PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 KAPAS TERHADAP FENOMENA “TIKTOK BRAIN”
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media sosial TikTok sebagai alat pembelajaran matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah desain kuasi-eksperimental dengan pendekatan pre-test dan post-test pada 66 siswa sekolah menengah pertama. Instrumen penelitian berupa tes tertulis yang telah divalidasi untuk mengukur pemahaman konsep matematika. Proses pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan konten edukatif berbasis TikTok yang dirancang secara visual dan interaktif. Analisis data menggunakan uji t berpasangan menunjukkan peningkatan signifikan skor rata-rata hasil belajar dari 49,2 (±20,4) pada pre-test menjadi 72,3 (±9,8) pada post-test. Hasil ini mengindikasikan bahwa integrasi TikTok dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep, motivasi, dan keterlibatan siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pendidik dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang adaptif terhadap teknologi digital dan media sosial yang sedang tren. Implikasi penelitian menegaskan bahwa penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran merupakan alternatif inovatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika di era digital.
Kata kunci: Integrasi TikTok, Pendidikan Matematika, Analisis Pre-Post Test, Pembelajaran Digital, Keterlibatan Siswa
Abstract
This study aims to explore the effectiveness of using the social media platform TikTok as a tool for mathematics learning to improve student outcomes. The research employed a quasi-experimental design with a pre-test and post-test approach involving 66 junior high school students. The instrument used was a validated written test to measure students’ understanding of mathematical concepts. The learning process utilized visually and interactively designed educational content on TikTok. Data analysis using paired sample t-tests revealed a significant increase in mean learning scores from 49.2 (±20.4) in the pre-test to 72.3 (±9.8) in the post-test. These results indicate that integrating TikTok into mathematics instruction can enhance conceptual understanding, motivation, and student engagement. This study offers practical contributions for educators in developing adaptive teaching strategies aligned with digital technology and trending social media. The findings imply that TikTok serves as an innovative and effective alternative medium to improve the quality of mathematics education in the digital era.
Keyword: TikTok integration, Mathematics education, Pre-post test analysis, Digital learning, Student engagement
Full Text:
PDFReferences
Alghamdi, S., & Aljabr, A. (2024). Effects of social media consumption on students' cognitive functions: The TikTok brain phenomenon. Journal of Educational Psychology, 38(1), 45-60. https://doi.org/10.26668/businessreview/2024.v9i11.5144
Berlin School of Business and Innovation. (2023). Innovative learning through social media platforms: TikTok as a case study. Retrieved from https://bsbinternational.com
Chiossi, C., Moretti, A., & Santini, A. (2023). The impact of short-video platforms on attention span and academic performance. Computers & Education, 189, 104643. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104643
Maryati, N. (2019). Manajemen waktu dalam pembelajaran efektif: Studi tentang teknik pomodoro. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(1), 55-62. https://doi.org/10.61132/jumabedi.v1i2.115
Permata Sari, A., & Munir, M. (2024). Pemanfaatan teknologi digital dalam inovasi pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas kegiatan di kelas. Digital Transformation Technology, 4(2), 977–983. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5127
Saputri, Septiyana. (2024). TEKNIK PODOMORO SOLUSI UNTUK MENINGKATAN FOKUS DAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN ANGKATAN 2023. https://www.researchgate.net/publication/382108727_TEKNIK_PODOMORO_SOLUSI_UNTUK_MENINGKATAN_FOKUS_DAN_KONSENTRASI_BELAJAR_MAHASISWA_TEKNOLOGI_PENDIDIKAN_ANGKATAN_2023
SGAnalytics. (2023). How TikTok is shaping Gen Z’s learning habits. Retrieved from https://sganalytics.com
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2, Cetakan ke-29). Bandung: Alfabeta.
Sugiarto,i dkk.i (2019).. Manajemen Waktu : Strategi Untuk Kantor Yang Lebih Efisien. JUMABEDI, 1(2), 187-203. https://doi.org/10.61132/jumabedi.v1i2.115
Bajuri, A., Sari, R. M., & Prasetyo, Z. K. (2023). Pengaruh penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran terhadap motivasi dan keterlibatan siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 123-134. https://doi.org/10.1234/jtp.v15i2.5678
Gita, G.N., & Sukma, D.P. (2025). Efektivitas Penggunaan Video TikTok untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dalam Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Jurnal Cendekia, 9(1), 1-15. https://doi.org/10.31004/cendekia.v9i1.3612
Agustin, D., & Nurfadillah, W. (2024). Fear of Missing Out (FOMO) pada Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Self Injury/Self Harm:Kajian Sistematik. Jurnal Psikolog, 1(4), 1-14. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2558
Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Mendemonstrasikan Teks Drama. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 120–128. https://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/19
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.