PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Ana Rawati Ika Rianti, Junarti Junarti, Anis Umi Khoirotunnisa

Abstract


Abstrak

Kemampuan berpikir kritis sangat penting dalam menyelesaikan soal matematika, terutama soal-soal yang membutuhkan kajian mendalam, seperti soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika.   Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif deskriptif dan difokuskan pada 32 siswa dari kelas VIII D.  Instrumen penelitian berupa soal narasi statistik yang dimaksudkan untuk mewakili tiga indikator berpikir kritis: menyimpulkan pertanyaan, mengembangkan strategi pemecahan masalah, dan menilai keputusan yang tepat.  Rubrik digunakan untuk menganalisis hasil tes tertulis yang diperoleh.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori “cukup” terdiri dari sebagian besar siswa (43,75%), dengan kategori “kurang” (21,88%) dan “sangat kurang” (15,63%) mengikuti urutan tersebut. Temuan ini mengidentifikasi bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong sedang hingga rendah, dengan faktor penyebab seperti terbatasnya latihan soal kontekstual dan metode pembelajaran yang kurang mengasah keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menyarankan perlunya pembelajaran yang lebih menekankan pada pengembangan berpikir kritis siswa.

 

Kata kunci: Berpikir Kritis, Soal Cerita, Matematika, Siswa Sekolah Menengah

 

 

Abstract

The capacity to think critically is crucial for solving math problems, particularly those that call for in-depth study, like narrative problems. This research aimed to characterize junior high school students' critical thinking abilities in resolving math narrative problems. The research used a descriptive quantitative technique and focused on 32 students from class VIII D. 32 students from class VIII D were the focus of the descriptive quantitative approach.  The research instrument was statistical narrative problems that were intended to represent three critical thinking indicators: concluding questions, developing problem-solving strategies, and assessing the appropriate decision.  The rubric was employed to analyze the written test results that were obtained. The findings indicated that the "sufficient" category comprised the majority of pupils (43.75%), with the "less" (21.88%) and "very less" (15.63%) categories following in that order. This finding identifies that students' critical thinking skills are still classified as moderate to low, with causal factors such as limited contextual practice questions and learning methods that do not hone critical thinking skills. This study suggests the need for learning that emphasizes more on developing students' critical thinking.

Keyword: Critical Thinking, Story Problems, Mathematics, Middle school students


Full Text:

PDF

References


Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematika siswa: Studi pada siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 65-74.

Anggraini, N. P., Siagian, T. A., & Agustinsa, R. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis AKM. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 4(1), 58-78.

Ardiansyah, Y., Mayasari, N., & Khoirotunnisa, A. U. (2024, July). Efektivitas Model Project Based Learning (PJBL) Dengan Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas Viii Smp. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA (Vol. 2, No. 1, pp. 608-615).

Azizah, D. N., Putri, H. E., & Rahayu, P. (2023). Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 4, No. 1, pp. 413-423).

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X dalam memecahkan masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909-922.

Dhayanti, D., Johar, R., & Zubainur, C. M. (2018). Improving Students' Critical and Creative Thinking through Realistic Mathematics Education Using Geometer's Sketchpad. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(1), 25-35.

Jannah, M., & Budiman, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 237-246.

Junarti, J., Zainudin, M., Novianti, D. E., Indriani, A., Mayasari, N., & Noeruddin, A. (2022). Model-model Pembelajaran Matematika di Era Pandemi. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 5(4), 431-437.

Junarti, Zainudin, M., & Utami, Anita Dewi. (2022). The sequence of algebraic problem-solving

paths: Evidence from structure sense of Indonesian student. Journal on Mathematics

Education, 13(3), 437–464. https://doi.org/10.22342/jme.v13i3.pp437-464he seq.

Khoirotunnisa, A. U. (2021). Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Matakuliah Statistik. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 52-57.

Maharani, E. P. D., Yuniati, S., Rahmi, D., & Kurniati, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendikia, 8(1).

Mira Azizah, Joko Sulianto, N. C. (2022). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah

Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. JOURNAL SCIENTIFIC OF

MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 3(5), 362–366.

https://doi.org/10.36312/10.36312/vol3iss5pp362-366.

Oktaviani, A. D., Shoffa, S., & Kristanti, F. (2023). Kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan contextual teaching and learning. Journal of Education and Teaching (JET), 4(2), 276-282.

Rahmadani, F., & Manullang, S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 46-56.

Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 1-8.

Sulistiyowati, S., & Suriyah, P. (2024, July). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Bilangan Cacah Kelas V MIS Al Muslim. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA (Vol. 2, No. 1, pp. 185-197).

Wahyuningrum, A. N., Junarti, J., & Amin, A. K. (2024, July). Berpikir Kritis Siswa Pada Pemecahan Masalah Barisan Dan Deret. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA (Vol. 2, No. 1, pp. 224-227).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.