SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR): PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERMUATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Neha Khan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pengembangan media pembelajaran bermuatan etnomatematika dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan metode PRISMA. Kajian dilakukan terhadap sepuluh artikel yang dipublikasikan dalam jurnal nasional terakreditasi. Hasil telaah menunjukkan bahwa berbagai bentuk media seperti komik, flipbook, E-LKPD, booklet, hingga kartu pembelajaran berbasis budaya lokal, memiliki kriteria valid, praktis, serta efektif ketika diintegrasikan kedalam proses pembelajaran matematika. Integrasi nilai-nilai etnomatematika ke dalam media pembelajaran terbukti mampu menjembatani konsep matematika yang abstrak dengan kehidupan nyata siswa, serta mendorong peningkatan motivasi, pemahaman konsep, dan hasil belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran bermuatan etnomatematika tidak hanya memperkuat pemahaman konsep matematis, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian budaya lokal dan peningkatan literasi numerasi. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran yang berbasis etnomatematika direkomendasikan sebagai strategi inovatif dan inklusif dalam pendidikan matematika, serta dapat menjadi referensi bagi guru dan pengembang kurikulum dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna, adaptif, dan berkelanjutan.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Etnomatematika, Hasil Belajar

 

 

Abstract

This study aimed to examine the effectiveness of developing ethnomathematics-based learning media in improving students' mathematics learning outcomes through a Systematic Literature Review (SLR) approach using the PRISMA method. The review was conducted on ten articles published in nationally accredited journals. The findings revealed that various forms of media, such as comics, flipbooks, E-LKPD, booklets, and learning cards based on local culture, met the criteria of being valid, practical, and effective when integrated into the mathematics learning process. The integration of ethnomathematics values into learning media was found to bridge the abstract mathematical concepts with students' real-life experiences, as well as enhance motivation, conceptual understanding, and learning outcomes. These findings suggested that the use of ethnomathematics-based learning media not only strengthened the understanding of mathematical concepts but also contributed to the preservation of local culture and the improvement of numeracy literacy. Therefore, the development of ethnomathematics-based learning media is recommended as an innovative and inclusive strategy in mathematics education and can serve as a reference for teachers and curriculum developers in creating meaningful, adaptive, and sustainable learning experiences.

 

Keyword: Learning Media, Ethnomathematics, Learning Outcomes

 

 


Full Text:

PDF

References


Afriyadi, H., Hayati, N., Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Agustin, T., Junarti, & Mayasari, N. (2022). PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN STATISTIK SISWA KELAS XI TKR SMKN 3 BOJONEGORO. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 28–35.

Amam, & Rusdiana, S. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR). Jurnal Peternakan, 19(1), 9. https://doi.org/10.24014/jupet.v19i1.14244

Ardana, I. M., Kertih, I. W., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. P. (2025). BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN. 15(1), 62–70.

Ardiningtyas, M., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Penerapan Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus di Sekolah SMA Negeri 3 Medan. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i2.294

Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350

Hafid, A., & Mayasari, N. (2023). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Dengan Menggunakan Media Lkpd Dan Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) e-ISSN, 3(1), 2829–3363.

Kumawati, S., Rahmawati, F., & ’Adna, S. F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android “Si-Inka” Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Datar. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 110–124.

Lestari, S. E., & Fadiana, M. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETHNOMATEMATIKA BATIK TULIS GEDOG UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI GEOMETRI. Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ), 2(1), 829–841.

Mahmuzah, R., Hidayat, A. T., Qausar, H., Sinaga, N. A., Arinal, T. M., & Darmawan, M. P. (2023). Analisis Validitas Mathematics Comic Application Sebagai Media Pembelajaran Bermuatan Etnomatematika Berbasis Android. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 989–996. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i2.2917

Maulidya, T. H., Mulyono, A., Safitri, A. B., Dzahabiyyah, M., Rahmawati, R., & Nurrahmah, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(3), 200–208. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i3.5360

N.K.V. Dwianjani, I.W.P. Astawa, & I.N. Sukajaya. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Brsd Berorientasi Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 69–80. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i2.1447

Novianti, D. E., Waluya, S. B., & Dewi, N. R. (2022). Local Wisdom as an Ethnomathematics Learning Approach ( A study on Regency Local Wisdom ). 142–148.

Prawismo, S. A., Sajida, A. H., Habibah, P. J. M., Zainuddin, M., & Mas’ula, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle dalam Pembelajaran Materi Pecahan bagi Siswa Kelas Rendah SD Negeri Jatinom 03. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 102. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6846

Purba, T. N. P., Pangaribuan, F., & Hutauruk, A. J. (2020). Pengembangan LKS Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Gonrang Sipitu Pitu Simalungun pada Materi Geometri Bangun Ruang Tabung. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Rahmata, A., & Ekawati, R. (2021). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Bermuatan Etnomatematika Materi Aritmetika Sosial. MATHEdunesa, 10(1), 32–44. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n1.p32-44

Sari, D. P., Darma, Y., & Oktaviana, D. (2023). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning ( Pbl ) Bermuatan Etnomatematika. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2974–2982.

Setiyadi, D., Sarwi, Sudarmin, & Cahyono, A. N. (2024). CHALLENGES AND OPPORTUNITIES OF ETHNOMATHEMATICS TEACHING MATERIALS IN CHILD-FRIENDLY SCHOOLS: A BIBLIOMETRIC ANALYSIS. Jurnal Magistra, 15(2), 99–110. https://doi.org/10.31942/mgs

Simamora, S. C., Gaffar, V., & Meta, A. (2024). Systematic Literatur Review Dengan Metode Prisma: Dampak Teknologi Blockchain Terhadap Periklanan Digital. Jurnal Ilmiah M-Progress, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.35968/m-pu.v14i1.1182

Susiliastini, N. K. T., & Sujana, I. W. (2022). Flipbook: Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Etnomatematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 105–118. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.54596

Umardiyah, F., Zuhriawan, M. Q., & Satiti, W. S. (2023). Efektivitas Problem-based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Kartu Etnomatematika Batik Jombangan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Tadris Matematika, 6(2), 263–274. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.2.263-274

Widiastuti, N. L. G. K., & Priantini, D. A. M. M. O. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 147–160. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45530

Yanti, Y., Firdaus, M., & Nurmaningsih, N. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Booklet Bermuatan Etnomatematika Tradisi Robo-Robo pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Kakap. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 20–27. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.192

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.