PERAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA KELAS X SMK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain ex pist facto dan jenis kausal komparatif. Subjek dalam penelitian ini di fokuskan pada siswa kelas X Jurusan Desain Produksi Busana (DPB) di SMK Negeri Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Bojonegoro. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan model yang layak, di mana 31,7% variasi hasil belajar dijelaskan oleh gaya belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain, sehingga pemahaman gaya belajar dalam proses pembelajaran serta perlunya pengembangan strategi pembelajaran yang adaptif.
Kata kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Matematika.
Abstract
The purpose of this study is to measure the influence of students' learning styles on the mathematics learning outcomes of X grade SMK students. The research method used is a quantitative approach with an ex post facto design and a comparative causal type. The subjects of this study were focused on Grade X students of Fashion Production Design Department (DPB) at SMK Negeri Bojonegoro. The results showed that learning styles influenced the mathematics learning outcomes of Grade X students of SMK Negeri 1 Bojonegoro. Based on the results of regression analysis, it showed that learning styles had a significant effect on learning outcomes with a feasible model, where 31.7% of the variation in learning outcomes was explained by learning styles, while the rest was influenced by other factors, so that understanding learning styles in the learning process and the need to develop adaptive learning strategies.
Keyword: Learning Styles, Learning Outcomes, Mathematics.
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Junarti, J., & Zuhriah, F. (2022). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Gaya Belajar Auditori. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2022, 141–150. Https://Prosiding.Ikippgribojonegoro.Ac.Id/Index.Php/Prosiding/Article/View/1603
Abidin, Z. (2020). Belajar Matematika Asyik Dan Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1. Https://Osf.Io/2hkvm/
Djara, J. I., Imaniar, M., Sae, E., & Anin, S. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 226–233. Https://Doi.Org/10.55606/Jurdikbud.V3i2.1907
Lestariwati, D., Mushafanah, Q., & Kiswoyo. (2021). Analisi Gaya Belajar Siswa Berprestasi Kelas V Di Sd. 2(4), 464–475.
Ramadhani, D., Rahmi, U., Rahmat, T., & Medika, G. H. (2024). Pengaruh Minat Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Kelas X SMAN 1 Kecamatan Gunuang Omeh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 11511–11520.
Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309–1317. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.554
Sugiyono. (2021). Statistika Untuk Penelitian. ALFABETA.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. Https://Doi.Org/10.61104/Jq.V1i1.49
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi. 3(2), 96–102.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Halaman 157–160.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.