EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA BUDAYA BATIK SAMIN BLORA DAN IMPLEMENTASINYA PADA SISWA KELAS VII SMP

Rika Rika, Ali Noeruddin, Taufiq Hidayat

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengimplementasikan konsep Batik Samin ke dalam materi kesebangunan dan kekongruenan kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Dengan metode pembelajaran visual menggunakan kain Batik Samin dalam penyampaian materi kesebangunan dan kekongruenan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini memahami teorema tentang  apa yang dialami subjek penelitian misalnya persepsi, perilaku dan tindakan dengan cara mendeskripsikan dengan kata-kata dan bahasa secara terstruktur. Data yang terdapat dalam penelitian ini berupa respon, sikap dan karakteristik yang pernah dialami oleh seseorang atau sekelompok orang yang menjadi subjek atau responden. Peneliti melakukan observasi penelitian dan selanjutnya menggunakan wawancara langsung kepada responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan diuraikan secara deskriptif dan uji validasi data menggunakan teknik triangulasi data dengan meriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau pembanding terhadap data tersebut. Hasil eksplorasi pada batik Samin Kabupaten Blora menghasilkan konsep-konsep matematika yang terkandung dalam batik Samin Kabupaten Blora. Konsep matematika tersebut termasuk juga konsep pembuatan batik dan konsep motif batik. Kemudian konsep matematika tersebut diimplementasikan pada pembelajaran matematika kelas VII Sekolah Menengah Pertama pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Setelah dilakukan implementasi, siswa mampu mengetahui unsur kebudayaan lokal yang ada disekitar dengan adanya penelitian ini. Siswa dapat dengan mudah melakukan penalaran materi dengan mengimplementasikan materi matematika yang dipelajari dengan konsep budaya lokal.

 

Kata kunci: Batik, Eksplorasi, Etnografi, Implementasi, Kesebangunan dan Kekongruenan

 

 

Abstract

This study aims to implement Batik Samin concept into the material of similarity and congruence of grade VII Junior High School. With the visual learning method using Batik Samin cloth in delivering the material of similarity and congruence. The type of research used in this study is qualitative research with an ethnographic approach. This study understands the theorem about what is experienced by the research subject, for example perception, behavior and action by describing it in words and language in a structured manner. The data contained  in this study are in the form of responses, attitudes and characteristics that have been experienced by a person or group of people who are subjects or respondents. The researcher conducted research observations and then used direct interviews with respondents. This study uses qualitative descriptive data analysis techniques. The collected data were analyzed qualitatively and described descriptively and data validation tests used data triangulation techniques by checking the validity of the data that utilizes something outside the data for the purpose of checking or comparing the data. The results of the exploration of Samin batik in Blora Regency produced mathematical concepts contained in Samin batik in Blora Regency. These mathematical concepts also include the concept of making batik and the concept of batik motifs. Then the mathematical concept is implemented in mathematics learning for grade VII of Junior High School on the material of similarity and congruence. After the implementation, students are able to know the elements of local culture that exist around them with this research. Students can easily reason about the material by implementing the mathematics material learned with the concept of local culture.

 

Keyword: Batik, Exploration, Ethnography, Implementation, Similarity and Congruence


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., & Rahmawati, A. (2021). E$ksplo$rasi E$tno$mate$matika Pada Batik Kayu Kre$be$t Bantul. UNIO$N: Jurnal Ilmiah Pe$ndidikan Mate$matika, 9(2), 163–172. https://do$i.o$rg/10.30738/unio$n.v9i2.9531

Ahmad Arisman Nasutio$n, & Suparni. (2024). E$ksplo$rasi E$tno$mate$matika Pada Kipang Panyabungan Se$bagai Makanan Khas Mandailing Natal. Jurnal Pe$nde$kar Nusantara, 1(2), 42–51. https://do$i.o$rg/10.37776/pe$nd.v1i2.1285

Amalia, A., Syamsuri, S., & Ihsanudin, I. (2021). E$ksplo$rasi E$tno$mate$matika Batik Krakato$a Cile$go$n se$bagai Sumbe$r Be$lajar Mate$matika SMP. Wilangan: Jurnal Ino$vasi Dan Rise$t Pe$ndidikan Mate$matika, 2(1), 36. https://do$i.o$rg/10.56704/jirpm.v2i1.11640

Amidi. (2024). Lite$rasi Nume$rasi dalam Pe$mbe$lajaran Mate$matika Be$rbasis Digital. PRISMA, Pro$siding Se$minar Nasio$nal Mate$matika, 7, 998–1004.

Anggraini, Y., Putra, R. W. Y., & Fadilah, A. (2016). Ke$se$bangunan dan Ke$ko$ngrue$nan. UIN Rade$n Intan Lampung, 1–23. https://scho$lar.go$o$gle$.co$m/scho$lar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=ke$se$bangunan+dan+ke$ko$ngrue$nan&o$q=ke$se$bangunan#d=gs_cit&t=1711897974256&u=%2Fscho$lar%3Fq%3Dinfo$%3AXCrUCr--Z7sJ%3Ascho$lar.go$o$gle$.co$m%2F%26o$utput%3Dcite$%26scirp%3D3%26hl%3Did

Astanti, A.V. & Fitro$h, E$.M. (2020). “E$ksplo$rasi E$tno$mate$matika Pada Pe$rmainan Tradisio$nal di Dae$rah Kabupate$n Batang. SANTIKA: Se$minar Nasio$nal Tadris Mate$matika, 202-222.

Azizah, A. N., & Putranto$, S. (2023). Validitas Aplikasi Andro$id de$ngan Pe$nde$katan Ko$nte$kstual untuk Me$mfasilitasi Pe$mahaman Ko$nse$p Siswa pada Mate$ri Ke$se$bangunan dan Ke$ko$ngrue$nan. Juring (Jo$urnal fo$r Re$se$arch in Mathe$matics Le$arning), 6(2), 111. https://do$i.o$rg/10.24014/juring.v6i2.16240

Dwi, Lucyta Fitriani. (2021/2022). E$ksplo$rasi E$tno$mate$matika Tarian dalam Bimbang Ge$dang pada Masyarakat di Ko$ta Be$ngkulu. (Skripsi Sarjana, UIN Fatmawati Sukarno$).

E$drick, N. (2022). Pe$ngaruh Ke$kuatan Pe$san Instagram @Ganjar_Prano$wo$ Me$lalui Pe$rilaku Pe$milih Te$rhadap Tingkat Po$pularitas Ganjar di Kalangan Ge$ne$rasi Z. Unive$rsitas Multime$dia Nusantara, 8.5.2017, 2003–2005.

Fauziyah, S., Amalia, N., & Ame$lia, P. (2023). Analisis Fakto$r Pe$nye$bab Ke$ce$masan Be$lajar Mate$matika Siswa Ke$las X SMK Tunas Pe$mbangunan. Jurnal Mate$matika Dan Ilmu Pe$nge$tahuan Alam, 1(4), 2987–5315. https://do$i.o$rg/10.59581/ko$nstanta.v1i4.1696

Hasan, N. A., Nurfaizah, & Nursiah, S. (2022). Pe$ngaruh Pe$nde$katan E$tno$mate$matika Te$rhadap Hasil Pe$mbe$lajaran Ge$o$me$tri Pada Siswa Se$ko$lah Dasar di Pattalassang Kabupate$n Go$wa. Pinisi Jo$urnal o$f E$ducatio$n, 2(6), 81–87.

Hidayat Ismail, H., Muhammad Amin Fauzi, K., & Sito$mpul, P. (2023). Pe$rke$mbangan Pe$ne$litian E$tno$mate$matika Di Indo$ne$sia. Jurnal Pe$nce$rahan, 17(2), 1693–7775.

Jo$urnal, D., E$ducatio$n, O$., Susanto$, G. B., & Anggre$sta, V. (2024). Pe$ngaruh lingkungan be$lajar dan tingkat pe$mahaman siswa te$rhadap hasil be$lajar. 10(2), 994–1002.

Ke$ncanawaty, G., Fe$briyanti, C., & Irawan, A. (2020). Ko$ntribusi E$tno$mate$matika dalam Pe$mbe$lajaran Mate$matika Tingkat Se$ko$lah Dasar. Jo$urnal o$f Me$dive$s : Jo$urnal o$f Mathe$matics E$ducatio$n IKIP Ve$te$ran Se$marang, 4(2), 255. https://do$i.o$rg/10.31331/me$dive$sve$te$ran.v4i2.1107

Khairiyah, E$va Afifah. (2020). Pe$nge$mbangan Bahan Ajar Be$rbasis E$tno$mate$matika Pada Mate$ri Se$gie$mpat Dan Se$gitiga Ke$las VII SMP/MTs. (Skripsi Sarjana, UIN Syarif Hidayatullah). Diakse$s dari https://re$po$sito$ry.uinjkt.ac.id/dspace$/handle$/123456789/61561

Mo$yudan, K. I. X. (2024). IMPLE$ME$NTASI E$TNO$MATE$MATIKA BATIK SLE$MAN SE$MBADA MATE$RI KE$SE$BANGUNAN DAN KE$KO$NGRUE$NAN. 5(Se$pte$mbe$r), 222–231.

Nugro$ho$, Hadi. (2020, Fe$bruary 28). Pe$nge$rtian Mo$tif Batik Dan Filo$so$finya. Ke$me$nte$rian Pe$rindustrian RI. Diakse$s dari https://bbkb.ke$me$npe$rin.go$.id/inde$x.php/po$st/re$ad/pe$nge$rtian_mo$tif_batik_dan_filo$so$finya_0

Nur, Siti Azizah., & R. R. A. (2023). Vie$w o$f Imple$me$ntasi Kurikulum Me$rde$ka_ Pe$rse$psi Guru Te$ntang Dinamika Ke$lo$mpo$k Be$lajar Ke$las Tinggi pada Se$ko$lah Dasar.pdf. Karimah Tauhid, Vo$l. 2 No$., 3048–3064. https://o$js.unida.ac.id/karimahtauhid/article$/vie$w/11104

Pratama, R. Y., Supiyati, S., Hirzi, R. H., & Nazri, M. (2024). Me$ningkatkan Ke$aktifan Be$lajar Mate$matika Me$lalui Te$ams Game$s To$urname$nt Be$rbantuan LKPD Be$rbasis Budaya Sasak. Griya Jo$urnal o$f Mathe$matics E$ducatio$n and Applicatio$n, 4(2), 143–156. https://do$i.o$rg/10.29303/griya.v4i2.445

Rahmaini, N., & O$gylva Chandra, S. (2024). Pe$ntingnya Be$rpikir Kritis dalam Pe$mbe$lajaran Mate$matika. Griya Jo$urnal o$f Mathe$matics E$ducatio$n and Applicatio$n, 4(1), 1–8. https://do$i.o$rg/10.29303/griya.v4i1.420

Re$zhi, K., Yunifar, L., & Najib, M. (2023). Me$mahami Langkah-Langkah dalam Pe$ne$litian E$tno$grafi dan E$tno$me$to$do$lo$gi. Jurnal Arte$fak, 10(2), 271. https://do$i.o$rg/10.25157/ja.v10i2.10714

Riyanti, D.E$. (2022) E$ksplo$rasi Kain Basure$k Pro$vinsi Be$ngkulu (Kajian E$tno$mate$matika) (Skripsi Sarjana, UIN Fatmawati Sukarno$). Diakse$s dari http://re$po$sito$ry.iainbe$ngkulu.ac.id/9794/1/208.%20DE$WI%20E$VA%20RIYANTI.pdf

Ro$fiah, C., & Burhan Bungin. (2024). Analisis Data Kualitatif: Manual Data Analisis Pro$se$dur. De$ve$lo$p, 8(1), 1–13. https://do$i.o$rg/10.25139/de$v.v8i1.7319

Sahilda, Yuntira, & Izzati, Nur. (2020). E$ksplo$rasi E$tno$mate$matika Mo$tif Batik Go$nggo$ng Tanjungpinang Ke$pulauan Riau. Al Khawarizmi: Jurnal Pe$ndidikan dan Pe$mbe$lajaran Mate$matika, 4(1), 79-92

Sari, T. A. M. dkk. (2021). E$ksplo$rasi E$tno$mate$matika pada Se$ni Batik Madura dalam Pe$mbe$lajaran Ge$o$me$tri. Jo$urnal o$f Instructio$nal Mathe$matics, 2(1), 71-77. Diakse$s dari https://jurnal.stkipkusumane$gara.ac.id/inde$x.php/jim/article$/do$wnlo$ad/1032/680/4176

Sugiyo$no$, 2014. (2014). Pe$ngaruh Fakto$r-Fakto$r Mo$tivasi Te$rhadap Minat Be$rwirausaha Mahasiswa Pro$gram Studi Manaje$me$n Fakultas E$ko$no$mi Dan Bisnis Unika So$e$gijapranata Se$marang. Skala Like$rt 5, 2(3), 15–22. http://e$prints.ums.ac.id/id/e$print/84613

Sundary, S. R., Maya, R., & Zanthy, L. S. (2022). Analisis Ke$sulitan Be$lajar Siswa dalam Mata Pe$lajaran Mate$matika pada Mate$ri Siste$m Pe$rsamaan Line$ar Dua Variabe$l de$ngan Me$to$de$ E$liminasi di SMP Ne$ge$ri 4 Pangale$ngan. Jurnal Pe$mbe$lajaran Mate$matika Ino$vatif, 3(1), 352–360. https://do$i.o$rg/10.22460/jpmi.v5i4.1071-1078

Syahdan, M. dkk. (2021). E$tno$mate$matika Pada Budaya Lo$kal Batik Kawung. Jurnal Ino$vasi Pe$ndidikan Mate$matika (JIPM), 3(2), 83-91. Diakse$s dari http://jurnal.umpwr.ac.id/inde$x/php/jipm

Tampubo$lo$n, M. (2023). Me$to$de$ Pe$ne$litian Me$to$de$ Pe$ne$litian. Me$to$de$ Pe$ne$litian Kualitatif, 3(17), 43. http://re$po$sito$ry.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.