ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED BERBANTUAN QUIZIZZ DITINJAU DARI TAHAPAN KASTOLAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan berbagai jenis kesalahan serta faktor penyebabnya saat siswa mengerjakan soal tipen open eded menggunakan bantuan Quizizz, dengan analisis berdasarkan tahapan kastolan. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 5 Bojonegoro dengan subjek kelas VII pada materi aritmatika sosial. Metode yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa soal uraian open ended yang disajikan melalui platform Quizizz. Teknis analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan menganalisis data secara sistematis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis kesalahan menggunakan teori kastolan yang meliputi tiga kategori kesalahan: konseptual, prosedural, dan teknis. Hasil penelitian menunjukkan masih banyak siswa yang melakukan ketiga jenis kesalahan tersebut, terutama pada aspek konseptual dan prosedural. Penyebab kesalahan berasal dari faktor internal seperti lemahnya pemahaman konsep dan rendahnya motivasi belajar, serta faktor eksternal seperti kurangnya pendampingan dan belum optimalnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi dan membantu guru dalam mendiagnosis serta mengurangi kesalahan siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: Analisis Kesalahan, Quizizz, Soal Open Ended, Aritmatika Sosial
Abstract
This research aims to identify and describe various types of errors and their causal factors when students solve This study aims to identify and describe the various types of errors and their causal factors when students work on open-ended type problems using Quizizz assistance, with analysis based on the Kastolan stages. The research was conducted at MTs Negeri 5 Bojonegoro with class VII subjects on social arithmetic material. The method applied is descriptive qualitative with data collection through test methods, interviews, and documentation. The research instrument is an open ended description question presented through the Quizizz platform. The analysis technique uses qualitative descriptive analysis with the stages of analyzing data systematically through the process of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Error analysis uses Kastolan's theory which includes three error categories: conceptual, procedural, and technical. The results showed that there were still many students who made all three types of errors, especially in the conceptual and procedural aspects. The causes of errors come from internal factors such as weak understanding of concepts and low motivation to learn, as well as external factors such as lack of assistance and not optimal utilization of technology in learning. This research contributes to the development of technology-based learning strategies and assists teachers in diagnosing and reducing student errors in mathematics learning.
Keyword: Error Analysis, Open-Ended Questions, Quizizz, Social Arithmetic.
Full Text:
PDFReferences
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
Andika, R., & Mayasari, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Fungsi Dengan Pendekatan Onde (Open Ended) Untuk Membangun Kemandirian Belajar Siswa Pada Siswa Ma Al-Khoiriyah Balen. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 2(2), 2829–3363.
Azizah, I. N., & Silfianah, I. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Berbantu Aplikasi Quizizz Pada Materi Ikatan Kimia Dan Gaya Antarmolekul. UNESA Journal of Chemical Education, 13(2), 159–170. https://doi.org/10.26740/ujced.v13n2.p159-170
Gardner, E. S. (1960). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif Salah. 5, 63–65.
Hakim, I. D., Ramlah, & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 70–87.
I’anatul Azizah, S., Wahyuni, S., & Budiarso, A. S. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Sains Menggunakan Quzziz Untuk Mengukur Hots Pada Pembelajaran Ipa Siswa SMP. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 121–132. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria
Indriani, A. (n.d.). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ari. 89–102.
Indriani, A. (2021). Analisis Kesalahan dengan Teori Newman Pada Soal Vektor. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan, 2(2), 71–79.
Istifadah, Z., Nuryadi, & Saadah, F. N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial (Analysis of Student’s Mistake in Solving Story Problems Social Arithmetic) Ayu. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm
Kurnia, L., Abdiassahirah, T., & Maemunah, S. (2024). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial Menggunakan Tahap Kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(2), 357–364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.19800
Permatasari, L., & Marlina, R. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 505–511. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1998
Salsabila, N., & Maya, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi datar pada Siswa SMP Kelas VIII. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1593–1600. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1593-1600
Sonia, A., Suanto, E., Kartini, K., & Maimunah, M. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Akm Numerasi Pada Domain Geometri. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(1), 34. https://doi.org/10.30821/axiom.v12i1.15549
Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding pada Materi Aritmatika Sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.470
Widiarti, A., & -, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial Berbentuk Cerita. Jurnal Math-UMB.EDU, 9(1), 10–17. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v9i1.2311
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.