Maimunah, M. (2023). Pengembangan Lkpd Elektronik Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7022
Hormadia, I., & Putra, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 3(April), 1–7.
Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 134. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.848
Lubis, A., & Sukmawarti, S. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning pada Tema Panas dan Perpindahannya Subtema Suhu dan Kalor Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v6i2.1090
Mayasari, N., P, N. I., Novianti, D. E., Indriani, A., & Noeruddin, A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geoboard Dalam Pembelajaran Matematika Keliling Dan Luas Bangun Segi Empat Dan Segitiga Di Sd Negeri 1 Desa Temu Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2017. J-ABDIPAMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 60. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v1i1.82
Muhammad Ainul Razaq, Mara Samin Lubis, R. (2024). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP PADA MATERI SPLDV. RELEVAN : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4, 1–7.
Nufus, V. F., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(1), 27–35. https://doi.org/10.18592/ptk.v7i1.4633
PISA. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Rio Marcelino Sinaga, M. P. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA. Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, November.
Sifra Febrika Jaya Sidabutar, N. S. (2025). PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 10, 32–41.
Subariyanto, M. I., Ambarita, A., & Yulianti, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SD. Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 77. https://doi.org/10.32332/elementary.v8i1.4620
Sumargiyani, U. H. dan. (2024). Pengembangan LKPD Elektronik Pelajaran Matematika SMP Berbasis Pembelajaran Discovery Learning. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya%0APengembangan
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.