SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG BERDASARKAN NEWMAN

Malikhatun Nisa

Abstract


Abstrak

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal peluang merupakan suatu permasalahan yang masih sering ditemui dalam pembelajaran matematika tingkat SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan Prosedur Newman melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Sebanyak 100 artikel dari berbagai sumber telah dikaji, namun hanya 6 artikel yang memenuhi kriteria inklusi untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil telaah mengindikasi adanya siswa yang melakukan berbagai kesalahan pada lima tahap Prosedur Newman, yaitu membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Kesalahan paling dominan terjadi pada tahap transformasi dan penulisan jawaban akhir. Faktor penyebab kesalahan meliputi kurangnya pemahaman konsep peluang, rendahnya keterampilan membaca soal cerita, serta gaya belajar yang beragam. Temuan ini menegaskan bahwa Prosedur Newman efektif digunakan untuk mengidentifikasi titik-titik kesalahan siswa secara sistematis, sehingga dapat dijadikan acuan bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih tepat sasaran.

Kata kunci: analisis kesalahan, peluang, prosedur newman, systematic literature review.

 

Abstract

Student mistakes in solving opportunity problems are one of the problems that are still often encountered in mathematics learning at the junior high school level. This study aims to identify the types of mistakes made by students based on the Newman Procedure through the Systematic Literature Review (SLR) approach. A total of 100 articles from various sources were reviewed, but only 6 articles met the inclusion criteria for further analysis. The results of the study showed that students made various mistakes in the five stages of the Newman Procedure, namely reading, comprehension, transformation, process skills, and writing the final answer. The most dominant mistakes occur at the stage of transformation and writing the final answer. Factors that cause errors include lack of understanding of the concept of opportunity, low story reading skills, and diverse learning styles. These findings confirm that the Newman Procedure is effectively used to systematically identify students' points of error, so that it can be used as a reference for teachers in designing more targeted learning strategies.

Keywords: error analysis, probability, newman procedures, systematic literature review.


Full Text:

PDF

References


Angela, F., & Kartini, K. (2021). ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PELUANG EMPIRIK DAN TEORETIK PADA SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN SIAK. AXIOM: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 15–25.

Astuti, S. W., Setyawati, A., & Ayuwanti3, I. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77–82.

Azzahra, R. N., Suryadi, D., & Nurjanah, N. (2024). Systematic Literature Review: Kesulitan Belajar Pada Materi Matriks Tingkat SMA Sampai Perguruan Tinggi. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah, 10(2), 68–80.

Bouty, R. A. F., Pradana, O. R. Y., & Sasomo, B. (2022). Analisis Kesalahan Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Barisan Dan Deret Menurut Teori Newman. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 167–171. https://doi.org/10.24176/anargya.v5i2.7904

Hadi, S., Tjahjono, H. kurnianto, & Palupi, M. (2020). SYSTEMATIC REVIEW (D. W. P. Ranto (ed.)). VIVAVICTORY.

Indriani, A. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Prosiding Seminar Nasional Hybrid, 89–102. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/1275/pdf

Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 02(01), 17–21.

Lumbantoruan, J. H., & Natalia, S. (2021). Development Of a Constructivim-Based Statistics Module For Class VIII Junior High School Student. Solid State Technology, 64(2), 4427–4444.

Mursyidah, D., Lidinillah, D. A. M., & Muharram, M. R. W. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Konten Analisis Data dan Peluang Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3174–3191. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2773

Muslim, S. S., Prayitno, S., & Humaira, N. (2022). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang ditinjau dari gaya belajar siswa di SMPN 7 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 295–303.

Natalia, A. E., & Mampouw, H. L. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Berdasarkan Teori Newman Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 08(November), 1961–1972.

Novianti, D. E., Suriyah, P., & Zaenuri, Z. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Phytagoras Ditinjau Dari Gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 217–221. https://doi.org/10.47435/jtm.v1i2.466

Nurfadilah, A., Hakim, A. R., & Nurropidah, R. (2022). Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Luas dan Keliling Segitiga. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56916/jp.v1i1.33

Rahmahdhani, A. L., Suriyah, P., & Noeruddin, A. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Kedungadem. 210–223.

Rahmawati, A. D. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS-LIKE DOMAIN DATA DAN PELUANG. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 495–503.

Rahmi, F., Iltavia, I., & Zarista, R. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berorientasi Matematika Realistik untuk Membangun Pemahaman Relasional pada Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2869–2877. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.673

Refli, A., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 522–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507

Rifai, M., Idris, M., Rochaminah, S., & Karniman, T. S. (2024). ANALISIS KESALAHAN SISWA DI MTs ALKHAIRAT SIBALAYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PELUANG BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tadulako, 13(March), 51–56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.