PROFIL KEMAMPUAN ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji hasil belajar siswa sebelum dan susudah diajarkan materi Aritmatika Sosial pada siswa VII SMP Baitul Mujttaqin Kedungadem dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Baamboozle. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Baitul Muttaqin Kedungadem yang telah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model TGT berbantuan media Baamboozle. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode analisis statistik deskriptif, yang mencakup perhitungan nilai minimum, maksimum, rata-rata (mean), serta standar deviasi terhadap data pre-test dan post-test. Temuan penelitian mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran TGT yang didukung oleh media Baamboozle. Indikasi peningkatan tersebut tercermin dari naiknya rata-rata skor siswa pada saat pre-test dibandingkan dengan post-test. Nilai rata-rata siswa sebelum diterapkan model pembelajaran TGT berbantuan Baamboozle sebesar 57,57 lalu meningkat menjadi 75 setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang dipadukan dengan media Baamboozle terbukti efektif dalam meningkatkan capaian hasil belajar siswa kelas VII SMP Baitul Muttaqin Kedungadem pada materi Aritmetika Sosial
Kata kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournamnet, Baamboozle, Hasil Belajar
Abstract
This study was intended to test students' learning outcomes before and after being taught Social Arithmetic material to students of grade VII of SMP Baitul Mujttaqin Kedungadem using the Teams Games Tournament (TGT) learning model assisted by Baamboozle media. The subjects in this study were all students of grade VII of SMP Baitul Muttaqin Kedungadem who had received learning using the TGT model assisted by Baamboozle media. This study adopted a quantitative approach by applying descriptive statistical analysis methods, which included calculating the minimum, maximum, average (mean), and standard deviation values for pre-test and post-test data. The findings of the study indicated an increase in students' learning outcomes after the implementation of the TGT learning model supported by Baamboozle media. The indication of this increase was reflected in the increase in the average score of students during the pre-test compared to the post-test. The average score of students before the implementation of the TGT learning model assisted by Baamboozle was 57.57 and then increased to 75 after being given treatment. Thus, the application of the Teams Games Tournament (TGT) learning model combined with Baamboozle media has proven effective in improving the learning outcomes of class VII students of SMP Baitul Muttaqin Kedungadem in the Social Arithmetic material.
Keyword: Learning Model, Teams Games Tournament, Baamboozle, Learning Outcomes,
Full Text:
PDFReferences
Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta : Gramedia.
Effendi, S. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.
Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New York: Macmillan.
Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Zahara, G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 710-716. https://doi.org/10.5281/zenodo.8186852
Junarti, J., Nur, R., Sujiran, S., & Afifatul, A. (2023). Profil Tahapan Proses Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Limit Fungsi. Profil Tahapan Proses Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Limit Fungsi, 1(1), 444-454.
Koirotunnisa, Anis Umi, Junarti, & Novela, Yeti. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Representasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Ngambon Pada Materi Persamaan. Journal of Technologi Mathematics and Soaial Science, 3(2), 27–38
Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education, 26 (1), 14-17.
Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.
Tanjung, E. S., Theresia, M., & Nurbaiti, N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2(2), 22–28. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i2.319
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.