GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI ALAT BANTU BELAJAR SISWA DI ERA DIGITAL

Aditiya Bagus Pratama

Abstract


Abstrak

 

Munculnya Teknologi informasi membawa dampak yang sangat besar pada segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia saat ini, salah satunya adalah proses pendidikan. Pembelajaran merupakan interaksi antara guru dan siswa pada suatu lingkungan pembelajaran. Dalam proses interaksi yang dilakukan oleh guru dengan siswa di era digital saat ini berbeda dibandingkan dengan sebelum ada teknologi. Di mana interaksi dalam proses pembelajaran dimulai, sekarang beralih menjadi interaksi pembelajaran secara digital.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran google classroom sebagai media pembelajaran diera digital. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber ilmiah yang terdiri dari jurnal - jurnal sebelumnya serta literatur yang terkait dengan penelitian ini. Google Classroom hadir sebagai salah satu alat yang mendukung fasilitasi guru dalam menjalankan e-learning. Platform ini memberikan berbagai keuntungan bagi penggunanya. Selain itu, platform ini diakui sebagai perangkat yang simpel bagi pengguna smartphone atau laptop. Pemanfaatan Google Classroom menawarkan berbagai keuntungan, seperti membuat komunikasi antara guru dan siswa lebih lancar, mempercepat prosedur penilaian, serta menambah konten pembelajaran dengan elemen-elemen seperti video dan gambar. Sehingga dengan adanya Google classroom proses pembelajaran menjadi lebih efektif.

 

Kata kunci: Pembelajaran,Digital,Google Classroom,

 

Abstract

 

The emergence of information technology has had a huge impact on all aspects of Indonesian society's life today, one of which is the education process. Learning is an interaction between teachers and students in a learning environment. The interaction process carried out by teachers and students in the current digital era is different compared to before technology existed. Where interaction in the learning process began, now it has shifted to digital learning interaction. The aim of this research is to determine the role of Google Classroom as a learning medium in the digital era. This research uses a literature study method by collecting data from various scientific sources consisting of previous journals and literature related to this research. Google Classroom is present as a tool that supports teacher facilitation in carrying out e-learning. This platform provides various benefits for its users. Apart from that, this platform is recognized as a simple device for smartphone or laptop users. Using Google Classroom offers various benefits, such as making communication between teachers and students smoother, speeding up assessment procedures, and adding learning content with elements such as videos and images. So with Google Classroom the learning process becomes more effective.

Keyword: Learning,Digital,Google Classroom,


Full Text:

PDF

References


Amin, A. K., & Mayasari, N. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbentuk aplikasi android berbasis weblog untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Magistra, 94(27), 12-23.

Aprio, N (2025). Analisis Penggunaan Aplikasi Google Clasroom Sebagai Media Pembelajaran

Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 308-318)

Julianto, I. R., Nugroho, Y. E., & Supriyanto, T. (2023). Studi literatur: Teori reader response sebagai alternatif metode sastra. Sinau, 9(1), 86-92.

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Educational Technologia, 1(2).

Maulida, H. (2021). Penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran mata kuliah Teaching English as Foreign Language (TEFL). Prosiding Seminar Nasional SENSASEDA, 1, 80–84. STKIP PGRI Banjarmasin.

Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, J., Jayus, J., Nazhifah, N., Hanafi, K., & Putra, N. M. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 18-23.

Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). Optimalisasi penggunaan google classroom sebagai alternatif digitalisasi dalam pembelajaran jarak jauh (pjj). Bio Educatio, 5(2), 378025.

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh media pembelajaran google classroom dalam pembelajaran analisis real terhadap motivasi belajar mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.

Nurdin, G. M., Amaliah, N., & Nurhalisah, S. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edumaspul J. Pendidik, 6(1), 212-216.

Online Dalam Mempertahankan Prestasi Belajar Siswa SMPN 3 DompuProvinsi Nusa Tenggara Barat.Journal of Cammunication Sciences, 7(2),108-115.

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Studi Literatur: Kemampuan Komunikasi Metematis Mahasiswa Pada Materi Integral. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 94-99.

Salmaa. (2023). Studi Literatur: Pengertian, Ciri, Teknik Pengumpulan Datanya. Penerbit Deepublish.

Setyaningsih, Wahyu Dwi, and Syarip Hidayat. "Analisis penggunaan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan siswa." PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8.3 (2021): 727-741.

Widyantara, V. (2020). Konsep, penggunaan, perbandingan, kelebihan dan kekurangan serta implikasi google classroom sebagai media pembelajaran jarak jauh. Jurnal Pendidikan Vokasi Konstruksi Bangunan, May, 15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.