PEMANFAATAN MEDIA EDPUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Liselsi Dwi Shine Putria Pantin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman konsep matematis siswa VII A MTs Walisongo pada bahasan Aritmatika Sosial yang diajar menggunakan model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Edpuzzle. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dari satu kelas VII A MTs Walisongo Sugihwaras yang telah mendapatkan pembelajaran menggunakan model CTL berbantuan media Edpuzzle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode analisis statistik deskriptif dengan menghitung nilai minimum, maksimum, rata-rata (mean), dan standar deviasi dari data pretest maupun posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siwa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran CTL berbantuan media Edpuzzle. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rerata siswa ketika pretest dan posttest. Nilai rerata siswa sebelum diterapkan model pembelajaran CTL berbantu Edpuzzle sebesar 44,42 dan kemudian meningkat menjadi 79,65 setelah diberikan perlakuan. Sehingga model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Edpuzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII A MTs Walisongo pada bahasan Aritmatika Sosial.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Edpuzzle, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

 

 

Abstract

This research aims to measure the understanding of mathematical concepts of VII A MTs Walisongo students in the topic of social arithmetic which is taught using the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model supported by Edpuzzle. The subjects in this research were all students from class VII A of MTs Walisongo Sugihwaras who had received learning using the CTL model supported by Edpuzzle media. This research uses a quantitative approach through descriptive statistical analysis methods by calculating minimum, maximum, average (mean), and standard deviation values from pretest and posttest data. The research results showed that students' ability to understand mathematical concepts increased after implementing the CTL learning model supported by Edpuzzle media. This can be seen from the increase in students' mean scores during the pretest and posttest. The average score of the students before the application of the CTL learning model supported by Edpuzzle was 44.42 and then increased to 79.65 after the treatment. Thus, the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model supported by Edpuzzle can improve the understanding of mathematical concepts for class VII A MTs Walisongo students on the topic of social arithmetic.

 

Keyword: Learning Models, Contextual Teaching and Learning, Edpuzzle, Ability to Understand Mathematical Concepts


Full Text:

PDF

References


Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.

Agustin, Tifani, Junarti, & Mayasari, Novi. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Literasi Matematika pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas XI TKR SMKN 3 Bojonegoro. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 1(2), 28–35.

Anjiani, Muliana Malika, Junarti, & Septian, Nurul. (2023). Problematika Pembelajaran Pembuktian Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Dan Riset IKIP PGRI Bojonegoro, 649–658.

Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.

Dulyapit, A., & Rahmah, N. (2023). The Use Of Contextual Teaching Learning (CTL) Model To Improve Student Learning Outcomes Of Class III Diversity Material At SD Plus Al-Fathonah Madlotilah, Bekasi District. Jurnal Setia Pancasila, 4 (1), 24–32. https://e-jurnal.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/JSP

Eliyantika, E., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Guru Kelas IV SDN Kemiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1315–1326. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.749

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Sains, 442–446. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4079/672#

Jayantika, I. G. A. N. T., & Made, N. P. A. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.7367399

Junarti, Noeruddin, Ali, Boedy Irhadtanto, & Sarmidi. (2023). Kemampuan Konsep Limit Fungsi: Suatu Prasyarat Pada Materi Analisis Riil. Seminar Nasional FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro, (1), 278–284. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/article/viewFile/2197/1378

Junarti, Novela, Yeti, Khoirotunnisa, Anis Umi, Sari, Eva Dwi Puspita, Mayasari, Novi, Mardianto, Okvan Veri, & Rohman, Nur. (2022). Jenis-jenis Koneksi Matematika pada Aljabar. In Erik Santoso (Ed.), Sustainability (Switzerland) (Vol. 11). Retrieved from http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017Eng8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Junarti, & Simanungkalit, Rick Hunter. (2024). Pola Berpikir Pemecahan Masalah Limit Fungsi di Sekolah Menengah Atas (Erik Santoso, ed.). Indonesia: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, & Dwidayati, Nur Karomah. (2020). The process of structure sense of group prerequisite material: A case in indonesian context. European Journal of Educational Research, 9(3), 1047–1061. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1047

Junarti, Zainudin, M., & Utami, Anita Dewi. (2022). The sequence of algebraic problem-solving paths: Evidence from structure sense of Indonesian student. Journal on Mathematics Education, 13(3), 437–464. https://doi.org/10.22342/jme.v13i3.pp437-464

Junarti, T., A. Y., & Amin, A. K. (2023). Building Student’s Mathematical Connection Ability In A Bstract Algebra : The Combination Of Analogy -Contruction - Abstraction Stages. Journal of Education, Teaching, and Learning, 8(1), 80–97.

Kembaren, H. L. B., Pangaribuan, L. R., Sinaga, R. F., Juliardi Sinaga, S., & Naibaho, T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Bilangan Bulat Di Kelas VII. Dharmas Education Journal, 4(3), 864–870. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic literature review: Kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Cendekia, 6(2), 1846-1856.

Khoirotunnisa, A. U., & Hartati, I. (2020). Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp N 1 Kasiman. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1).

Koirotunnisa, Anis Umi, Junarti, & Novela, Yeti. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Representasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Ngambon Pada Materi Persamaan. Journal of Technologi Mathematics and Soaial Science, 3(2), 27–38

OECD. (2022). Indonesia Student Performance (PISA 2022). OECD Publishing

Panjaitan, C. D., & Sinambela, P. N. J. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMP Swasta R.A Kartini Tebing Tinggi. Journal on Education, 05(02), 5016–5025. http://jonedu.org/index.php/joe

Polontalo, G., Resmawan, R., Zakiyah, S., & Abdullah, A. W. (2023). Dampak Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Segiempat. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 50–62. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.16766

Purnomo, R., Junarti, & Khoirotunnisa, A. U. (2023). Pengembangan Media Aplikasi BERANI (Berbasis Android Untuk Materi Fungsi) Untuk Membangun Pemahaman Konsep Fungsi Pada Siswa Kelas X MA AL-Khoiriyah Balen Kabupaten Bojonegoro. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 3(1), 2829–3363.

Sari, A. N., Khoirotunnisa, A. U., & Astuti, R. P. F. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Plotagon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap Kreatif Siswa. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 3(1), 2829–3363.

Sengkey, D. J., Sampoerno, P. D., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis: sebuah kajian literatur. Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285

Sugiyono. (2021). Statistika Untuk Penelitian. ALFABETA.

Syahdela, Afnita Agil, Junarti, & Zuhriah, Fifi. (2023). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Perbandingan. Seminar Nasional Pendidikan, (1), 94–101.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.

Zainudin, M., Fatah, Doni Abdul, & Junarti, Junarti. (2023). Literacy and Numeracy Research Trends For Elementary School Student : A Systematic Literature Review. Journal of Education, Teaching, and Learning, 8(2), 24–31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.